Rumbai, Pekanbaru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rumbai
Negara Indonesia
ProvinsiRiau
KotaPekanbaru
Pemerintahan
 • CamatVemi Herliza, S.STP
Luas- km²108,705
Jumlah penduduk-
Kepadatan- jiwa/km²
Desa/kelurahan9 kelurahan

Rumbai adalah sebuah Kecamatan di Kota Pekanbaru, Riau, Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Wilayah Kecamatan Rumbai merupakan suatu wilayah Administrasi Kota Pekanbaru yang terletak di bagian Utara Kota dengan mengambil nama Rumbai sebagai nama Kecamatannya. Wilayah ini dimekarkan dari wilayah Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Dengan disempurnakannya pembagian Daerah Administratif dalam Daerah Kotamadya Daerah Tingkat II Pekanbaru tahun 1966 dengan adanya Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Riau tanggal 20 September 1966 Nomor Kpts.151/IX/1966, dimana Kotamadya Pekanbaru dibagi dalam 6 wilayah kecamatan, yaitu : Pekanbaru Kota, Lima Puluh, Sukajadi, Senapelan, Sail, dan Rumbai.

Dengan adanya Kecamatan Rumbai ini, maka daerah Rumbai yang tadinya di luar Wilayah Kotamadya, dimasukkan menjadi Wilayah Kotamadya. Kecamatan Rumbai yang mempunyai luas wilayah 251,65 Km2 (31.223 hektare) yang terdiri dari 7 Kelurahan, yaitu : Meranti Pandak, Umban Sari, Limbungan, Lembah Sari, Lembah Damai, Rumbai Bukit dan Muara Fajar.

Dalam perkembangan selanjutnya, berdasarkan Perda Nomor 3 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kecamatan Marpoyan Damai, Kecamatan Tenayan Raya, Kecamatan Rumbai Pesisir dan Kecamatan Payung Sekaki serta Surat Keputusan Walikota Pekanbaru Nomor : 577 tentang Pemekaran Kelurahan Sekota Pekanbaru, Kecamatan Rumbai mengalami pengurangan jumlah Kelurahan. Luas Wilayah setelah pengurangan adalah sebesar 128,85 Km2.

Pembagian wilayah[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Rumbai terdiri dari 9 Kelurahan yaitu :

Pranala luar[sunting | sunting sumber]