Tenayan Raya, Pekanbaru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tenayan Raya
Negara Indonesia
ProvinsiRiau
KotaPekanbaru
Pemerintahan
 • CamatIndah Vidya Astuti, S. STP
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri14.71.10 Edit the value on Wikidata
Luas- km²
Desa/kelurahan8 kelurahan

Tenayan Raya adalah sebuah kecamatan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Indonesia.

Kecamatan ini merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Bukitraya. Kecamtan ini membentang sepanjang Jalan Lintas Timur sampai ke Desa Teluk Lembu Ujung (Teleju).

Daerah Tenayan Raya menurut rencana akan dijadikan daerah kawasan industri. Saat ini di sekitar Desa Teleju sedang dilakukan eksplorasi Gas Alam yang akan digunakan untuk bahan bakar pembangkit listrik. Jika berhasil, ini akan membantu banyak terhadap kekurangan suplai listrik dari PLTA Koto Panjang yang sering kekurangan debit air sehingga tidak sanggup untuk memutar turbin listrik.

Jika suplai listrik dari hasil eksplorasi Gas Alam ini berhasil, diharapkan kota Pekanbaru tidak mengalami pemadaman listrik bergilir seperti yang terjadi dewasa ini.

Tenayan Raya merupakan daerah industri batu bata yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Selain batu bata Tenayan Raya juga terkenal dengan hasil perkebunan ubi kayu yang diberi pupuk sampah rumah tangga.

Sejak 2017, banyak kelurahan di Tenayan Raya yang mengalami pemekaran. Pada 30 Desember 2020 wilayah ini kembali dimekarkan dengan membentuk satu kecamatan baru yakni Kecamatan Kulim dengan mengambil 5 kelurahan. Sehingga saat ini Tenayan Raya hanya memiliki 8 kelurahan yakni:

  1. Kelurahan Sialang Sakti # Kelurahan Bencah Lesung, # Kelurahan Melebung, # Kelurahan Industri Tenayan, # Kelurahan Rejosari, # Kelurahan Bambu Kuningdan # Kelurahan Tangkerang Timur.