Kirenius: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
{{distinguish|Quirinus}}
{{distinguish|Quirinus}}
[[File:Meister der Kahriye-Cami-Kirche in Istanbul 005.jpg|thumb|300px| Perawan [[Maria]] dan [[Santo Yusuf|Yusuf]] mendaftarkan diri untuk sensus di hadapan gubernur Kirenius. Mosaik [[Bizantin]] di gereja Chora, Konstantinopel (Istanbul), 1315-1320.]]
[[File:Meister der Kahriye-Cami-Kirche in Istanbul 005.jpg|thumb|300px| Perawan [[Maria]] dan [[Santo Yusuf|Yusuf]] mendaftarkan diri untuk sensus di hadapan gubernur Kirenius. Mosaik [[Bizantin]] di gereja Chora, Konstantinopel (Istanbul), 1315-1320.]]
'''Kirenius''' atau nama Romawi lengkapnya '''Publius Sulpicius Quirinius''' ({{lang-el|Κυρήνιος}} ''Kyrenios'' atau ''Cyrenius''; {{lang-en|Quirinius}}) (~51 SM - AD 21) adalah seorang bangsawan Romawi, yang menduduki sejumlah jabatan di pemerintahan Kekaisaran Romawi di abad pertama sebelum Masehi sampai abad pertama sesudah Masehi. Namanya disebut dalam bagian [[Perjanjian Baru]] di [[Alkitab]] [[Kristen]], khususnya dalam [[Injil Lukas]], menyangkut [[Kelahiran Yesus|waktu kelahiran]] [[Yesus]] [[Kristus]]. Kirenius menjadi gubernur di provinsi Romawi Siria dan memerintahkan sensus penduduk. Menurut Yosefus ini terjadi pada waktu ethnarkh [[Arkelaus]], putra [[Herodes Agung]], dicopot jabatannya, pada tahun 6 M. <ref>[http://www.ccel.org/j/josephus/works/ant-18.htm Josephus, Antiquities of the Jews - Book XVIII]: "Cyrenius came himself into Judea, which was now added to the province of Syria, to take an account of their substance..."</ref> Namun ada catatan bahwa Kirenius sebelumnya sudah pernah menjabat sebagai gubernur sementara di Siria sekitar tahun 4 SM.
'''Kirenius''' atau nama Romawi lengkapnya '''Publius Sulpicius Quirinius''' ({{lang-el|Κυρήνιος}} ''Kyrenios'' atau ''Cyrenius''; {{lang-en|Quirinius}}) (~51 SM - AD 21) adalah seorang bangsawan Romawi, yang menduduki sejumlah jabatan di pemerintahan Kekaisaran Romawi di abad pertama sebelum Masehi sampai abad pertama sesudah Masehi. Namanya disebut dalam bagian [[Perjanjian Baru]] di [[Alkitab]] [[Kristen]], khususnya dalam [[Injil Lukas]], menyangkut [[Kelahiran Yesus|waktu kelahiran]] [[Yesus]] [[Kristus]]. Kirenius menjadi gubernur di provinsi Romawi Siria dan memerintahkan sensus penduduk. Menurut Yosefus ini terjadi pada waktu ethnarkh [[Arkhelaus]], putra [[Herodes Agung]], dicopot jabatannya, pada tahun 6 M. <ref>[http://www.ccel.org/j/josephus/works/ant-18.htm Josephus, Antiquities of the Jews - Book XVIII]: "Cyrenius came himself into Judea, which was now added to the province of Syria, to take an account of their substance..."</ref> Namun ada catatan bahwa Kirenius sebelumnya sudah pernah menjabat sebagai gubernur sementara di Siria sekitar tahun 4 SM.


<!--
<!--

Revisi per 25 Oktober 2011 01.35

Perawan Maria dan Yusuf mendaftarkan diri untuk sensus di hadapan gubernur Kirenius. Mosaik Bizantin di gereja Chora, Konstantinopel (Istanbul), 1315-1320.

Kirenius atau nama Romawi lengkapnya Publius Sulpicius Quirinius (Yunani: Κυρήνιος Kyrenios atau Cyrenius; bahasa Inggris: Quirinius) (~51 SM - AD 21) adalah seorang bangsawan Romawi, yang menduduki sejumlah jabatan di pemerintahan Kekaisaran Romawi di abad pertama sebelum Masehi sampai abad pertama sesudah Masehi. Namanya disebut dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab Kristen, khususnya dalam Injil Lukas, menyangkut waktu kelahiran Yesus Kristus. Kirenius menjadi gubernur di provinsi Romawi Siria dan memerintahkan sensus penduduk. Menurut Yosefus ini terjadi pada waktu ethnarkh Arkhelaus, putra Herodes Agung, dicopot jabatannya, pada tahun 6 M. [1] Namun ada catatan bahwa Kirenius sebelumnya sudah pernah menjabat sebagai gubernur sementara di Siria sekitar tahun 4 SM.

Referensi

  1. ^ Josephus, Antiquities of the Jews - Book XVIII: "Cyrenius came himself into Judea, which was now added to the province of Syria, to take an account of their substance..."

Pranala luar