Cao Pi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kaisar Wen dari Wei)
Infobox orangCao Pi

Nama dalam bahasa asli(zh) 曹丕
Temple name (en)世祖
Posthumous name (en)文皇帝
Biografi
Kelahiran29 Mei 187
Bozhou
Kematian29 Juni 226 (39 tahun)
Luoyang
Kaisar Tiongkok Cao Wei
11 Desember 220 – 29 Juni 226
← Kaisar Xian dari HanCao Rui →
Chinese king (en) Cao Wei
15 Maret 220 – 11 Desember 220
← Cao Cao – tanpa nilai →
Kegiatan
Pekerjaanpenyair, Raja, penulis, politikus
Keluarga
KeluargaHouse of Cao (en)
Pasangan nikahZhen Ji
Q10884663
Guo Nüwang
datter av keiser Xian (en)
AnakCao Rui
 ( Zhen Ji)
Cao Li (en)
 ( )
Cao Gong (en)
 ( )
Cao Yong (en)
 ( )
Cao Jian (en)
 ( )
Cao Xie (en)
 ( )
Cao Rui (en)
 ( )
Cao Yan (en)
 ( )
Cao Lin (en)
 ( )
Cao Jie (en)
 ( )
Princess Dongxiang (en)
 ( Zhen Ji)
Orang tuaCao Cao Permaisuri Bian
SaudaraPrincess Jinxiang (en), Cao Xian (en), Cao Hua (en), Cao Jie, Princess Anyang (en), Princess Qinghe (en), Cao Zishang (en), Cao Zicheng (en), Cao Zijing (en), Cao Ziqin (en), Cao Ziji (en), Cao Mao (en), Cao Jun (en), Cao Zizheng (en), Cao Gan (en), Cao Xuan (en), Cao Ju (en), Cao Ju (en), Cao Ang, Cao Xiong (en), Cao Chong (en), Cao Zhi (en), Cao Zhang (en), Cao Gun (en), Cao Lin (en), Cao Yu (en), Cao Shuo (en), Cao Jun (en), Cao Biao dan Cao Hui (en)
KerabatTakamuko no Furutari (en) (keturunan)

Cáo Pī (曹丕, 187 - 226), yang secara formal dikenal sebagai Kaisar Wen dari (Cao) Wei (曹魏文帝), atau juga dikenal dengan nama Zihuan (子桓), lahir di Distrik Qiao, Wilayah Pei (sekarang dikenal dengan daerah Bozhou, Anhui). Dia adalah anak kedua dari politisi dan pengarang Tiongkok pada zaman Tiga Kerajaan yang terkenal, Cao Cao, dan juga pencetus pertama kekaisaran Tiongkok bersatu dan juga pendiri asli "Kerajaan Wei") (lihat Kisah Tiga Negara).

Pada tahun 220, Cao Pi memaksa Kaisar Xian, penguasa terakhir dari Dinasti Han, untuk menyerahkan takhta kepadanya, dan dia memproklamirkan diri sebagai kaisar serta mendirikan negara Cao Wei. Cao Pi melanjutkan perang melawan negara Shu Han dan Dong Wu, yang didirikan oleh rival ayahnya, Liu Bei dan Sun Quan, tetapi perang tersebut tidak memberikan keuntungan teritorial yang signifikan. Tidak seperti ayahnya, Cao Pi lebih berkonsentrasi pada administrasi internal daripada memerangi rival-rivalnya. Selama pemerintahannya, ia secara resmi menetapkan sistem sembilan tingkat Chen Qun sebagai dasar untuk memilih pegawai pemerintah, yang menghasilkan aparat yang berkompetensi. Di sisi lain, ia secara drastis mengurangi kekuasaan para pangeran, menghilangkan kemampuan mereka untuk melawannya, tetapi pada saat yang sama, hal ini mengakibat mereka tidak dapat membantu kaisar jika krisis muncul. Setelah kematian Cao Pi, penerusnya, Cao Rui menganugerahi nama anumerta "Penguasa Wen daro (Cao) Wei" dan nama kuil "Gaozu".

Latar belakang keluarga dan awal karier[sunting | sunting sumber]

Cao Pi lahir tahun 187, sebagai anak tertua dari Cao Cao dan selirnya, Putri Bian, tetapi ia adalah anak kedua dari seluruh putra Cao Cao. Pada saat kelahiran Cao Pi, Cao Cao adalah seorang perwira tingkat menengah yang bertugas sebagai penjaga kekaisaran di Luoyang. Setelah tahun 190, ketika Cao Cao terus berperang, tidak diketahui tempat Cao Pi dan ibunya berada, atau kegiatan yang mereka lakukan. Petunjuk tunggal untuk Cao Pi selama periode ini hanya tahun 204, ketika ia menikahi istri Yuan Xi, Zhen Ji. Setelah Cao Cao Meninggal Dia naik tahta Dan mengangkat dirinya sebagai Kaisar Cao wei. Selama memerintah Cao Pi sering melakukan hal Yang Tabu Seperti Menyuruh Kaisar Xian untuk menyerahkan tahtanya Dan Membuat dinasti Han Runtuh