Gereja nasional di Roma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pintu utama San Giuliano dei Fiamminghi: Lambang Paus Benediktus XVI dan lengan uskup tituler (Jan Pieter Schotte) di sebelah kiri, Lambang Belgia di sebelah kanan, menandainya sebagai gereja nasional Belgia.

Lembaga-lembaga amal yang melekat pada gereja-gereja di Roma didirikan sejak periode abad pertengahan dan mencakup rumah sakit, asrama, dan lembaga-lembaga lain yang memberikan bantuan kepada para peziarah ke Roma dari "negara" tertentu, yang kemudian menjadi gereja-gereja nasional bagi sebuah negara di Roma (bahasa Italia: chiese nazionali). Lembaga-lembaga ini umumnya diorganisir sebagai persaudaraan dan didanai melalui amal dan warisan dari para dermawan kaya yang tergabung dalam "bangsa" tersebut. Seringkali, mereka juga dihubungkan dengan scholæ nasional (nenek moyang seminari Roma), tempat para pastor dari negara tersebut dilatih. Gereja-gereja dan kekayaan mereka merupakan tanda betapa pentingnya negara mereka dan para pejabat tinggi gereja yang mendukung mereka. Hingga tahun 1870 dan penyatuan Italia, gereja-gereja nasional ini juga mencakup gereja-gereja di negara bagian Italia (sekarang disebut "gereja regional").

Banyak dari organisasi-organisasi ini, yang tidak memiliki tujuan pada abad ke-19, diambil alih melalui undang-undang tahun 1873 tentang penindasan terhadap perusahaan keagamaan. Namun, dalam dekade-dekade berikutnya, berbagai perjanjian – yang berakhir dengan Perjanjian Lateran – menyebabkan aset gereja-gereja nasional dikembalikan ke Gereja Katolik.

Gereja regional Italia[sunting | sunting sumber]

Gereja nasional[sunting | sunting sumber]

Afrika[sunting | sunting sumber]

Amerika[sunting | sunting sumber]

Asia[sunting | sunting sumber]

Eropa[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ aree-geografiche/centri-cristiani-latinoamericani/comunit-ecuadoriana-br-chiesa-di-santa-maria-in-via/ "Comunità ecuadoriana Chiesa di Santa Maria di Via" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). Diarsipkan dari versi asli tanggal 22-04-2022. 
  2. ^ Macchi. "Gereja Bunda Maria dari Coromoto". Diakses tanggal 2022-04-22.  Parameter |archive-url= mengalami cacat: path (bantuan)
  3. ^ Hager. "Kekristenan Khusus: Komunitas Katolik Armenia di Roma". Di Dalam Vatikan. Diakses tanggal 2022-04 -22 – via Perpustakaan Liturgi Katolik.  Parameter |archive-url= mengalami cacat: path (bantuan);
  4. ^ .22-044204/http://www.romamultietnica.it/aree-geografiche/europa-aree-geografiche/albania/religioni/chiesa-s-giovanni-della-malva-in-trastevere/ "Chiesa S. Giovanni della Malva di Trastevere" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). Roma Multietnica. Diarsipkan dari it/aree-geografiche/europa-aree-geografiche/albania/religioni/chiesa-s-giovanni-della-malva-in-trastevere/ versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 2022- 22-04. 
  5. ^ "San Giovanni della Malva di Trastevere". Minnistero del'Interno. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-30. Diakses tanggal 2022-04- 22. 
  6. ^ a b  Schmidlin, August Joseph (1913). "Perguruan Tinggi dan Gereja Anima (di Roma)". Dalam Herbermann, Charles. Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. 
  7. ^ Walsh, Michael. Panduan Setiap Peziarah ke Roma. Norwich: Canterbury Press. ISBN 978-1-8482-5618-7. OCLC 971560329. OL 25962899M – via Google Buku. 
  8. ^ "Duta Besar Prancis près le Saint-Siège" [Kedutaan Besar Prancis untuk Tahta Suci]. La France au Vatican. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-04-14. 
  9. ^ "Églises françaises à Roma" [Gereja-Gereja Prancis di Roma]. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-01-26. Diakses tanggal 2022-04-22. 
  10. ^ Žemaitis, Augustinas. .truelithuania.com/tag/lithuanian-martyrs-chapel-in-rome/ "Roma dan Italia" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). Global True Lithuania. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-02-21. Diakses tanggal 2022-04-22. 
  11. ^ -del-collegio-lituano "Pontifical Lithuanian College of St. Casimir – Guest House Villa Lituania" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). Diarsipkan dari versi asli tanggal 22-04-2022. 
  12. ^ "Santi Michele e Magno". Gereja-Gereja Tersembunyi di Roma. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-20. Diakses tanggal 2022-04 -22. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan