Klari, Karanggede, Boyolali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Klari
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenBoyolali
KecamatanKaranggede
Kode Kemendagri33.09.14.2014 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Klari adalah desa di kecamatan Karanggede, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia.

Desa Klari , Beradai di Kecamatan Karanggede Boyolali. Desa ini berjarak sekitar 30 km dari pusat kabupaten Boyolali, dan berjarak 2 km dari pusat Kecamatan Karanggede.

Desa Klari di sebelah timur berbatasan dengan Desa Bangkok, di sebelah selatan berbatasan dengan Desa kebonan dan desa Sendang, di sebelah utara berbatasan dengan desa Karang Jati Wilayah Kecamatan Wono Segoro, di sebelah barat berbatasan dengan Desa Sukorejo, kecamatan Suruh Kabupaten Semarang.

Desa Klari sendiri memiliki luas wilyah sebesar 274,14 Ha dengan jumlah penduduk sebesar 3.138 jiwa. Jumlah penduduk laki-laki sebesar 1.634 jiwa dan jumlah penduduk perempuan sebesar 1.504 jiwa.

Di desa klari terdapat beberapa objek penting yaitu Markas Koramil 16/Karanggede dibawah Kodim 0724/Boyolali , SMA N 1 Karanggede, serta Pasar Hewan Karanggede.

Selain terdapat objek vital tersebut , terdapat pula bangunan bersejarah Rumah Kademangan Klari, yang merupakan rumah Kediaman demang Klari dimasa pemerintahan kerajaan Kasunanan Surakarta. (sebelum republik Indonesia Berdiri )

Di Desa ini pula terdapat makam R Gito Santosa, yaitu salah satu demang yang memimpin Desa klari