Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Buperta Cibubur atau yang memiliki nama lengkap Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur adalah kawasan perkemahan yang terdapat di Kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Kawasan ini memiliki luas 210 hektar, berada di ketinggian 75 - 91 meter dpl dan sudah berkali-kali menjadi lokasi pelaksanaan Jambore Nasional sejak tahun 1973.[1][2]

Buperta Cibubur dibangun di kawasan yang sebelumnya merupakan bagian dari hutan karet yang sangat luas di utara Jonggol yang dimiliki PT Perkebunan Karet.[3] Pihak pengelola juga bekerja sama dengan TNI AD dan TNI AU dalam pengelolaan Buperta Cibubur. Buperta Cibubur dapat diakses dari Terminal Kampung Rambutan dengan angkutan umum jurusan Jatisampurna atau Cileungsi, Jonggol.

Kawasan Buperta Cibubur secara topografi berada di ketinggian 75 - 91 meter dpl merupakan titik tertinggi di Provinsi DKI Jakarta yang hanya memiliki rata-rata ketinggian 8 meter dpl.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bumi Perkemahan Cibubur, Apa Kabarnya Sekarang?". detikTravel. Diakses tanggal 2022-09-10. 
  2. ^ Sejati, Indra Kusuma (2014-09-16). "Menilik Kisah Perjalanan Liburan Di Buperta Cibubur Jakarta Timur". Direktori Wisata Indonesia. Diakses tanggal 2022-09-10. 
  3. ^ "Ayo berkemah di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Buperta Cibubur". jakarta.panduanwisata.id. Diakses tanggal 2022-09-10. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]