Hukum Lenz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Demonstrasi hukum Lenz

Hukum Lenz adalah hukum fisika yang menjelaskan tentang arah arus induksi. Dalam hukum ini, arah arus induksi selalu mempunyai arah tertentu. Arah arus induksi selalu menghindar dari medan magnet yang menimbulkannya. Hukum Lenz juga dapat dipandang dari sisi medan magnet. Arus induksi akan mempunyai medan magnet yang selalu menghindari perubahan medan magnet yang ada.[1] Hukum Faraday dan hukum Lenz sama-sama berhubungan dengan perubahan fluks magnetik dalam suatu simpal. Namun, hukum Lenz merupakan pelengkap dari hukum induksi Faraday. Penjelasan di dalam Hukum induksi Faraday hanya mengungkapkan besarnya gaya gerak listrik induksi. Sedangkan penjelasan tentang arah arus induksi tidak dijelaskan secara rinci. Hukum Lenz melengkapinya dengan pernyataan bahwa "Dalam suatu kumparan, arah arus induksi adalah sedemikian rupa sehingga medan magnet yang dihasilkan arus tersebut berlawananan dengan perubahan fluks yang menyebabkannya timbul".[2]

Definisi[sunting | sunting sumber]

Arus yang diinduksi dalam suatu rangkaian karena perubahan medan magnet diarahkan untuk melawan perubahan fluks dan untuk menggunakan gaya mekanis yang melawan gerakan di nyatakan dalam Hukum Lenz. Hukum Lenz terkandung dalam perlakuan yang ketat terhadap hukum induksi Faraday (Besarnya EMF yang diinduksi dalam sebuah kumparan sebanding dengan laju perubahan medan magnet), [3] di mana ia menemukan ekspresi dengan tanda negatif:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gertshen, C., Kneser, H.O., dan Vogel, H. (1996). Fisika: Listrik, Magnet, dan Optik (PDF). Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. hlm. 140. ISBN 979-459-693-0. 
  2. ^ Abdullah, Mikrajuddin (2017). Fisika Dasar II (PDF). Bandung: Institut Teknologi Bandung. hlm. 422–423. 
  3. ^ TRICKER, R.A.R. (1966). The Contributions of Faraday and Maxwell to Electrical Science. Elsevier. hlm. 41–73. ISBN 978-1-4832-1359-0. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]