Hukum induksi Faraday

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Untuk penggunaan dan akibat dari hukum ini, lihat Induksi elektromagnetik.

Hukum induksi Faraday adalah hukum dasar elektromagnetisme yang memprediksi bagaimana medan magnet berinteraksi dengan rangkaian listrik untuk menghasilkan gaya gerak listrik- fenomena yang disebut sebagai induksi elektromagnetik. Hukum ini adalah prinsip dasar operasi transformator, induktor, dan banyak tipe motor litrik, generator listrik, dan solenoid.[1][2]

Persamaan Maxwell–Faraday adalah generalisasi Hukum Faraday dan membentuk satu dari empat persamaan Maxwell.

Hukum Faraday[sunting | sunting sumber]

Bunyi pernyataan[sunting | sunting sumber]

Hukum Faraday menyatakan:

Gaya gerak listrik terinduksi pada rangkaian tertutup sama dengan negatif rate perubahan fluks magnetik terhadap waktu di dalam rangkaian.[3][4]

Hukum Faraday ini hanya berlaku ketika rangkaian tertutup adalah loop kawat yang sangat tipis.[5].

Perumusan[sunting | sunting sumber]

Hukum induksi Faraday dilambangkan dengan fluks magnetik ΦB melalui permukaan hipotesis Σ dengan pembatasnya adalah loop kawat. Karena loop kawat dapat bergerak, maka dituliskan sebagai Σ(t). Fluks magnetik didefinisikan dengan integral permukaan:

dengan dA adalah elemen luas permukaan dari permukaan bergerak Σ(t), B adalah medan magnetik, dan B·dA adalah perkalian vektor dot. Fluks magnetik melalui loop kawat berbanding lurus dengan garis medan magnet yang lewat melalui loop.

Ketika fluks berubah karena B berubah, maka Hukum Faraday mengatakan bahwa loop kawat akan mendapat gaya gerak listrik, , didefinisikan sebagai energi yang ada dari muatan yang telah mengelilingi loop kawat.[5][6][7][8] Equivalently, it is the voltage that would be measured by cutting the wire to create an open circuit, and attaching a voltmeter to the leads.

Hukum Faraday juga menyatakan bahwa gaya gerak listrik sama dengan perubahan fluks magnetik tiap waktu:

,

dengan adalah gaya gerak listrik (EMF) dan ΦB adalah fluks magnetik. Arah gaya gerak listrik dituliskan dalam Hukum Lenz's.

Untuk kawat yang terdiri dari N lilitan yang identik, Hukum Faraday menyatakan bahwa[9][10]

dengan N adalah jumlah lilitan kawat dan ΦB adalah fluks magnet pada loop tunggal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sadiku, M. N. O. (2007). Elements of Electromagnetics (fourth ed.). New York (USA)/Oxford (UK): Oxford University Press. hlm. 386. ISBN 0-19-530048-3. 
  2. ^ "Applications of electromagnetic induction". Boston University. 1999-07-22. 
  3. ^ "Faraday's Law, which states that the electromotive force around a closed path is equal to the negative of the time rate of change of magnetic flux enclosed by the path"Jordan, Edward; Balmain, Keith G. (1968). Electromagnetic Waves and Radiating Systems (2nd ed.). Prentice-Hall. hlm. 100. 
  4. ^ "The magnetic flux is that flux which passes through any and every surface whose perimeter is the closed path"Hayt, William (1989). Engineering Electromagnetics (5th ed.). McGraw-Hill. hlm. 312. ISBN 0-07-027406-1. 
  5. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Feynman
  6. ^ Griffiths, David J. (1999). Introduction to Electrodynamics (Third ed.). Upper Saddle River NJ: Prentice Hall. hlmn. 301–303. ISBN 0-13-805326-X. 
  7. ^ Tipler and Mosca, Physics for Scientists and Engineers, p795, google books link
  8. ^ Tiap buku teks bisa memberikan definisi yang berbeda-beda. The set of equations used throughout the text was chosen to be compatible with the special relativity theory.
  9. ^ Essential Principles of Physics, P.M. Whelan, M.J. Hodgeson, 2nd Edition, 1978, John Murray, ISBN 0-7195-3382-1
  10. ^ Nave, Carl R. "Faraday's Law". HyperPhysics. Georgia State University. Diakses tanggal 29 August 2011. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]