Sayap-lak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sayap-lak
Bombycilla

Sayap-lak erasia (Bombycilla garrulus)
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliBombycillidae
GenusBombycilla
Vieillot, 1808
Species

Sayap-lak adalah tiga spesies burung pengicau yang diklasifikasikan dalam genus Bombycilla . Warnanya coklat kemerahan dan abu-abu pucat dengan bulu halus khas yang banyak bulu tubuhnya tidak terlihat satu per satu, garis mata hitam putih, jambul, ekor berpotongan persegi, dan sayap runcing. Beberapa bulu sayap memiliki ujung berwarna merah, kemiripannya dengan lak memberi nama umum pada burung ini. Menurut sebagian besar pihak berwenang, ini adalah satu-satunya genus yang ditempatkan dalam famili Bombycillidae, meskipun terkadang famili tersebut diperluas hingga mencakup taksa terkait yang biasanya dimasukkan dalam famili terpisah: sikatan sutra ( Ptiliogonatidae (misalnya Phainoptila )), Hypocolius ( Hypocoliidae ), Hylocitrea ( Hylocitreidae ), decu-palem ( Dulidae ) dan isap-madu Hawaii ( Mohoidae ). Ada tiga spesies: sayap-lak erasia ( B. garrulus ), sayap-lak jepang ( B. japonica ) dan sayap-lak aras ( B. cedrorum ).

Sayap-lak bukanlah peruaya jarak jauh, namun berpindah secara nomaden di luar musim kawin. Sayap-lak kebanyakan memakan buah-buahan, tetapi pada saat buah-buahan tidak tersedia, mereka memakan getah, kuncup, bunga, dan serangga. Mereka menangkap serangga dengan memungut dedaunan atau di udara. Mereka sering bersarang di dekat air, betina membangun sarang longgar di cabang, jauh dari batang pohon. Dia juga mengerami telurnya, sang jantan membawakan makanannya ke sarang, dan kedua jenis kelamin membantu membesarkan anak-anaknya. Sayap-lak muncul dalam seni dan telah disebutkan dalam literatur.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Sayap-lak memiliki ciri bulu yang lembut dan halus. Mereka memiliki ujung merah yang unik pada beberapa bulu sayap yang batangnya melampaui duri; pada sayap-lak erasia dan sayap-lak aras, ujung bulu ini terlihat seperti malam lak, dan memberi nama umum pada grup tersebut. [1] Kakinya pendek dan kuat, serta sayapnya runcing. Jantan dan betina mempunyai bulu yang sama. Ketiga spesies tersebut sebagian besar memiliki bulu berwarna coklat, garis hitam di mata dan hitam di bawah dagu, ekor berujung persegi dengan ujung merah atau kuning, dan jambul runcing. Paruh, mata, dan kakinya berwarna gelap. Burung dewasa berganti kulit antara bulan Agustus dan November, tetapi mungkin menunda masa ganti kulitnya dan melanjutkannya setelah migrasi.[2] Mereka mengeluarkan panggilan suara bersuku kata satu bernada tinggi, berdengung, atau bergetar. [3] [4]

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Diet[sunting | sunting sumber]

Ini adalah burung arboreal yang berkembang biak di hutan utara. [5] Makanan utama mereka adalah buah-buahan, yang mereka makan dari awal musim panas ( stroberi, kertau, dan melangkir ) hingga akhir musim panas dan musim gugur ( raspberi, balantung hitam, ceri, dan buah kamperfuli ) hingga akhir musim gugur dan musim dingin (buah arar, anggur, apel batu, buah tiken gunung, kuntum mawar, buah kotoneaster, buah kornelia, dan buah kapasilan ). [6] [5] Mereka memetik buah dari tempat bertengger atau sesekali sambil melayang. Di musim semi mereka mengganti buah dengan getah, kuncup, dan bunga. Di musim panas, mereka menangkap banyak serangga dengan cara memungut atau di udara, dan sering kali bersarang di dekat air yang banyak terdapat serangga terbang. [5]

