Gereja-gereja di Roma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Santa Maria in Montesanto dan Santa Maria dei Miracoli, dua dari ratusan gereja Katolik di Roma, Italia.

Terdapat lebih dari 900 bangunan gereja Katolik di Roma, menjadikannya kota dengan jumlah gereja terbesar di dunia.[1]

Gereja-gereja pertama di Roma berasal dari tempat di mana umat Katolik bertemu. Mereka dibagi ke dalam tiga kategori utama:[2]

  1. rumah warga negara Romawi (orang yang menjadi tuan rumah pertemuan umat Kristiani/juga dikenal sebagai oratoria, oracula)
  2. diakenries (tempat di mana pembagian amal diberikan kepada orang miskin dan ditempatkan di bawah kendali seorang diakon; diakon terbesar memiliki banyak diakon, dan salah satu dari mereka dipilih diakon agung)
  3. rumah lain yang memiliki titulus (dikenal sebagai domus ecclesia)

Tituli[sunting | sunting sumber]

Paus Marselus I (306–308 M) dikatakan telah mengakui dua puluh lima tituli di Kota Roma, quasi dioecesis.[3] Diketahui bahwa pada tahun 336, Paus Yulius I telah menetapkan jumlah kardinal presbiter menjadi 28,[4] sehingga untuk setiap hari dalam seminggu , seorang kardinal presbiter yang berbeda akan mengadakan misa di salah satu dari empat basilika utama Roma, Basilika Santo Petrus, Basilika Santo Paulus di Luar Tembok, Basilika Santa Maria Maggiore, dan Basilika Agung Santo Yohanes Lateran.[5] Dalam pandangan Stephan Kuttner, "...para kardinal imam dan uskup Romawi 'diinkardinasi' untuk selamanya ( meskipun terbatas) ke dalam basilika patriarki sambil tetap terikat pada gereja-gereja dari pentahbisan aslinya."[6]

Hanya tituli yang diizinkan untuk membagikan sakramen. Imam terpenting dalam sebuah titulus diberi nama kardinal.[7] Paus Marselus I (pada awal abad ke-4) menegaskan bahwa tituli adalah satu-satunya pusat administrasi dalam Gereja. Pada tahun 499 M, sebuah sinode yang diadakan oleh Paus Simakhus mencantumkan semua presbiter yang berpartisipasi, serta tituli yang hadir pada saat itu:[8]

  1. Titulus Aemilianae (Santi Quattro Coronati)
  2. Titulus Anastasiae (Santa Anastasia)
  3. Titulus SS Apostolorum (Santi Apostoli)
  4. Titulus Byzantis or Vizantis (tidak diketahui, mungkin "Titulus Pammachii")
  5. Titulus S Caeciliae (Santa Cecilia in Trastevere)
  6. Titulus Clementis (San Clemente)
  7. Titulus Crescentianae (San Sisto Vecchio)
  8. Titulus Crysogoni (San Crisogono)
  9. Titulus Cyriaci (tidak dapat dipastikan, banyak teori mengatakan Santa Maria Antiqua atau Santa Maria in Domnica)
  10. Titulus Damasi (San Lorenzo in Damaso)
  11. Titulus Equitii (San Martino ai Monti)
  12. Titulus Eusebi (Sant'Eusebio)
  13. Titulus Fasciolae (Santi Nereo e Achilleo)
  14. Titulus Gaii (Santa Susanna)
  15. Titulus Iulii (Santa Maria in Trastevere, identik dengan Titulus Callixti)
  16. Titulus Lucinae (San Lorenzo in Lucina)
  17. Titulus Marcelli (San Marcello al Corso)
  18. Titulus Marci (San Marco)
  19. Titulus Matthaei (di Via Merulana, dihancurkan pada 1810)
  20. Titulus Nicomedis (di Via Nomentana, dihancurkan)
  21. Titulus Pammachii (Santi Giovanni e Paolo (Roma))
  22. Titulus Praxedis (Santa Prassede)
  23. Titulus Priscae (Santa Prisca)
  24. Titulus Pudentis (Santa Pudenziana)
  25. Titulus Romani (tidak diketahui, mungkin Santa Maria Antiqua atau Santa Maria in Domnica; yang manapun, "Titulus Cyriaci" bukan)
  26. Titulus S Sabinae (Santa Sabina)
  27. Titulus Tigridae (tidak diketahui, mungkin Santa Balbina)
  28. Titulus Vestinae (Basilika San Vitale)

"Tujuh Gereja Peziarah Roma"[sunting | sunting sumber]

Pada masa Paus Aleksander II (1061-1073) para imam yang bertugas di Basilika Santo Petrus disebut sebagai tujuh kardinal S. Petrus: septem cardinalibus S. Petri.[9] Keempat basilika tidak memiliki kardinal, karena mereka berada di bawah pengawasan langsung Paus. Basilika Agung Santo Yohanes Lateran juga merupakan tempat kedudukan uskup Roma.[10] Secara tradisional, peziarah diharapkan mengunjungi keempat basilika, dan San Lorenzo fuori le mura, Santa Croce di Gerusalemme, dan San Sebastiano fuori le mura yang merupakan Tujuh Gereja Peziarah Roma . Pada Yobel Besar tahun 2000, gereja ketujuh malah menjadi Santuario della Madonna del Divino Amore sebagaimana ditunjuk oleh Paus Yohanes Paulus II.

