Kapal selam serbu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kapal selam serbu atau kapal selam pemburu adalah kapal selam yang dirancang khusus untuk tujuan menyerang dan menenggelamkan kapal selam lain, kombatan permukaan dan kapal dagang. Di angkatan laut Soviet dan Rusia mereka dan disebut "kapal selam multi guna". Mereka juga digunakan untuk melindungi kapal perang permukaan dan kapal selam rudal.[1] Beberapa kapal selam juga dipersenjatai dengan rudal jelajah yang dipasang di tabung peluncuran vertikal, meningkatkan cakupan misi potensial mereka untuk memasukkan target darat.

Kapal selam penyerang bisa bertenaga nuklir atau bertenaga ("konvensional") diesel-listrik. Di sistem penamaan Angkatan Laut Amerika Serikat, dan dalam sistem NATO yang setara (STANAG 1166), kapal selam bertenaga nuklir dikenal sebagai SSN dan pendahulunya diesel-electric adalah SSK. Di Angkatan Laut AS, SSN secara tidak resmi disebut "serang cepat".

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal[sunting | sunting sumber]

Setelah Perang Dunia II, kapal selam Jerman yang canggih, khususnya U-boat Tipe XXI diserahkan ke Sekutu, khususnya Angkatan Laut Amerika Serikat dan Angkatan Laut Uni Soviet. Awalnya, U-boat Tipe XVII dengan turbin gas berbahan bakar hidrogen peroksida Walter yang memungkinkan kecepatan bawah air yang tinggi ini dianggap lebih canggih daripada yang sebenarnya, karena dipandang sebagai teknologi kapal selam masa depan yang dekat. Namun, Tipe XXI, ramping dan dengan kapasitas baterai tinggi untuk kecepatan terendam tinggi, sepenuhnya dikembangkan dan menjadi dasar untuk sebagian besar desain kapal selam non-nuklir di seluruh dunia selama tahun 1950-an.[2] Di Angkatan Laut AS, Greater Underwater Propulsion Power Program (GUPPY) dikembangkan untuk memodernisasi kapal selam Perang Dunia II agar setingkat dengan Tipe XXI.[3]

Era nuklir[sunting | sunting sumber]

K-5, kapal selam nuklir AL Soviet kelas November, menjadi ancaman utama kapal selam serang konvensional (SSK) lainnya

USS Nautilus, kapal selam nuklir pertama di dunia, beroperasi pada tahun 1955; Soviet mengikuti ini tiga tahun kemudian dengan meluncurkan kapal selam kelas November (Project 627 "Kit"). Karena kapal selam nuklir dapat mempertahankan kecepatan tinggi di kedalaman yang dalam tanpa batas waktu, kapal selam serang konvensional (SSK) tidak akan berguna melawan mereka kecuali di perairan dangkal. Sebagai pengembangan dan penyebaran kapal selam nuklir berlangsung, pada tahun 1957-1959, SSK Angkatan Laut AS dinonaktifkan atau didesain ulang dan ditugaskan kembali untuk tugas-tugas lain. Menjadi jelas bahwa semua kapal selam nuklir harus melakukan misi ASW.

Kapal selam Soviet pertama yang sepenuhnya ramping adalah kapal selam kelas Project 667A "Navaga" (NATO: kelas Yankee), kelas Project 670 "Skat" (NATO: kelas Charlie I), dan kelas Project 671 "Yorsh" (NATO: kelas Victor I), yang semuanya pertama kali memasuki layanan pada tahun 1967.[4][5]

Kapal selam konvensional modern[sunting | sunting sumber]

Kapal selam serang konvensional tetap relevan sepanjang era nuklir, dengan kelas Oberon Inggris dan kelas Romeo, Foxtrot, Tango dan Kilo Soviet menjadi contoh yang baik yang digunakan selama Perang Dingin. Dengan munculnya teknologi propulsi udara-independen, kapal selam ini telah tumbuh lebih baik dan lebih gesit. Contohnya termasuk kelas kapal selam Type 212, Scorpène dan Gotland. Angkatan Laut AS menyewa HSwMS Gotland milik Swedia untuk melakukan peran kekuatan lawan selama taktik latihan ASW.[6]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Attack Submarine Info". US Navy. Diakses tanggal August 17, 2012. 
  2. ^ Friedman, Norman (1994). U.S. Submarines Since 1945: An Illustrated Design History. Annapolis, Maryland: United States Naval Institute. ISBN SBN 1-55750-260-9 Periksa nilai: invalid character |isbn= (bantuan). 
  3. ^ "Tribute". web.archive.org. 2000-08-19. Diakses tanggal 2021-09-24. 
  4. ^ "Russian Nuclear-powered Submarines :: Russian-Ships.info". web.archive.org. 2015-01-02. Diakses tanggal 2021-09-24. 
  5. ^ Gardiner, Robert (1995). Conway's All the World's Fighting Ships 1947–1995. Conway Maritime Press. ISBN 1-55750-132-7. 
  6. ^ "SSK Gotland Class (Type A19) - Naval Technology". www.naval-technology.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-09-24.