Roma Baru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Roma Baru (Yunani: Νέα Ῥώμη, Nea Romē; Latin: Nova Roma) adalah sebuah nama yang diberikan oleh Kaisar Romawi Konstantinus Agung pada 330 Masehi untuk ibukota kekaisaran barunya di kota pesisir Eropa selat Bosporus, yang juga dikenal sebagai Bizantium sampai seterusnya, dan sebagai Kōnstantinoúpolis (Konstantinopel). Kota tersebut sekarang dikenal sebagai Istanbul.

Konstantinus secara esensial membangun kembali kota tersebut pada skala monumental, sebagian dimodelkan seperti kota Roma. Nama-nama periode ini meliputi ἡ Νέα, δευτέρα Ῥώμη, "Baru, Roma kedua";[1] Alma Roma, Ἄλμα Ῥώμα; Βυζαντιάς Ῥώμη, "Roma Bizantium"; ἑῴα Ῥώμη, "Roma Timur"; dan Roma Constantinopolitana.[2]:354

Istilah Roma Baru itu sendiri menuai polemik Barat-Timur, khususnya dalam konteks Skisma Besar, ketika istilah tersebut digunakan oleh para penulis Yunani Ortodoks Timur untuk membedakan kotanya dengan Roma Katolik Barat. Roma Baru juga masih menjadi bagian dari gelar resmi Patriark Konstantinopel–Roma Baru.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sejarawan gereja abad ke-5 Socrates dari Konstantinopel menulis dalam Historia Ecclesiastica buatannya, 1:16 (sekitar tahun 439) bahwa kaisar tersebut menamakan kota tersebut "Konstatinopel" sementara mengeluarkan dekret yang membuat kota tersebut dirancang sebagai "Romaw kedua" (‘Κωνσταντινούπολιν’ μετονομάσας, χρηματίζειν ‘δευτέραν Ῥώμην’ νόμῳ ἐκύρωσεν).
  2. ^ Georgacas, Demetrius John (1947). "The Names of Constantinople". Transactions and Proceedings of the American Philological Association (The Johns Hopkins University Press) 78: 347–67. JSTOR 283503. doi:10.2307/283503. 
  3. ^ Bartholomew, Archbishop of Constantinople, New Rome and Ecumenical Patriarch