Sambi, Boyolali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sambi
Kecamatan
Lokasi Kecamatan Sambi ing Kabupaten Boyolali
Peta lokasi Kecamatan Sambi
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Boyolali
Pemerintahan
 • Camat -
Luas - km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan 16

Sambi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan ini terdiri dari 16 desa.

Di bagian timur kecamatan ini (perbatasan dengan kecamatan Ngemplak) terdapat waduk Cengklik yang sedang dikembangkan menjadi objek wisata. Pusat perintahan kecamatan Sambi berada di kelurahan Sambi sekitar 16 km dari ibukota Boyolali. Di Sambi terdapat sebuah pasar tradisional, bank, kantor pos,kantor polisi , puskesmas, dan kantor kantor pelayanan masyarakat lainnya. Sambi dulunya terkenal dengan pohon jatinya. Dari 16 desa yang ada di Sambi hanya 2 desa yang memperoleh irigasi pertanian yakni desa Catur di ujung barat dan desa Canden di ujung Selatan. Di desa Jatisari, sekarang telah ada waduk sehingga membantu pengairan sawah petani yang dahulu di sebelah timur desa Jatisari agak susah air. Secara umum, mata pencaharian penduduk bertani. Namun dalam 5 tahun terakhir, kawasan Sambi telah diprioritaskan untuk pembangunan industri terutama industri kering seperti tekstil dan garmen. Perlahan masyarakat yang dulunya bertani namun kebanyakan ladang hanya tadah hujan mulai beralih profesi menjadi buruh pabrik. Beberapa industri yang telah berdiri yaitu di Desa Bahasan ada 2 unit. Selain itu pabrik mobil esemka yang merupakan kebanggaan buah karya anak bangsa ini juga berdiri tepatnya di Desa Senting sekitar 5 km dari Bandara Internasional Adi Soemarno ke arah barat. Kedepannya Kec. Sambi bersama Kec. Ngemplak di Kab. Boyolali, Kec. Colomadu dan Gondangrejo di Kab. Karanganyar akan menjadi poros pengembangan industri kawasan Solo Raya ke arah barat.

Di Desa Nglembu Jalan Simo-Ampel sekitar 3 km dari Kecamatan Simo terdapat sebuah objek wisata berupa kuburan keramat yang terletak di atas puncak bukit bernama Gunung Tugel. Anda harus melewati banyak anak tangga untuk bisa mencapai puncak bukit ini. Udara yang masih segar karena jauh dari hiruk pikuk kota memberikan keleluasaan untuk melepaskan penat dari segala aktivitas harian anda.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Babadan
  2. Canden
  3. Catur
  4. Cermo
  5. Demangan
  6. Glintang
  7. Jagoan
  8. Jatisari
  9. Kepoh
  10. Ngaglik
  11. Nglembu
  12. Sambi
  13. Senting
  14. Tawengan
  15. Tempursari
  16. Trosobo
Pembagian wilayah administrasi desa di Kecamatan Nogosari