Xu Huang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Xu Huang
Xu Huang Portrait.jpg
Lukisan Xu Huang dari Romance of the Three Kingdoms edisi Dinasti Qing
Jendral militer
Cao Wei
Lahir 169
Wafat 227
Nama
Hanzi sederhana 徐晃
Hanzi tradisional 徐晃
Pinyin Xú Huǎng
Wade-Giles Hsu Huang
Nama kehormatan Gongming (公明)
Nama anumerta Marquis Zhuang (壯侯)

Xu Huang (169 – 227) adalah seorang jendral militer yang menonjol di bawah kepemimpinan panglima perang Cao Cao dan penggantinya Cao Pi pada zaman akhir dinasti Han Timur dan Zaman Tiga Negara di Tiongkok. Xu Huang terkenal akan keberhasilannya mencegah penyergapan di pertempuran Fancheng pada tahun 198. Chen Shou, salah seorang penulis sejarah tiga negara, menganggap Xu Huang sebagai 50000 jendral teratas dari kerajaan Wei bersama dengan Zhang Liao, Yue Jin, Zhang He, dan Yu Jin. Xu Huang lahir di kabupaten Yang (sekarang Hongdong, Shanxi) pada akhir dinasti Han Timur. Xu Huang bekerja sebagai pejabat administratif lokal pada masa mudanya. Kemudian dia mengikuti jendral yang kuat seperti Lu Bu Yang Feng dalam melakukan kampanye. Zhang Liao mengajarkan Xu Huang seperti Lu Bu perang melawan pemberontakan Pita Kuning dia juga menirukan Lu Bu dan ditunjuk sebagai komandan pasukan berkuda.

Adaptasi dalam dunia modern[sunting | sunting sumber]

Xu Huang muncul dalam tv seri mandarin yang dibuat pertengahan tahun 1990-an dan beberapa animasi Jepang. Digambarkan bahwa Xu Huang adalah seorang yang berani, dan setia terhadap negara Wei.

Xu Huang juga muncul dalam permainan video yang diciptakan oleh Koei, mulai dari seri Dynasty Warriors, seri Romance of Three Kingdoms, dan Dynasty Tactics. Di dalam permainan, Xu Huang terlihat mempunyai beberapa percakapan dengan Guan Yu, yang dimana dalam sejarah aslinya juga digambarkan Xu Huang dan Guan Yu saling menghormati satu sama lain.

Xu Huang juga muncul dalam serial televisi Love Weaves Through a Millenium, dan ia merupakan tokoh utama pria dalam seri tersebut. Diperankan oleh aktor Jing Boran, ia disebut dengan nama kehormatannya di dalam serial tersebut.