Xiahou Ba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Xiahou Ba (夏侯霸, ??? – 256~259) adalah Jendral militer yang bekerja pada kerajaan Wei, dan kemudian berpindah ke kerajaan Shu pada masa Zaman Tiga Negara di China. Keluarga Xiahou adalah salah satu keluarga yang dekat dengan pemimpin kerajaan Wei yaitu Cao Cao, dan merupakan salah satu keluarga yang memperoleh kekuatan militer paling besar di kerajaan Wei, tetapi karena adanya masalah politik dalam negeri di ibukota Luoyang (contoh: penguasaan kekuatan oleh keluarga sima), kemudian Xiahou Ba pindah ke kerajaan Shu.

Ayah Xiahou Ba adalah salah satu jendral Wei yang terkenal yaitu Xiahou Yuan, seorang ahli pemanah dan salah satu orang yang paling dipercayai oleh panglima perang Cao Cao. Setelah kematian Xiahou Yuan di pertempuran gunung Dingjun pada tahun 219, semua pasukannya dipecah dan dibagi di bawah kendali kelima anaknya, salah satunya Xiahou Ba.

Xiahou Ba yang melarikan diri ke kerajaan Shu, diangkat menjadi salah satu jendral pasukan berkuda Shu menggantikan Deng Zhi yang meninggal pada tahun 251 etelah salah satu adik perempuannya telah menikah dengan jendral Shu, Zhang Fei. Sebagai tambahan, Liu Chan, kaisar Shu pengganti Liu Bei, menikah dengan anak perempuan Zhang Fei.