Kapal tempur pesisir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
The trimaran USS Independence
USS Freedom on sea trials in February 2013 before her first deployment

Kapal tempur littoral (LCS) atau Kapal tempur pesisir adalah kelas kapal permukaan yang relatif kecil yang ditujukan untuk operasi di zona pantai (dekat dengan pantai). Kapal itu "dibayangkan sebagai kombatan permukaan berjejaring, tangkas, tersembunyi yang mampu mengalahkan ancaman anti-akses dan asimetris di littorals."

Kapal perang peisisr dirancang untuk menjalani misi pada pantai dan laut dangkal, menghadapi ancaman ranjau di pesisir, kapal selam diesel yang senyap, dan kapal teroris yang kecil, cepat, dan bersenjata. Kapal perang pesisir tiga hull atau trimaran mempunyai kestabilan yang lebih dibanding mono hull. Kapal kelas ini dapat melaju dengan cepat, kemampuan manuver yang tinggi, dan memiliki jaringan dengan kapal tempur permukaan yang lain. Kapal perang pesisir merupakan varian kapal perang masa depan Angkatan Laut Amerika Serikat yang dikenal sebagai DD (X).[1]

Kapal tempur pesisir Indonesia[sunting | sunting sumber]

Indonesia sudah memulai program pembangunan Kapal Tempur Pesisir ini dengan proyek kapal Trimaran. Proyek kapal Trimaran adalah mulai muncul dari ide (mantan) KSAL Slamet Subiyanto pada 2005 lalu.[2]

Kapal ini dibangun oleh PT Lundin Industry Invest di Banyuwangi, Jatim. Kapal ini dirancang memiliki panjang 63 meter, kecepatan maksimal 35 knot, bobot 53,1 GT, mesin utama 4x marine engines MAN nominal 1.800 PK, dibuat dengan teknologi tinggi berbahan serat optik, dipersenjatai peluru kendali dengan jarak tembak hingga 120 kilometer.

Anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp 114 miliar ($12.5 juta USD) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sejak tahun 2009 hingga 2011. TNI Angkatan Laut meluncurkan kapal cepat rudal (KCR) Trimaran di galangan kapal milik PT Lundin Industry Invest di Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat, 31 Agustus 2012.

Setelah peristiwa terbakarnya kapal pertama dan pembangunan ulang, belum terdengar kembali kabar resmi dari pemerintah mengenai kapal Siluman buatan dalam negeri ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1]Littoral Combat Ships Trimaran Milik Angkatan Laut Amerika Serikat]
  2. ^ AS dan Jepang Mengembangkan Kapal Tempur Pesisir