Kapal serbu amfibi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Juan Carlos I (L-61)
Kelas Makassar
HMS Ocean saat ini beroperasi di Brasil.

Kapal serbu amfibi (Inggris: amphibious assault ship) juga disebut sebagai commando carrier atau amphibious assault carrier adalah jenis kapal perang amfibi yang digunakan untuk pendaratan pasukan ke darat dan mendukung pasukan darat di wilayah musuh melalui serangan amfibi.[1]

Desain kapal jenis ini merupakan evolusi dari kapal induk yang dikonversi untuk digunakan sebagai pembawa helikopter. Kapal jenis ini dapat menampung kapal pendarat amfibi di dok basahnya. Beberapa kapal serbu amfibi modern memiliki peran sekunder sebagai kapal induk.

Peran kapal serbu amfibi secara fundamental berbeda dari kapal induk standar: fasilitas penerbangannya memiliki peran utama dalam mengangkut helikopter untuk mendukung pasukan darat daripada untuk melancarkan serangan udara. Namun, ada pula yang mampu bertugas dalam peran kontrol laut, memulai pesawat terbang seperti pesawat tempur Harrier untuk helikopter anti-kapal selam dan helikopter anti-kapal selam atau beroperasi sebagai tempat yang aman bagi sejumlah besar pejuang STOVL yang melakukan dukungan udara untuk unit ekspedisi Marinir setelah pergi ke darat Sebagian besar kapal ini juga dapat membawa atau mendukung kapal pendarat, seperti kapal pendarat dengan bantalan udara (hovercraft) atau LCU.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Amphibious Assault Ships - LHA/LHD/LHA(R)". United States Navy. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 September 2009. Diakses tanggal 2009-09-23. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]