Lima Puluh, Pekanbaru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Lima Puluh
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Riau
Kota Pekanbaru
Pemerintahan
 • Camat Baharuddin
Luas - km²
Jumlah penduduk 48.000 jiwa
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan -

Lima Puluh adalah sebuah kecamatan di Kota Pekanbaru, Riau, Indonesia. - Kepadatan Penduduk

Kecamatan Lima Puluh terdiri dari empat kelurahan yaitu Rintis, Sekip, Tanjung Rhu dan Pesisir serta memiliki luas wilayah 4,04 km persegi. Jumlah penduduk pada tahun 2008 sebanyak 44.564 jiwa yang terdiri dari 21.988 laki-laki dan 22.576 perempuan. Berarti rata-rata kepadatan penduduk di Kecamatan Lima Puluh sebesar 11.031 jiwa per km persegi. Kelurahan Pesisir merupakan kelurahan terpadat karena dihuni oleh 13.878 jiwa per km persegi.

- Pendidikan

Jumlah penduduk Kecamatan Lima Puluh usia sekolah dasar (7-12 tahun) pada tahun 2008 sebesar 4.746 jiwa dan mayoritas berada di Kelurahan Tanjung Rhu. Dari jumlah anak usia sekolah dasar tersebut semuanya bersekolah.

Jumlah penduduk usia di atas 5 tahun di Kecamatan Lima Puluh pada tahun 2008 sebanyak 39.043. Dari jumlah tersebut sebanyak 31,9 persen saat ini sudah tamat SMA, 2,2 persen tamat D III dan 6,7 persen sudah menamatkan perguruan tinggi.

- Ketenagakerjaan

Di Kecamatan Lima Puluh terdapat 30.876 penduduk berusia kerja (usia 15 tahun ke atas) pada tahun 2008. Dari jumlah tersebut sebanyak 48,1 persen bekerja, 6 persen sedang mencari pekerjaan dan sisanya sebanyak 45,9 persen masih bersekolah dan mengurus rumah tangga.

Untuk mendapatkan data lebih lanjut silahkan datang ke BPS Kota Pekanbaru.


Kawasan ini dikenal sebagai salah satu pusat bisnis Kota Pekanbaru. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya terdapat hotel-hotel sebagai salah satu penunjang pergerakan bisnis. Kawasan ini berada di antara Kecamatan Pekanbaru Kota dan Kecamatan Sail. Di daerah ini terdapat pelabuhan penumpang Sungai Duku dengan tingkat pelayanan yang cukup tinggi baik domestik dan internasional, khususnya transit Pekanbaru - Malaka, Malaysia.

Jika Anda ingin menikmati suasana malam bersama keluarga sambil mencicipi hidangan ala Puja Sera, anda cukup berkunjung ke Jalan Kuantan Raya. Di sana tersebar tempat nongkrong dengan sajian menu bervariasi, mulai dari makanan khas Riau dan Sumatera Barat, sampai kepada masakan oriental yang tentu saja sangat membangkitkan selera. Tempat makan ini buka sampai pukul 12.00 wIB dan kalau hari libur bisa sampai jam 02.00 WIB.

Masih di kawasan Jalan Kuantan Raya, untuk memperoleh informasi tentang perjalanan wisata dan ticketing, anda dapat berkunjung ke Aurora Dinamika Tour and Travel dengan kontak person Ikhwan atau Murni. Segala informasi yang Anda butuhkan tentang kawasan ini secara detail akan diberikan oleh mereka.