Jalan Doktor Insinyur Haji Soekarno (Surabaya)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jalan Lingkar Dalam Timur Surabaya (MERR) di wilayah Kedung Baruk.

Jalan Doktor Insinyur Haji Soekarno, juga dikenal sebagai MERR (singkatan dari Middle East Ring Road atau Jalan Lingkar Dalam Timur Surabaya) adalah sebuah jalan lingkar sepanjang 10,98 km yang menghubungkan antara daerah Kenjeran, Surabaya dengan Tambak Sumur, Waru, Sidoarjo, Jawa Timur. Jalan ini melintasi bagian utara, timur, dan selatan Kota Surabaya serta bagian timur laut Kabupaten Sidoarjo. Jalan lingkar ini menjadi jalan penghubung antara Jembatan Nasional Suramadu dengan Bandara Internasional Juanda via Jalan Tol Waru-Juanda.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembangunan jalan ini dimulai sejak tahun 1996 dan sempat terhenti selama beberapa tahun. Proyek ini mulai dikerjakan kembali pada tahun 2007. MERR seksi II-A (Kenjeran-Mulyorejo); MERR seksi II-B (Mulyorejo-Arif Rahman Hakim); dan sebagian MERR seksi II-C (Arif Rahman Hakim-Gunung Anyar) dengan panjang 9,18 kilometer tersambung pada tahun 2012, serta sebagian MERR seksi II-C (Gunung Anyar-Tambak Sumur) sepanjang 1,8 kilometer tersambung pada tahun 2019. Jalan ini diresmikan secara keseluruhan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada tanggal 30 Mei 2019.[1]

Penamaan[sunting | sunting sumber]

Nama jalan ini diambil dari Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia. Salah satu ruas jalan ini sebelumnya dikenal sebagai Jalan Dharmahusada Indah Timur, namun beberapa masyarakat juga memiliki nama lain untuk ruas tersebut, seperti misalnya Jalan Raya Galaxy Mall karena memang melewati salah satu mall termewah di Surabaya yaitu Galaxy Mall Surabaya, yang mana saat ini memiliki 3 gedung yang berada di sisi timur jalan (2 gedung) dan sisi barat jalan (1 gedung) yang dihubungkan dengan jembatan yang melewati bagian atas jalan.

Referensi[sunting | sunting sumber]