Gereja-gereja terkenal berdasarkan waktu pembangunan[sunting | sunting sumber]

Ini adalah daftar gereja Roma yang dikutip dalam artikel Wikipedia atau dengan berkas terkait di Wikimedia Commons.

Gereja-gereja dikelompokkan menurut waktu pembangunan awalnya: tanggal-tanggal tersebut adalah tanggal pencatatan pertama setiap gereja. Namun, pembaca tidak boleh berharap bahwa struktur bangunan saat ini mencerminkan usia tersebut, karena selama berabad-abad sebagian besar bangunan telah mengalami rekonstruksi. Dengan demikian, hampir semua gereja akan tampak jauh lebih baru, dan merupakan gabungan periode dan gaya.

Beberapa gereja menarik kini ditutup kecuali pada acara-acara khusus, seperti pernikahan. Ini termasuk: Santa Balbina, Santi Nereo e Achilleo, San Cesareo di Palatio dan Sant'Urbano.

Pantheon
Santa Cecilia in Travestere

Abad ke-2[sunting | sunting sumber]

Abad ke-3[sunting | sunting sumber]

Abad ke-4[sunting | sunting sumber]

Santa Costanza
Santi Quattro Coronati
Basilika Agung Santo Yohanes di Lateran
Santa Croce in Gerusalemme
Santi Cosma e Damiano

Abad ke-5[sunting | sunting sumber]

Abad ke-6[sunting | sunting sumber]

Abad ke-7[sunting | sunting sumber]

Abad ke-8[sunting | sunting sumber]

Abad ke-9[sunting | sunting sumber]

Abad ke-10[sunting | sunting sumber]

Santa Francesca Romana

Abad ke-11[sunting | sunting sumber]

Santa Maria del Popolo

Abad ke-12[sunting | sunting sumber]

Abad ke-13[sunting | sunting sumber]

Abad ke-14[sunting | sunting sumber]

Abad ke-15[sunting | sunting sumber]

Abad ke-16[sunting | sunting sumber]

Santa Maria degli Angeli e dei Martiri
Sant'Andrea della Valle
Santa Maria di Loreto

Abad ke-17[sunting | sunting sumber]

Sant'Andrea al Quirinale

Abad ke-18[sunting | sunting sumber]

Abad ke-19[sunting | sunting sumber]

Abad ke-20[sunting | sunting sumber]

Abad ke-21[sunting | sunting sumber]

Dio Padre Misericordioso

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Clarke, Stuardt. "Gereja-Gereja Roma: Besar dan Kecil". Stuardt Clarkes Roma. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 February 2012. Diakses tanggal 26 Januari 2012. 
  2. ^ dunia-kepercayaan-utama-berbagi-kepercayaan-pada-satu-Tuhan-berakar.html "Tiga Keyakinan Utama di Dunia, Kepercayaan pada Satu Tuhan, Berakar di Timur Tengah; KELOMPOK TIDAK SETUJU TERHADAP UNDANG-UNDANG YANG DIUNGKAPKAN; Kekristenan dan Islam Berasal Dari Tradisi Perjanjian Lama Yudaisme" Periksa nilai |url= (bantuan). The New York Times. 1964-01-05. ISSN 0362-4331. 
  3. ^ Loomis, Louise Ropes (1916). Kitab Para Paus (Liber Pontificalis) I, pada masa Kepausan Gregorius I. Catatan Peradaban: Sumber dan Studi. New York: Columbia University Press. hlm. 38.  "...quasi dioecesis, propter baptismum et paenitentiam multorum qui convertebantur ex paganis et propter sepulturas martyrum ('seperti keuskupan, demi baptisan dan penebusan dosa banyak orang yang bertobat dari paganisme dan demi penguburan para martir'). Mommsen, Theodor. Gestorum pontificum romanorum. Monumenta Germaniae Historica. Berlin: Apud Weidmannos. hlm. 43. 
  4. ^ "Roma Kaisar, Roma Para Paus" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 23 Desember 2021. 
  5. ^ Kuttner, hal. 148-149, atribut perubahan dari tahun 25 ke tahun 28 hingga abad kedelapan, mengikuti Klewitz, hal. 120, 151, 156-157.
  6. ^ Kuttner, p. 150.
  7. ^ Namun, gelar 'kardinal' tidak dibuktikan dalam dokumen kepausan yang otentik sampai masa pemerintahan Paus Stefanus III (768-772): Kuttner, hal. 149.
  8. ^ the_name_of_his_titulus_a_few_of_which_ar/13826261/1 "E02744: Keputusan-keputusan (dalam bahasa Latin) sinode" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). Diarsipkan dari -514_are_subscribed_to_by_a_number_of_presbyters_of_the_city_s_titular_churches_each_identified_by_the_name_of_his_titulus_a_few_of_which_ar/13826261/1 versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal Parameter |archive-url= membutuhkan |archive-date= (bantuan). 
  9. ^ Kuttner, hal. 152.
  10. ^ .net/churches-in-rome/ "Gereja Roma: Basilika, Kuil, dan Tempat Suci" Periksa nilai |url= (bantuan). www.romesightseeing.net. Diakses tanggal 2021-12-22. 
  11. ^ Some scholars have identified the 3rd-century hall beneath the church as a meeting room for a Christian community. Others do not agree with this view, claiming there are no proofs of Christian use before the 6th century. Krautheimer, p. 115.