Keputat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Keputat
Periode Eocene - recent[1]
Photinia

Photinia Glansmispel × fraseri
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladfabids
OrdoRosales
FamiliRosaceae
SubfamiliMaloideae
GenusPhotinia
Lindl.
Tata nama
Sinonim takson
  • Heteromeles M.Roem.
  • Myriomeles (Lindl.) Lindl.
  • × Stranvinia Coombes[2]
Species
See text

Photinia ( /fˈtɪniə, fə-/ [3] [4] [5] ) atau keputat adalah genus dari sekitar 30 spesies pohon kecil dan semak besar, tetapi taksonominya akhir-akhir ini sangat bervariasi,[per kapan?]</link> dengan genera Heteromeles, Stranvaesia dan Aronia terkadang termasuk dalam Photinia .

Mereka adalah bagian dari keluarga mawar (Rosaceae) dan berkerabat dengan apel. Nama genus botani berasal dari kata Yunani photeinos yang berarti berkilau dan mengacu pada daun yang sering kali mengkilap. Sebagian besar spesies selalu hijau, tetapi spesies gugur juga ada. Buah kecil berbentuk apel ini memiliki ukuran 4 hingga 12 mm dan terbentuk dalam jumlah banyak. Mereka matang di musim gugur dan sering kali tetap bergelantungan di semak-semak hingga memasuki musim dingin. Buahnya digunakan sebagai makanan oleh burung, yang mengeluarkan bijinya bersama kotorannya dan dengan demikian mendistribusikan tanaman tersebut.

Sebaran alami spesies ini terbatas di Asia yang beriklim hangat, dari Himalaya di timur hingga Jepang dan selatan hingga India dan Thailand . Namun, mereka telah dibudidayakan secara luas di seluruh dunia sebagai tanaman hias karena bunganya yang putih dan buahnya yang berwarna merah. Salah satu jenisnya di Indonesia adalah Photinia Integrifolia.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Keputat biasanya tumbuh setinggi 4–15 m, dengan mahkota cabang bersudut yang biasanya tidak beraturan; cabangnya seringkali (tidak selalu) berduri. Daunnya berseling, utuh atau bergigi halus, bervariasi antar spesies dari 3–15 panjang cm dan 1,5–5 lebar cm; sebagian besar spesiesnya selalu hijau tetapi ada juga yang meranggas . Bunganya dihasilkan pada awal musim panas di terminal bunga cawan yang padat; setiap bunga berjumlah 5–10 diameter mm, dengan lima kelopak bulat berwarna putih; mereka memiliki aroma yang lembut seperti buah sanca. Buahnya pome kecil, 4–12 berdiameter mm, berwarna merah cerah dan seperti buah beri, diproduksi dalam jumlah besar, matang di musim gugur dan sering kali bertahan hingga musim dingin. Buahnya dikonsumsi oleh burung, termasuk anis, sayap-lak dan jalak ; benihnya tersebar di kotorannya. Spesies Photinia kadang-kadang digunakan sebagai tanaman pangan oleh larva beberapa spesies Lepidoptera termasuk zamrud biasa, duri berbulu, dan karakter Ibrani setaceous . Keputat rentan terhadap penyakit hawar daun.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Keputat adalah semak hias yang sangat populer, ditanam untuk diambil buah dan dedaunannya. Banyak hibrida dan kultivar tersedia; beberapa kultivar dipilih karena daun mudanya yang berwarna merah cerah di musim semi dan musim panas. Yang paling banyak ditanam adalah:

Toksisitas[sunting | sunting sumber]

Beberapa varietas keputat bersifat racun karena adanya glikosida sianogenik dalam vakuola dedaunan dan sel buah.[6] Ketika daun dikunyah, senyawa ini dilepaskan dan dengan cepat diubah menjadi hidrogen sianida (HCN) yang menghambat respirasi sel . Jumlah HCN yang dihasilkan sangat bervariasi antar taksa, dan umumnya paling banyak terdapat pada daun muda.[7] Hewan ruminansia sangat terpengaruh oleh glikosida sianogenik karena tahap pertama sistem pencernaannya ( rumen ) menyediakan kondisi yang lebih baik untuk melepaskan HCN dibandingkan perut vertebrata monogastrik .[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Rosales". www.mobot.org. Diakses tanggal 2023-06-16. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama POWO
  3. ^ Sunset Western Garden Book, 1995:606–607
  4. ^ "Photinia". Lexico UK English Dictionary. Oxford University Press. [pranala nonaktif]
  5. ^ "Photinia". Dictionary.com Unabridged. Random House. Diakses tanggal 2016-01-22. 
  6. ^ "Table 4: Poisonous Range Plants of Temperate North America". Merck Veterinary Manual. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-07-11. Diakses tanggal 2011-05-05. 
  7. ^ K.A. Jacobs; F.S. Santamour Jr.; G.R. Johnson; M.A. Dirrs (September 1996). "Differential Resistance to Entomosporium Leafspot Disease and Hydrogen Cyanide Potential in Photinia" (PDF). J. Environ. Hort. 14 (3): 154–7. 
  8. ^ Lester R. Vough, E. Kim Cassel (2004–2006). "Prussic Acid Poisoning of Livestock: Causes and Prevention (ExEx 4016)" (PDF). South Dakota State University. Diakses tanggal 2011-05-04.