Hubungan Britania Raya dengan Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Hubungan Indonesia-Britania Raya
Peta memperlihatkan lokasi Indonesia dan United Kingdom

Indonesia

Britania Raya

Hubungan Britania Raya dengan Indonesia telah mempertahankan hubungan yang kuat sejak hubungan formal yang didirikan pada tahun 1949. Indonesia memiliki kedutaan besar di London, Britania Raya juga memiliki kedutaan besar di Jakarta.

Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia meluncurkan kampanye untuk meningkatkan jumlah wisatawan dari Inggris masuk ke Indonesia. Pada tahun 2009, 160.000 wisatawan Inggris berkunjung ke Indonesia, tujuan dari kampanye ini adalah untuk meningkatkan jumlah ini menjadi 200.000.

Pada tahun 2006 mantan Perdana menteri Tony Blair bertemu dengan Susilo Bambang Yudhoyono di mana mereka sepakat pada pembentukan Forum the establishment of a regular Indonesia-UK Partnership , yang akan diketuai oleh Menteri Luar Negeri, untuk mempromosikan dialog strategis mengenai bilateral, isu-isu multilateral dan global. Kebersamaan Indonesia-Britania Raya diadakan pada tahun 2007 dan diketuai oleh menteri luar negeri Inggris Margaret Beckett dan Menteri Luar Negeri Indonesia Hassan Wirajuda.

Pada bulan Maret 2010 anggota House of Lords memuji Indonesia atas kemajuan mereka dalam demokratisasi masyarakat, kebebasan media dan perlindungan lingkungan Dalam sebuah pertemuan dengan Bahasa Indonesia MP Hayono Isman, Lord menyatakan bahwa mereka ingin meningkatkan hubungan antara kedua negara.

Referesi[sunting | sunting sumber]