Hukum Gauss

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Pada ilmu fisika, Hukum Gauss atau Teorema fluks Gauss adalah hukum yang menghubungkan distribusi muatan listrik dengan medan listrik yang dihasilkannya.

Hukum ini dirumuskan oleh Carl Friedrich Gauss tahun 1835, namun tidak dipublikasikan sampai 1867.[1] Merupakan salah satu dari empat persamaan Maxwell, yang menjadi basis bagi elektrodinamika klasik, tiga lainnya adalah Hukum Gauss tentang magnetisme, Hukum induksi Faraday, dan Hukum rangkaian Ampère. Hukum Gauss dapat digunakan untuk menurunkan Hukum Coulomb[2].

Hukum Gauss berbunyi:

Fluks listrik bersih yang melewati permukaan tertutup sama dengan 1ε dikali muatan listrik bersih yang berada di dalam permukaan tertutup itu.[3]

Hukum Gauss dapat dinyatakan dalam medan listrik E atau electric displacement field D.

Bentuk integral[sunting | sunting sumber]

Hukum Gauss dapat dinyatakan dengan:[4]

dimana ΦE adalah fluks listrik melewati permukaan tertutup S menutup volume V, Q adalah total muatan tertutup dalam S, dan ε0 adalah konstanta listrik. Fluks listrik ΦE didefinisikan sebagai integral permukaan medan listrik:

\oiint

dengan E adalah medan listrik, dA adalah vektor melambangkan luas elemen yang sangat kecil,[note 1] dan · melambangkan perkalian dot 2 vektor.

Karena fluks didefinisikan sebagai integral medan listrik, penulisan Hukum Gauss dalam bentuk ini disebut bentuk integral.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ More specifically, the infinitesimal area is thought of as planar and with area dA. The vector dA is normal to this area element and has magnitude dA.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bellone, Enrico (1980). A World on Paper: Studies on the Second Scientific Revolution. 
  2. ^ Halliday, David; Resnick, Robert (1970). Fundamentals of Physics. John Wiley & Sons, Inc. pp. 452–53. 
  3. ^ Serway, Raymond A. (1996). Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, 4th edition. p. 687. 
  4. ^ I.S. Grant, W.R. Phillips (2008). Electromagnetism (2nd ed.). Manchester Physics, John Wiley & Sons. ISBN 978-0-471-92712-9. 
  5. ^ Matthews, Paul (1998). Vector Calculus. Springer. ISBN 3-540-76180-2. 

Jackson, John David (1998). Classical Electrodynamics, 3rd ed., New York: Wiley. ISBN 0-471-30932-X.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]