Momen dipol listrik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Momen dipol listrik adalah suatu keadaan yang menunjukkan sifat-sifat dipol dalam medan listrik berdasarkan vektor. Keberadaan momen merupakan hasil dipol yang terdiri atas sepasang muatan listrik yang sama besar. Dalam perhitungan, masing-masing muatan diberi tanda yang berbeda. Penanda lainnya adalah jarak yang relatif dekat satu sama lainnya. Momen dipol listrik akan memberitahukan informasi tentang medan listrik yang ditimbulkan sebuah dipol. Potensial listrik yang timbul akibat medan listrik dipengaruhi oleh jarak dan panjang dipol. Jumlah total potensial listrik yang dihasilkan dapat diketahui pada masing-masing titik muatan tersebul.[1] Pengamatan momen dipol listrik berada di luar jangkauan model standar. Momen dipol listrik tidak mengikuti hukum simetri pada paritas dan pembalikan waktu. Kondisi ini membuat momen dipol listrik mengalami konjugasi muatan listrik dan paritas. Keberadaan momen dipol listrik juga bertentangan dengan kuark dan lepton.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gerthsen, C. Knesen, H.O., dan Vogel, H. (1996). Fisika: Listrik, Magnet dan Optik (PDF). Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. hlm. 27–28. ISBN 979-459-693-0. 
  2. ^ Mereghetti, Emanuele (3 Juni 2018). "Electric Dipole Moments: A Theory Overview" (PDF). Conference on the Intersections of Particle and Nuclear Physics: 1.