Wikipedia:Hindari pernyataan yang akan cepat usang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Kecuali Anda menulis halaman yang secara berkala akan berubah, seperti Peristiwa terkini, usahakan hindari pernyataan atau informasi yang akan cepat usang. Frase yang harus dihindari adalah:

  • "akhir-akhir ini"
  • "dalam era modern"
  • "sekarang.." atau "saat ini"
  • "akan segera menjadi"
  • "sejak"

Sebaiknya gunakan frase seperti "per 26 Juni 2006", "pada Oktober 2001", atau "pada 1960-an", yang dalam banyak kasus jauh lebih tepat untuk dipergunakan.

Bayangkan bahwa ada orang lain yang membaca tulisan Anda enam bulan, lima tahun, atau lima puluh tahun nanti. Apakah istilah yang Anda gunakan tepat pada saat itu?

Hindari pernyataan yang akan cepat usang[sunting sumber]

Contoh informasi yang bersifat "cepat usang":

Francisco José da Costa adalah gelandang Portugal yang telah 45 kali membela timnas Portugal.

Kecuali Anda berniat memperbaharui informasi tersebut setiap kali Francisco Costa bermain, informasi di atas akan cepat usang. Lebih baik ditambahkan frase misalnya "..sampai dengan Juni 2006, da Costa telah 45 kali membela timnas Portugal."

Karel Poborský adalah gelandang Ceko yang telah 117 kali tampil dan mencetak 8 gol.

Sama seperti contoh sebelumnya, informasi ini adalah tidak akurat, karena 117 kali dan 8 gol tersebut adalah per kapan? Kecuali Karel Poborský telah berhenti bermain sepak bola pada saat informasi tersebut ditulis, informasi ini sama sekali tidak akurat.

"Abu menjadi presiden sejak 1999"

padahal sekarang sudah tahun 2008 dan sudah digantikan 2 kali. Kata "sejak" dalam kalimat itu, jika tidak ditutup dengan klausa "hingga" (misalnya hingga 2003) akan memberi makna seolah-olah Abu masih menjadi presiden tahun 2008. Orang yang tidak tahu dan menjadikan Wikipedia Indonesia sebagai sumber akan terkecoh dengan informasi ini.
Hal ini biasa dijumpai pada halaman-halaman politikus (terutama di paragraf pembuka), terutama dari negara-negara yang kurang dikenal.

"Sekarang Abu sedang menjabat sebagai presiden saat ini"

terang-terangan harus diganti karena dapat menyesatkan jika telah kadaluarsa
Sebaliknya jangan menuliskan "pernah menjabat" untuk menghindari kadaluarsa di masa depan. Jika sedang menjabat, cukuplah ditulis secara netral dengan "terpilih pada tahun ....". Kalimat tersebut netral karena tidak mengisyaratkan bahwa saat ini masih menjabat.

Hindari penulisan jabatan tanpa mencantumkan tanggal menjabat[sunting sumber]

Kalimat "Abu - ketua dewan kongres" mungkin benar sebelum Abu terpilih jadi presiden, jabatan yang lebih tinggi dari sekedar 'ketua dewan kongres', selain itu, kalimat itu juga seolah-olah berarti bahwa saat ini, tahun 2008, Abu masih merupakan ketua kongres, pembaca tidak tahu / tidak dapat mengira-ngira kapan si Abu naik jadi ketua kongres, kapan dia turun, dsb. Tapi kalau kalimat tersebut diganti jadi "Abu - ketua kongres Uba yang terpilih tahun 1995", misalnya, pembaca setidaknya tahu bahwa jabatan tersebut telah lebih dari 13 tahun lalu, dan kemungkinannya kecil bahwa ia masih memegang jabatan tersebut saat ini, dan dengan demikian tahu bahwa informasi tersebut telah kadaluarsa, dan otomatis mencari informasi yang lebih baru.

Hal ini biasa dijumpai pada halaman-halaman kelahiran, berikut sebuah contohnya, dan untuk jabatan-jabatan politis (gubernur jadi presiden).

Yang susah adalah pangeran yang menjadi raja atau perubahan gelar kebangsawanan lainnya, karena tidak bisa dibilang "pangeran sejak ...". Jadi harus dilihat satu-persatu. Jika seorang bangsawan gelarnya dinaikkan, periksa pranala baliknya satu-persatu.