Li Jue

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Li Jue
李傕
Li Jue and Guo Si sack the capital at Chang'an.jpg
Setelah kematian Dong Zhuo, Guo Si dan Li Jue menjarah ibukota Han di Chang'an. Ini adalah ilustrasi Dinasti Qing yang menggambarkan penyerangan itu.
Marsekal Agung (大司馬)
Masa jabatan
195 (195) – 198 (198)
Penguasa monarkiKaisar Xian dari Han
Jenderal Kereta dan Kavaleri (車騎將軍)
Masa jabatan
192 (192) – 195 (195)
Penguasa monarkiKaisar Xian dari Han
Pembantu Direktur Kolonel (司隸校尉)
Masa jabatan
192 (192) – 195 (195)
Penguasa monarkiKaisar Xian dari Han
Informasi pribadi
LahirTidak diketahui
County Fuping, Shaanxi
Meninggal dunia198[1]
Anak
  • Li Shi
  • seorang putri
PekerjaanJenderal, Wali Penguasa
Nama kehormatanZhiran (稚然)
Gelar bangsawanMarkis Chiyang (池陽侯)

Li Jue (Loudspeaker.svgpengucapan ) (†198), nama kehormatan Zhiran, merupakan seorang jenderal militer yang melayani di bawah panglima perang otokratis Dong Zhuo pada masa Dinasti Han Timur akhir, Tiongkok. Dia kemudian menggantikan Dong Zhuo sebagai pemimpin fraksi Provinsi Liang setelah Dong Zhuo dibunuh dalam kudeta, dan mampu mengambil alih ibukota kekaisaran Han Chang'an, menjadikan Kaisar Xian sebagai sandera. Meskipun mahir dalam urusan militer, ia tidak kompeten dalam politik, bertengkar dengan rekan-rekannya dan membuat keputusan buruk untuk membiarkan Kaisar Xian melarikan diri, sangat mengurangi kekuatannya dan mempercepat kejatuhannya.

Bekerja di bawah Dong Zhuo[sunting | sunting sumber]

Berasal dari Beidi Jun dari Provinsi Liang, Li Jue memasuki Provinsi Liang milik Dong Zhuo sebagai salah satu rekrutan paling awal. Dalam membantu Dong Zhuo dalam banyak kampanyenya, termasuk penindasan Pemberontakan Serban Kuning, Pemberontakan Provinsi Liang, dan perang dengan koalisi melawan Dong Zhuo, Li Jue telah mendapatkan reputasi militer.

Setelah Dong Zhuo memindahkan ibukota dari Luoyang ke Chang'an, Li Jue, bersama Guo Si dan Zhang Ji, dikirim ke garis depan melawan panglima perang timur. Pada saat aliansi telah mengalami konflik internal, dan tidak akan bersatu dalam melawan Dong Zhuo; sebagai akibatnya, seorang perwira kekaisaran senior, Zhu Jun, hanya bisa meminta sahabat lamanya, Tao Qian, untuk membantunya dalam usaha sia-sia untuk melawan pasukan penjarahan di bawah Li Jue.[2] Tao Qian, meskipun memiliki aliansi umum dengan Dong Zhuo, memang mengirim 3.000 pasukan Danyang ke Zhu Jun untuk melawan Guo Si dan Li Jue di County Zhongmu, di mana pasukan Zhu Jun benar-benar hancur. Li Jue dan rekan-rekannya kemudian melakukan penggerebekan di sekitar komandan Chenliu dan Yingchuan, di mana para pembela, Cao Cao dan Xiahou Yuan (Administrator Chenliu) juga tidak dapat menghentikan mereka. Banyak penduduk di sana dibajak dan diperbudak oleh pasukan Li Jue.[3]

Pertempuran Chang'an[sunting | sunting sumber]

