Zuo Ci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Zuo Ci
左慈
Zuo Ci2.jpg
Ilustrasi Zuo Ci di dalam catatan sejarah Sancai Tuhui
LahirTidak diketahui
Lu'an, Anhui
MeninggalTidak diketahui
Nama lainYuanfang (元放)

Zuo Ci, juga dijuluki Yuanfang, adalah seorang tokoh legendaris di Tiongkok pada masa akhir Dinasti Han dan Zaman Tiga Negara (169-280 M). Ia berasal dari daerah Lujiang (盧江郡; di sekitar wilayah Lu'an, Anhui), tetapi tanggal dan tempat kelahirannya tidak diketahui. Konon ia sudah ada sebelum Dinasti Han runtuh, dan terdapat pula klaim bahwa ia berusia 300 tahun. Ia belajar sihir dan rahasia hidup panjang dari seorang petapa Taois yang bernama Feng Heng (封衡), dan kemudian ia menurunkan ilmunya kepada Ge Xuan.

Zuo Ci mendalami ilmunya di puncak Gunung Tianzhu. Ia menguasai alkimia kedokteran, Konfusianisme, dan astrologi. Sebelum tahun 200, seorang pemimpin perang yang bernama Sun Ce (yang merupakan pengikut Konfusianisme yang taat) ingin membunuh Zuo Ci dan mengejarnya dengan menunggangi kuda. Zuo Ci yang tidak mengendarai kuda masih dapat melarikan diri walaupun ia terlihat berjalan lambat.

Belakangan Zuo Ci mendatangi Cao Cao dan menunjukkan kemampuan sihirnya, seperti menangkan ikan yang asing dari panci kosong atau melakukan teleportasi untuk membeli jahe. Zuo Ci pernah memberi makan majelis di istana, tetapi Cao Cao kemudian mendapati bahwa Zuo Ci telah mengosongkan setiap toko wine di kawasan sekitar dengan sihirnya. Cao Cao mencoba menghukum mati Zuo Ci, tetapi Zuo melarikan diri dengan berjalan melewati dinding. Saat muncul laporan bahwa Zuo Ci ada di pasar, semua orang di pasar menjadi terlihat seperti Zuo Ci. Terdapat laporan lain bahwa ia ada di puncak gunung, tetapi Cao Cao dan pasukannya tidak dapat menemukan Zuo Ci karena ia tersembunyi di antara kawanan-kawanan domba. Cao Cao tahu bahwa ia tidak akan dapat menemukan Zuo Ci, sehingga ia berteriak bahwa ia hanya ingin menguji kemampuan Zuo Ci dan tidak ingin membunuhnya. Pada saat itu, seekor kambing berdiri dan berbicara. Pasukan Cao Cao mendatangi kambing itu, tetapi ternyata kawanan domba lainnya juga berubah menjadi kambing yang mulai berdiri dan berbicara seperti manusia. Semenjak itu Zuo Ci tidak pernah ditemukan lagi.

Referensi[sunting | sunting sumber]