Lompat ke isi

Jejayi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jejayi
Harpullia Edit nilai pada Wikidata

Harpullia pendula:
fruits, seeds and foliage (above), habit (below)
Berkas:S tulipwood.jpg
Taksonomi
KerajaanPlantae
DivisiTracheophyta
OrdoSapindales
FamiliSapindaceae
GenusHarpullia Edit nilai pada Wikidata
Roxb., 1824
Species
See text

Jejayi (Harpullia) adalah genus dari sekitar 27 spesies pohon hutan hujan berukuran kecil hingga sedang dari famili Sapindaceae . Mereka mempunyai sebaran luas mulai dari India ke arah timur melalui Malesia, Papuasia dan Australasia hingga Kepulauan Pasifik . Mereka tumbuh secara alami biasanya di dalam atau di tepi hutan hujan atau vegetasi terkait.     

Pusat keanekaragaman utama, dari sekitar dua puluh spesies, terdapat di seluruh Papua termasuk pulau-pulau dan wilayah sekitarnya.   

Australia juga merupakan rumah bagi pusat keanekaragaman yang lebih kecil, dengan sekitar delapan spesies, yang tumbuh secara alami dari timur laut New South Wales melalui Queensland timur hingga Semenanjung Cape York dan pesisir Northern Territory . Dari delapan spesies Harpullia yang tumbuh secara alami di Australia, enam hanya terdapat (endemik) di Australia. Dalam bahasa inggris mereka memiliki nama umum tulipwood dan dihargai karena kayunya yang berwarna gelap. Salah satu tanaman hortikultura Australia yang paling dikenal adalah Harpullia pendula yang banyak ditanam sebagai pohon jalanan di sepanjang pantai timur. H. frutescens merupakan tumbuhan perdu kecil yang memiliki potensi hortikultura.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Daftar ini bersumber dari Australian Plant Name Index dan Australian Plant Census, menerbitkan artikel jurnal ilmiah peer review, Flora Malesiana, Sensus Tanaman Pembuluh Papua New Guinea, sistem informasi Tanaman Hutan Hujan Tropis Australia, Buah-buahan dari Hutan Hujan Tropis Australia, Flora NSW online, Flora Australia (seri), dan Daftar Periksa Flora asli vaskular Kaledonia Baru . :

H. arborea fruits
H. frutescens young foliage
H. hillii fruits and foliage

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Roxburgh-1824" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "APNI" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Takeuchi-2011" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Buijsen-2003" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Buijsen-1995" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Census-PNG" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "RFK" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Coopers-2004" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Morat-et-al.-Dec-2012-New-Caledonia-Florical" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Malesiana-1994" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Leenhouts-1985" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Leenhouts-Vente-1982" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NSW-PlantNet" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Mueller-1985" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Australia-1985" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Reynolds-1981" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Encycl-AustrN-Plants-1990" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NSW-PlantNet-H.-alata" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "RFK-H.-arborea" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Malesiana-1994-H.-arborea" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Malesiana-1994-H.-camptoneura" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Malesiana-1994-H.-carrii" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Malesiana-1994-H.-cauliflora" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Malesiana-1994-H.-crustacea" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Malesiana-1994-H.-cupanioides" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "RFK-H.-frutescens" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Malesiana-1994-H.-giganteacapsula" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NSW-PlantNet-H.-hillii" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Malesiana-1994-H.-hirsuta" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Australia-1985-H.-leichhardtii" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Malesiana-1994-H.-leptococca" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Malesiana-1994-H.-longipetala" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Malesiana-1994-H.-myrmecophila" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Malesiana-1994-H.-oococca" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Malesiana-1994-H.-peekeliana" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "RFK-H.-pendula" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NSW-PlantNet-H.-pendula" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Malesiana-1994-H.-petiolaris" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "RFK-H.-ramiflora" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Malesiana-1994-H.-ramiflora" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Malesiana-1994-H.-rhachiptera" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "RFK-H.-rhyticarpa" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Malesiana-1994-H.-solomonensis" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fl.-Malesiana-1994-H.-vaga" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.