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Sayap-lak juga memilih lokasi sarang di tempat yang kaya akan persediaan buah dan berkembang biak di akhir tahun untuk memanfaatkan pematangan musim panas. Namun, mereka mungkin mulai pacaran pada awal musim dingin. Berpasangan mencakup ritual di mana pasangan mengoper buah atau benda kecil yang tidak bisa dimakan bolak-balik beberapa kali hingga salah satunya memakannya (jika itu buah). Setelah itu mereka mungkin akan bersanggama. Banyak pasangan yang bersarang berdekatan di tempat dengan persediaan makanan yang baik, dan sepasang burung tidak mempertahankan wilayah—mungkin alasan mengapa sayap-lak tidak bisa berkicau —tetapi seekor burung mungkin menyerang penyusup, mungkin untuk menjaga pasangannya. Kedua burung tersebut mengumpulkan bahan-bahan sarang, tetapi betinalah yang mengerjakan sebagian besar konstruksinya, biasanya pada dahan horizontal atau di selangkangan yang jauh dari batang pohon, pada ketinggian berapa pun. Dia membuat sarang ranting, rumput, dan lumut yang longgar dan besar, yang dia lapisi dengan rumput halus, lumut, dan jarum tusam dan mungkin berkamuflase dengan potongan rumput, bunga, lumut, dan lumut yang menjuntai. Betina mengerami, diberi makan oleh jantan di sarang, tetapi begitu telur menetas, kedua burung memberi makan anak-anaknya. [7]

Peruayaan[sunting | sunting sumber]

Mereka sebenarnya bukan peruaya jarak jauh, tetapi mengembara secara tidak menentu di luar musim kawin dan berpindah ke selatan dari wilayah jelajah musim panas mereka di musim dingin. Pada tahun-tahun subur yang buruk, jumlah yang besar dapat berkembang biak jauh melampaui batas normalnya, sering kali dalam kelompok yang kadang-kadang berjumlah ribuan. [8] Sekelompok kawanan tiba di pedesaan Derbyshire, Inggris pada bulan Januari 2024, memakan buah beri.[9]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama Distribusi
</img> Sayap-lak erasia, B. garrulus (Linnaeus, 1758) </img>
</img> Sayap-lak jepang, B. japonica (Siebold, 1824) Jepang, Korea, Rusia Timur Jauh dan di provinsi Heilongjiang, Cina timur laut
</img> Sayap-lak aras, B.cedrorum Vieillot, 1808 </img>

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Holloway, Joel Ellis (2003). Dictionary of Birds of the United States: Scientific and Common Names. Timber Press. hlm. 39. ISBN 0-88192-600-0. Diakses tanggal 2009-04-29. 
  2. ^ RSPB Handbook of British Birds (2014). ISBN 978-1-4729-0647-2.
  3. ^ MacKinnon, John; Phillipps, Karen (2000). A Field Guide to the Birds of China. Oxford University Press, USA. hlm. 286–287. ISBN 0-19-854940-7. 
  4. ^ Sibley, David Allen (2000). The Sibley Guide to Birds. Alfred Knopf. hlm. 423. ISBN 0-679-45122-6. 
  5. ^ a b c Witmer, Mark; Avery, Mark (2003). "Waxwings and Silky Flycatchers". Dalam Perrins, Christopher. The Firefly Encyclopedia of Birds. Firefly Books. hlm. 518–519. ISBN 1-55297-777-3. 
  6. ^ MacKinnon, John; Phillipps, Karen (2000). A Field Guide to the Birds of China. Oxford University Press, USA. hlm. 286–287. ISBN 0-19-854940-7. 
  7. ^ Witmer, Mark; Avery, Mark (2003). "Waxwings and Silky Flycatchers". Dalam Perrins, Christopher. The Firefly Encyclopedia of Birds. Firefly Books. hlm. 518–519. ISBN 1-55297-777-3. 
  8. ^ Witmer, Mark; Avery, Mark (2003). "Waxwings and Silky Flycatchers". Dalam Perrins, Christopher. The Firefly Encyclopedia of Birds. Firefly Books. hlm. 518–519. ISBN 1-55297-777-3. 
  9. ^ Hassop: Hundreds of 'exquisite' waxwings in the Peak District BBC News, 11 January 2024. Retrieved 12 January 2024