Santuario della Madonna del Divino Amore

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Santuario della Madonna del Divino Amore
Tempat Suci Bunda Kami dari Kasih Ilahi
Tempat Suci Bunda Kami dari Kasih Ilahi
41°46′43″N 12°32′37″E / 41.77861°N 12.54361°E / 41.77861; 12.54361Koordinat: 41°46′43″N 12°32′37″E / 41.77861°N 12.54361°E / 41.77861; 12.54361
LokasiVia Ardeatina,
Roma
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webSitus web resmi
Arsitektur
StatusGereja paroki, tempat suci, salah satu dari Tujuh Gereja Peziarah Roma
Tipe arsitekturGereja
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Roma
Klerus
Jumlah ImamEnrico Feroci

Santuario della Madonna del Divino Amore, atau Tempat Suci Bunda Kami dari Kasih Ilahi, adalah sebuah gereja tempat suci Katolik yang terletak di pinggiran selatan Roma yang didedikasikan untuk Yang Terberkati Perawan Maria yang terdiri dari dua gereja: sebuah gereja tua yang dibangun pada tahun 1745 dan sebuah gereja baru yang ditambahkan ke tempat kudus pada tahun 1999. Gereja ini dimasukkan oleh Paus Yohanes Paulus II dalam ziarah Tujuh Gereja Peziarah Roma selama Tahun Suci 2000.

Bagian dalam gereja baru

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Santa María del Divino Amor

Pada tahun 1295, properti tersebut menjadi milik keluarga Savelli-Orsini, yang membangun kastil yang dikelilingi tembok pembatas dan dilindungi oleh enam atau delapan menara. Properti itu berpindah tangan beberapa kali dan pada awal abad kedelapan belas perkebunan itu telah hancur. Salah satu menara rumah jaga, yang dikenal sebagai Castel di Leva, dihiasi dengan fresco abad pertengahan, gambar nazar dari Madonna dan Anak. Lukisan itu, yang senimannya tidak diketahui, menggambarkan Perawan Maria duduk di Tahta dan menggendong bayi Yesus di pelukannya. Seekor merpati turun ke atasnya sebagai simbol Roh Kudus.[1] Para gembala setempat yang menggembalakan ternaknya di dekat situ selama musim dingin sering bertemu di sini untuk berdoa Rosario.[2] Pada tahun 1740, seorang peziarah diserang oleh anjing-anjing yang marah di dekat pos jaga dan, menurut tradisi, diselamatkan melalui perantaraan Santa Perawan Maria . Melihat gambar itu, pria itu memohon bantuan Bunda Allah. Segera, anjing-anjing itu menjadi tenang dan lari ke pedesaan. Tersebar kabar tentang kejadian ini, dan September berikutnya lukisan itu dipindahkan ke perkebunan terdekat yang disebut "La Falconiana", di mana sebuah gereja kecil yang didedikasikan untuk Perawan dengan judul Santa Maria ad Magos (St Mary of the Magi) berdiri.[3]

Pada Senin Paskah, 19 April 1745, lukisan itu dikembalikan ke gereja baru yang dibangun di dekat lokasi menara lama. Pada tanggal 31 Mei 1750, Kardinal Carlo Rezzonico (kemudian Paus Klemens XIII) menguduskan altar di gereja untuk Bunda Kami dari Kasih Ilahi.[4]

Gereja menjadi tempat ziarah. Dengan meningkatnya pengabdian dari masyarakat pedesaan, gereja dipercayakan kepada seorang wali pertapa, yang pertama adalah Pasquale Francesco. Setelah jatuhnya Negara Kepausan pada tahun 1870 dan penyitaan properti gereja, properti kembali jatuh ke dalam periode pengabaian dan pembusukan, meskipun pengabdian umat kepada Bunda Kami dari Kasih Ilahi terus berlanjut. Sancte Marie de Divino Amore (dalam bahasa Inggris: Saint Mary of Love Divine) adalah gelar kebaktian di Gereja Katolik untuk Maria, ibu Yesus. Gambar tersebut menerima penobatan kanonik pada 13 Mei 1883 dan sekarang dapat digunakan oleh umat beriman saat berbicara kepada Maria untuk doa syafaat di bawah judul ini. Pada bulan Desember 1932, sebuah paroki didirikan dan Don Umberto Terenzi mengangkat rektor dan pastor paroki pertama. Pada bulan Maret 1942 ia mendirikan Kongregasi Putri Bunda Cinta Ilahi.[2]

Selama Perang Dunia II, lukisan itu dipindahkan ke gereja St. Ignatius. Paus Pius XII dan banyak orang Romawi mengunjungi kuil untuk berdoa memohon perantaraan Bunda Suci agar kota itu selamat. Pada tanggal 11 Juni 1944 Pius XII berdoa di depan Patung Perawan, dikelilingi oleh banyak orang, dan menganugerahkan gelar "Salvatrice dell'Urbe".[2] Pada tahun 1962, para Imam Oblat didirikan, yang sejak saat itu melayani kuil. Ziarah meningkat, terutama dari Senin Putih hingga musim gugur. Tempat ziarah yang sekarang ada di situs ini masih baru, dan diresmikan oleh Paus Yohanes Paulus II pada tanggal 4 Juli 1999. Paus Yohanes Paulus II memasukkan tempat ziarah itu ke dalam Tujuh Gereja Peziarah Roma dan jadwal ziarah untuk Tahun Suci 2000,[5] mengganti San Sebastiano fuori le mura.