Sebelum Li Jue dapat kembali ke ibu kota, Dong Zhuo dibunuh oleh Lü Bu dalam sebuah plot yang diatur oleh Wang Yun, dan faksi Provinsi Liang di dalam Chang'an menyerah kepada Lü Bu dan Wang Yun. Li Jue dan rekan-rekannya Fan Chou, Guo Si dan Zhang Ji memohon kepada Wang Yun untuk menunjukkan belas kasihan, tetapi yang terakhir hanya memberikan amnesti kepada bawahan Dong Zhuo lainnya karena Li Jue dan rekan-rekannya adalah pembantu terdekat Dong Zhuo. Oleh karena itu, keempat berencana untuk melepaskan posisi mereka dan bersembunyi. Namun, penasihat utama Li Jue, Jia Xu menyarankan bahwa mereka harus mengambil kesempatan ini untuk meluncurkan pemogokan di Chang'an karena rezim tidak stabil setelah kudeta. Keempatnya kemudian membangkitkan beberapa ribu pengikut hardcore untuk menyerang Chang'an. Wang Yun telah mengirim Xu Rong dan Hu Zhen (mantan anggota faksi Liang Provinsi) untuk melawan pasukan Provinsi Liang dalam perjalanan, tetapi Xu Rong terbunuh dalam pertemuan pertama sementara Hu Zhen memimpin pasukannya untuk bergabung dengan pemberontak, menggembungkan ukurannya dari pasukan pemberontak. Sepanjang jalan, penduduk Provinsi Liang bergabung dengan jalur pemberontak, dan kekuatan ekspedisi meningkat menjadi lebih dari 100.000 ketika mereka mengepung ibu kota. Lü Bu berusaha untuk memecahkan pengepungan, tetapi dipaksa kembali ke dalam gerbang kota meskipun dia melukai Guo Si dalam duel. Li Jue kemudian mengumumkan mereka akan pergi jika Wang Yun pergi bersama mereka. Wang Yun, berpikir bahwa empat pemberontak hanya menginginkan hidupnya dan tidak memiliki ambisi untuk mengambil kota, bunuh diri. Namun, setelah kematiannya, para pemberontak melanjutkan pengepungan dan melanggar kota.

Mengendalikan kaisar[sunting | sunting sumber]

Pasukan Li Jue merebut kekuasaan kekaisaran dengan menyandera Kaisar Xian. Keempat meminta jajaran tinggi dan bahkan berpikir tentang membunuh kaisar untuk naik takhta, tapi Jia Xu mencegah mereka melakukan hal itu. Dengan Li Jue sebagai pemimpin tentara Provinsi Liang, keempat orang mengambil gada untuk pengadilan, mendemosikan dan mempromosikan siapa pun yang mereka anggap pantas. Orang-orang yang bersekutu dengan mereka, seperti Liu Biao, Yuan Shu dan Li Ru, semuanya dipromosikan oleh mereka. Li Ru juga memaksa kaisar untuk mengangkatnya sebagai Jenderal kereta perang dan Kavaleri dan Pembantu Kolonel-Direktur, memberinya kapak militer seremonial, dan mencampakkannya sebagai Markis Chiyang. Ketika kekuatan Li Jue mencapai puncaknya, bahkan Cao Cao mengirim utusan untuk membayar upeti sebagai tanda niat baik.

Pada Maret 194, seorang panglima perang nominal dan panglima perang setempat, Ma Teng,[4] meminta beberapa ketentuan pribadi dari istana kekaisaran Han tetapi ditolak. Dia kemudian memulai pemberontakan di County Mei. Seorang utusan kekaisaran dari Kaisar Xian dikirim untuk menengahi perdamaian, tetapi tidak berhasil. Kemudian, teman dekat Ma Teng dan sahabat, Han Sui, dikirim untuk menghalangi Ma Teng dengan kekuatan bersenjata. Setelah Han Sui tiba di Kabupaten Mei, bagaimanapun, ia bergabung dengan Ma Teng, dan diam-diam menghubungi mata-mata Liu Yan yang ditanam di pengadilan.[5] Para kru Liu Yan ditemukan sebelum mereka dapat bergerak, tetapi mereka berhasil melarikan diri dari kota dan memasuki kamp Ma Teng. Li Jue mengirim keponakannya Li Li, Guo Si dan Fan Chou untuk melawan pasukan sekutu. Mereka menghadapi kekalahan besar terhadap pasukan sekutu sekitar 13 mil ke barat ke Chang'an, menimbulkan korban lebih dari 10.000. Mengetahui kekuatan sekutunya rendah dengan biji-bijian, Li Li meminta Fan Chou untuk mengejar dan menyeka musuh, tetapi Fan Chou menolak karena persahabatannya dengan Han Sui. Li Li melaporkan kejadian ini kepada Li Jue saat tentara kembali. Li Jue melemparkan petugasnya jamuan selamat datang, dan Fan Chou dieksekusi secara terbuka saat pesta pora.

