Halaman Utama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Artikel pilihan

Komodor Udara Cobby (kiri) dan Kapten Grup Caldwell (kanan) di Morotai pada Januari 1945

Pemberontakan Morotai adalah sebuah insiden bulan April 1945 yang melibatkan anggota Australian First Tactical Air Force yang berpangkalan di Pulau Morotai, Hindia Belanda. Delapan pilot senior, termasuk penerbang ulung Australia, Kapten Grup Clive Caldwell, menyatakan pengunduran diri mereka untuk memprotes suatu hal yang mereka anggap sebagai penurunan pangkat terhadap skadron tempur Royal Australian Air Force (RAAF) yang dipindahtugaskan ke misi-misi serangan darat tak penting dari segi strategi melawan pasukan Jepang yang sudah dilewati oleh kampanye "lompat pulau" Sekutu. Penyelidikan pemerintah menyatakan bahwa para "pemberontak", dan tiga perwira berpangkat tinggi di First Tactical Air Force Headquarters, termasuk sang komandan, Komodor Udara Harry Cobby, penerbang ulung Australian Flying Corps semasa Perang Dunia I, dipecat dari jabatannya. (Selengkapnya...)

Tahukah Anda

  • "... bahwa 450 juta tahun yang lalu terjadi kepunahan massal terhadap hewan-hewan di darat, khususnya trilobita yang musnah seluruhnya? Ilmuwan menduga kepunahan ini disebabkan oleh semburan sinar gama."
  • "... bahwa naskah-naskah Kerajaan Wajo selalu menekankan bahwa "orang-orang Wajo itu merdeka", dan bahwa tuan mereka hanyalah hukum adat yang didasarkan pada kesepakatan bersama?"
  • "... bahwa kelamin Napoleon diduga dipotong saat otopsi tak lama setelah Napoleon wafat pada tahun 1821?"
  • "... bahwa negara-negara sudah membuat traktat sejak zaman kuno? Contohnya adalah perjanjian antara negara-kota negara-kota Lagash dan Umma pada tahun 2100 SM serta Perjanjian Kadesh antara Kerajaan Mesir dengan Het."

Tantangan kolaborasi

Hari ini dalam sejarah

23 April: Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia; Hari Santo Georgius di sejumlah negara; Hari Anak di Turki

Tanggal lain: 22 April 23 April 24 April

Hari ini tanggal 23 April 2021 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Upacara adat usaba dangsil di desa Kertha Mandala Abang, Karangasem, Bali, yang dilaksanakan dua tahun sekali. Warga desa mengusung dangsil, yaitu hiasan bambu berisi persembahan melewati persawahan menuju pura desa.
Upacara adat usaba dangsil di desa Kertha Mandala Abang, Karangasem, Bali, yang dilaksanakan dua tahun sekali. Warga desa mengusung dangsil, yaitu hiasan bambu berisi persembahan melewati persawahan menuju pura desa.
(ukuran asli: 2.500 × 1.633 piksel, 2,12 MB)

Oleh: Giri Wijayanto
Lisensi: CC BY-SA 4.0