Di belakang kapel terdapat tangga yang mengarah ke menara gerbang tempat keajaiban terjadi pada tahun 1740.[4][6]

Paus Fransiskus mengunjungi tempat suci ini pada tanggal 1 Mei 2018 untuk berdoa rosario, menandai dimulainya bulan yang didedikasikan untuk Maria.[7]

Pada tanggal 11 Maret 2020, selama masa karantina Italia sebagai akibat dari novel pandemi virus corona, Paus Fransiskus berdoa di depan gambar Bunda Cinta Ilahi selama siaran video, mengatakan, "Kami percayakan diri kami kepada Anda, Kesehatan Orang Sakit, yang di kayu salib mengambil bagian dalam rasa sakit Yesus, menjaga iman Anda tetap teguh.... Anda, Penyelamat Orang Romawi, tahu apa yang kami butuhkan, dan kami yakin Anda akan menyediakannya bahwa, seperti di Kana di Galilea, kita dapat kembali bersukacita dan berpesta setelah masa pencobaan ini."[8]

Diakon kardinal[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 28 November 2020, dijadikan gereja tituler untuk dipegang oleh Kardinal diakon.[9]

Interior[sunting | sunting sumber]

Lukisan ajaib itu diabadikan di atas altar. Mosaik di apse modern, dan menunjukkan Kristus di tengah, dan keajaiban di sebelah kiri.

Di ruang bawah tanah adalah makam pasangan menikah Bl. Luigi (Aloysius) Beltrame Quattrocchi dan Bl. Maria Corsini Beltrame Quattrocchi. Dia meninggal pada tahun 1951, dan dia pada tahun 1965. Setelah kematian mereka, proses beatifikasi dimulai. Mereka dibeatifikasi pada 21 Oktober 2001 oleh Paus Yohanes Paulus II, dan ini adalah pertama kalinya sepasang suami istri dibeatifikasi bersama. relik dipindahkan ke sini tanggal 28 Oktober 2001. Pesta Bl. Luigi dan Maria Corsini Beltrame Quattrocchi dirayakan pada 25 November, hari pernikahan mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Situs resmi (2011). "Sejarah tempat perlindungan Bunda Cinta Ilahi". santuariodivinoamore.it. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-31. Diakses tanggal 3 April 2013. 
  2. ^ a b c Morra, Mario. "Bunda Cinta Ilahi", Santi e Beati
  3. ^ Santuario Madonna del Divino Amore (2007). "Parrocchia-Santuario Santa Maria del Divino Amore". Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Juni 2015. Diakses tanggal 21 September 2015. 
  4. ^ a b Santoro, Nicholas J . (2011). Maria Dalam Hidup Kita: Atlas Nama dan Gelar Maria, Bunda Yesus, dan Tempatnya dalam Devosi Maria. Bloomington: iUniverse. hlm. 46. ISBN 978-1-4620- 4021-6. Diakses tanggal 30 Desember 2015. 
  5. ^ Coen, Emanuele. "Memulai sebuah percorso pedonale dan ciclabile da san Paolo al Divino Amore. 15 chilometri di sentieri tra basiliche, parchi e catacombe". La Repubblica (dalam bahasa Italia). Diakses tanggal 30 April 2018. 
  6. ^ Zenit, ed. (28 Januari 2004). "El padre Terenzi, impulsor del Santuario del Divino Amor (Roma ), camino a los altares". Diakses tanggal 30 Desember 2015. 
  7. ^ "Paus Fransiskus: peziarah ke Kuil Bunda Cinta Ilahi". 
  8. ^ Esteves, Junno Arocho. -world-threatened-by-coronavirus-pandemic-to-mary/ "Paus mempercayakan dunia yang terancam oleh pandemi virus corona kepada Maria" Periksa nilai |url= (bantuan). cruxnow.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-13. 
  9. ^ diocese/d1m47.html "Santa Maria del Divino Amore a Castel di Leva (Gereja Tituler Kardinal) [Hierarki-Katolik]" Periksa nilai |url= (bantuan). www.catholic-hierarchy.org. 
  10. ^ "Enrico Cardinal Feroci [Catholic-Hierarchy]". www.catholic-hierarchy.org. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]