Berselisih dengan Guo Si[sunting | sunting sumber]

Setelah pembunuhan Fan Chou, jenderal Provinsi Liang menjadi sangat curiga terhadap Li Jue, tetapi rezim di bawah Li Jue tetap tidak tertandingi untuk beberapa waktu, di mana Kaisar Xian dengan cemas menunggu seseorang yang mampu menyingkirkan wali penguasanya. Yang Biao, seorang menteri yang setia pada dinasti Han, datang dengan rencana untuk mengusir Li Jue dan Guo Si, dengan membuat istri Guo Si yang cemburu, Lady Qiong percaya bahwa suaminya berselingkuh dengan istri Li Jue, dan bahwa Li Jue akan membunuh Guo Si. Dia membuat Guo Si percaya ini sendiri dengan meracuni makanan yang Li Jue berikan kepada mereka dan memberinya makan untuk anjing. Ketika anjing itu mati, Guo Si percaya bahwa Li Jue berusaha meracuninya. Ini mendorong Guo Si dan Li Jue untuk bertempur satu sama lain. Pertempuran di dalam kota kekaisaran Chang'an terjadi setiap hari, dan akhirnya Li Jue menculik kaisar sementara Guo Si menculik pejabat istana.

Situasi memburuk dengan berlalunya hari, dan telah jatuh ke dalam perang sipil penuh. Ada beberapa puluh pertempuran yang terjadi setiap hari di gang atau pasar pada puncaknya, pada satu kesempatan tenda kaisar sendiri terperangkap dalam baku tembak.[6] Pertempuran yang sering terjadi telah membuat Chang'an tidak bisa dipertahankan untuk penduduknya. Tetapi pada saat yang sama, kekacauan memberikan Kaisar Xian dengan alasan untuk meminta Li Jue dan Guo Si untuk membiarkan dia kembali ke Luoyang, di bawah ketentuan bahwa Li Jue dapat memiliki Chang'an sementara Guo Si dan jendral lainnya dapat mengikuti kaisar. ke Luoyang yang bobrok. Jia Xu membawa dua dekrit kekaisaran, dan meminta gencatan senjata antara Li Jue dan Guo Si, dan duo itu menghentikan tembakan Jia Xu.

Kemerosotan[sunting | sunting sumber]

Setelah Jia Xu dan Zhang Ji memohon Li Jue dan Guo Si untuk berhenti berkelahi, Guo Si mulai bergerak ke arah timur dengan kaisar. Namun, dalam perjalanan ke Luoyang, ada perselisihan internal, memberikan jenderal Yang Feng dengan kesempatan untuk menyelamatkan kaisar. Dibantu oleh Dong Cheng dan Xu Huang, Yang Feng mengalahkan Guo Si dan menangkap Kaisar Xian. Guo Si kembali ke Li Jue dan meyakinkan yang terakhir untuk melakukan upaya terakhir untuk merebut kembali kaisar. Ketika mereka mengejar kereta kekaisaran, Li Jue dan Guo Si dikalahkan oleh Yang Feng, yang mendapat dukungan dari Pemberontakan Serban Kuning. Namun, Yang Feng dan rombongan kekaisaran kehabisan makanan, sampai-sampai beberapa pejabat istana harus menggali akar pohon dari bumi sebagai makanan. Dengan demikian, Kaisar Xian mengirim utusan ke berbagai panglima perang, masih pengikut nominal, meminta bantuan; Namun hanya beberapa dari mereka yang membalas dengan bantuan nyata. Zhang Yang, salah satu panglima perang yang menerima dekrit itu, dengan cepat mengirim stafnya untuk mendukung kaisar dengan persediaan, dan pasukan Li Jue dan Guo Si dikalahkan dalam pertempuran yang menentukan.

Guo Si mundur ke County Mei setelahnya, dan kemudian dibunuh oleh salah satu komandannya, yang membawa sisa pasukannya ke Li Jue di Chang'an. Pada bulan April 198, panglima perang yang sekarang mengendalikan kaisar, Cao Cao, mengirim utusan untuk menghasut panglima perang barat untuk menyerang Chang'an, markas Li Jue. Salah satu bawahan Li Jue, Duan Wei (段煨), memberontak dan membunuh Li Jue bersama dengan keluarganya pada musim panas 198. Duan Wei mengirim kepala Li Jue ke kota Xu (sebagai tanda penyerahannya kepada Cao Cao).[7]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ de Crespigny (2007), hlm. 289.
  2. ^ Fan Ye. Book of the Later Han. Biography of Zhu Jun.
  3. ^ Sanguozhi vol. 6.
  4. ^ (是岁,韩遂、马腾等降,率众诣长安。以遂为镇西将军,遣还凉州,腾征西将军,屯郿) According to the Sanguozhi, Ma Teng and Han Sui were both subordinates of Li Jue at the time.
  5. ^ (侍中马宇与谏议大夫种邵、左中郎将刘范等谋,欲使腾袭长安,己为内应) Several high-ranked officials including the eldest and second sons of Liu Yan worked as secret agents inside Chang'an.
  6. ^ (丙申,汜將兵夜攻傕門,矢及帝簾帷中。) Sima Guang. Zizhi Tongjian, Volume 61.
  7. ^ de Crespigny, Rafe (2007), p. 418.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]