Sacro Cuore di Maria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Basilika Kecil Hati Maria yang Tak Bernoda (Immaculate Heart of Mary), adalah gereja tituler di Piazza Euclide, Roma. Dibangun oleh arsitek Armando Brasini (1879-1965). Pembangunannya dimulai pada tahun 1923 dengan disain salib Yunani yang ditulis dalam lingkaran dengan fasad yang diartikulasikan, dan selesai sebelum tahun 1936, tahun di mana gereja tersebut dibuat menjadi gereja paroki dan diberikan kepada Kongregasi Anak Misionaris Hati Kudus Tak Bernoda Maria, biasanya dikenal sebagai misionaris Claretian. Sebuah kubah besar direncanakan untuk gereja ini, tapi tidak disadari seiring berjalannya waktu terasa kubah yang lebih kecil selesai dibangun pada tahun 1951.

Di dalam baptisan ada lukisan modern oleh Armenian Gregorio Sciltian (1900-1985).

Paus Yohanes XXIII mengangkatnya ke pangkat Basilika Minor pada bulan Mei 1959, dan Paus Paulus VI menjadikannya sebuah gereja tituler pada bulan Februari 1965, dengan Ángel Herrera Oria sebagai uskup tituler pertamanya. Imam tituler sekarang adalah Mgr. Julius Riyadi Darmaatmadja S.J., diangkat pada tahun 1994.

Daftar Kardinal pelindung[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

SEJARAH SINGKAT

Pembangunan gereja ini dipercayakan oleh Misionaris Claretian kepada arsitek Armando Brasini setelah pengalihan tanah dari Takhta Suci menuju tujuan ini diterima oleh Kapitel Jenderal mereka pada tahun 1922. Batu pondasi diletakkan pada bulan Juli 1924. Pada 21 Oktober 1934 ruang bawah tanah terbuka untuk disembah dan liturgi syukur untuk beatifikasi Santo Anthony Mary Claret dirayakan. Pada tanggal 9 Mei 1936 paroki baru yang didedikasikan untuk Hati Maria yang Tak Bernoda diresmikan. Pembukaan gereja secara resmi dilakukan di hadapan Kardinal Clemente Micara pada tanggal 7 Desember 1952. Pada tahun 1953 Kardinal Clemente Micara merayakan di gereja ini Konsekrasi Roma ke Hati Maria yang Tak Bernoda. Pada bulan Maret 1959 gereja tersebut dikuduskan sebagai Basilika Minor. Akhirnya, pada musim kemunculan tahun 1965 Basilika dinyatakan sebagai "Titolo Cardinalizio", tetap ada, gereja terbesar, setelah empat basilika besar di Roma. Siapa pun yang melihat rencana gereja tersebut dapat mengamati bahwa naves dalam bentuk salib dibatasi oleh lingkaran yang terbentuk seperti aureole. Ia tidak memiliki kubah besar yang dapat diperkirakan dalam proyek ini.

PORTION OUTER

Gereja ini terletak di sebuah pangkalan yang dikelilingi tangga dan memulai pendakiannya dengan tatanan Doric yang megah, yang kolomnya memiliki diameter 1,50 m. yang mencapai ketinggian hampir 12 m. Pada pedimen utama itu terbuka untuk sebuah pronao yang diatasi dengan bentuk ganda dari bentuk yang keras; irama tatanan arsitektural ini hanya dipatahkan oleh lambang Jemaat Misionaris Claretian dan dedikatif seperti yang biasa ditemukan di lengkungan kemenangan yang berbunyi di latin: KEPADA ALLAH DAN DALAM HONOR HATI SEGERA DIPERLUKAN VIRGIN MARY, QUEEN OF PEAY, 1952. Sebuah serambi besar, di mana tiga pintu monumental terletak memberi akses ke gereja, dan di atas ada yang menemukan lambang Sri Paus sekarang dan kongregasi Misionaris Claretian. Di pintu tengah ditemukan motto: AVE COR MARIAE ESTO SALUS MUNDI (Salam Hati Maria, jadilah keselamatan dunia). Ke kanan, ke atas, adalah prasasti tentang peresmian gereja.

DI DALAM BASILICA

Basilika memiliki panjang 94 m, lebar dengan 58 m. dan dihubungkan oleh sebuah jalan melingkar dimana empat kapel besar diagonal membuka diri mereka sendiri. Dekorasi dua dari mereka (Sakramen Suci dan Akhirat yang Abadi) diselesaikan oleh Brasini pada periode antara 1958 dan 1963. Lukisan-lukisan di nave adalah karya Elena Virginia Costantinescu: Madonna yang dilihat oleh penginjil Luke, Madonna dilihat oleh penginjil St. Yohanes, Maria Magdalena; dan karya R. Merussi: Kabar Gembira, Perjamuan Terakhir, Penguburan dan Kebangkitan Tuhan.

KORIDOR KIRI

Font Baptismal: Baptisan Kristus (1960-1962), karya Gregor Sciltian (1900-1985) yang memberi kesaksian sebagai ekspresi teladan dari realisme magisnya. Juga monokrom para malaikat cenderung membawa penonton secara bertahap menuju eksploitasi warna yang paling besar dalam Pembaptisan Yesus.

Kapel pertama: Tempat Tinggal Abadi, dihiasi oleh Brasini. Di sini orang menemukan Penguburan Tuhan (1959), karya F. M. Trombini.

Altar Hati Yesus, karya R. Merussi (1984).

Kapel kedua: Diawasi oleh lukisan Madonna Pompei. Altar di atas adalah karya sekolah Berninian. Di sudut kapel ada model 4 Penginjil yang dilakukan oleh Brasini, yang pada awalnya ditujukan untuk dipahat di atas batu dan diletakkan di puncak fasad Basilika. Di sebelah kiri adalah makam Kardinal Arturo Tabera, seorang misionaris Claretian, yang meninggal pada tahun 1975. Batu itu, di sebelah kanan, memuat tanggal pengudusan Roma dan dunia ke Hati Maria (1953). Di pintu masuk kapel ditemukan dua patung - di sebelah kanan oleh Brasini, di marmer, Silvio Canevari (1932), dan