Gereja tituler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam Gereja Katolik, gereja tituler adalah gereja di Roma yang ditugaskan kepada anggota Imam yang diangkat menjadi kardinal. Ini adalah gereja-gereja Katolik di kota, dalam yurisdiksi Keuskupan Roma, yang berfungsi sebagai sebutan kehormatan yang melambangkan hubungan para kardinal dengan Paus, Uskup Roma.[1][2] Menurut Kitab Hukum Kanonik 1983, seorang kardinal dapat membantu gereja titulernya melalui nasihat atau melalui patronase, meskipun "dia tidak memiliki kekuasaan untuk mengaturnya , dan karena alasan apa pun dia tidak boleh ikut campur dalam urusan administrasi barang, atau disiplinnya, atau pelayanan gereja".[3]

Ada dua tingkatan gereja tituler: gelar dan diakon. Gelar (bahasa Latin: titulus) adalah gereja tituler yang diberikan kepada kardinal-imam (anggota ordo kedua dari Dewan Kardinal), sedangkan diakon (bahasa Latin: diaconia) biasanya ditugaskan ke kardinal diaken (anggota tingkat ketiga perguruan tinggi).[3] Jika seorang kardinal imam atau seorang kardinal diakon kemudian diangkat menjadi kardinal uskup (anggota ordo pertama perguruan tinggi), dia biasanya dipindahkan dari gereja titulernya ke gelar vacante dari keuskupan suburbikaris di sekitar Roma. Patriark dari Gereja-Gereja Katolik Timur yang diangkat menjadi kardinal uskup tidak diberi gelar keuskupan pinggiran kota.[3]

Seorang kardinal dapat meminta agar dia dipindahkan ke gereja tituler lain dalam konsistori; selain itu, ketika seorang kardinal diakon memilih untuk menjadi kardinal imam (biasanya setelah sepuluh tahun), dia dapat meminta agar diakonnya dinaikkan pro hac vice ('untuk kesempatan ini') menjadi gelar atau bahwa ia dipindahkan dari jabatan diakonnya ke jabatan yang kosong.[3] Gereja-gereja lain di Roma juga dapat didirikan sebagai gereja tituler baru. Kadang-kadang, sebuah gereja tituler dapat diadakan in commendam ('in trust') oleh seorang kardinal yang telah dipindahkan ke gereja tituler lain atau ke keuskupan pinggiran kota.[4]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum legalisasi Kekristenan di Roma tituli adalah bangunan pribadi yang digunakan sebagai gereja Kristen—disebut juga domus ecclesiae atau "gereja rumah"—dan masing-masing mengambil nama pemilik bangunan, baik donor kaya, atau pendeta yang ditunjuk oleh otoritas Gereja untuk menjalankannya.[5] Misalnya, Titulus Aemilianae, sekarang gereja Santi Quattro Coronati, mengambil namanya dari pendirinya, yang pasti memiliki vila Romawi di pinggiran kota yang luas yang fondasinya tetap berada di bawah gereja dan yang aula audiensinya menjadi basilika gerejawi. Referensi paling kuno mengenai gereja Roma semacam itu terdapat dalam Permintaan Maaf terhadap kaum Arian karya Athanasius[5] pada abad keempat, yang berbicara tentang sebuah dewan uskup yang berkumpul "di tempat tempat Pendeta Vitus mengadakan kongregasinya".[6]

Pada akhir abad ke-5 gereja-gereja tersebut berjumlah 25, sebagaimana ditegaskan oleh Liber Pontificalis. Angka yang sama, meskipun dengan identitas yang berbeda, disebutkan dalam laporan konsili yang diadakan di Roma pada tahun 499 dan 595. Namun pada tahun 1120, angka tersebut disebutkan sebagai 28.[5] Di zaman modern, lebih banyak lagi yang memiliki menerima status "tituli" atau gereja tituler, sementara gereja lainnya selama berabad-abad telah ditinggalkan. Beberapa di antaranya telah hancur akibat peristiwa alam, perang, atau pembangunan perkotaan.

Pada tahun 1059, hak untuk memilih Paus dilindungi undang-undang kepada para uskup dari tujuh tahta pinggiran kota, para imam yang bertanggung jawab atas gereja-gereja "tituli", dan para pendeta yang bertanggung jawab atas para diakon. Mereka ini secara kolektif dikenal sebagai kardinal. Mengingat pentingnya hak istimewa ini, istilah "kardinal" kemudian dipahami sebagai pemberian pangkat tinggi.

Oleh karena itu, ketika sudah menjadi kebiasaan untuk mengaitkan gelar kardinal karena alasan kehormatan kepada para pastor yang tinggal di luar Roma, masing-masing diberi tanggung jawab teoritis untuk satu atau beberapa gereja Roma,[7] sebuah fiksi hukum yang menetapkan posisi mereka dalam keuskupan Paus di Roma. Dipahami bahwa mereka tidak mempunyai kewajiban untuk tinggal di Roma, sehingga tidak bertanggung jawab secara pribadi atas pelayanan pastoral di gereja-gereja tituler yang ditugaskan kepada mereka. Praktek ini masih berlaku sampai sekarang.

Situasi sekarang[sunting | sunting sumber]

Saat ini, para kardinal imam memiliki hubungan patronal yang longgar dengan gereja tituler mereka, yang disebut sebagai pelindung utama mereka. Nama dan lambang mereka tertulis pada plakat di gereja-gereja, mereka diharapkan untuk berkhotbah di gereja sesekali ketika mereka berada di Roma, dan banyak yang mengumpulkan dana untuk pemeliharaan dan restorasi gereja mereka, namun mereka tidak lagi berpartisipasi dalam pengelolaan sebenarnya dari gereja tersebut. gereja-gereja. Terdapat (per 2015) 160 gereja tituler presbiteral.

Banyak kardinal yang ditugaskan pada tituli memiliki hubungan dengan tahta asal atau negara mereka, seperti gereja nasional di Roma. Misalnya, Jean-Claude Turcotte, mantan uskup agung Montreal, diangkat menjadi Kardinal Imam dari Santi Martiri Canadesi (Martir Suci Kanada); André Vingt-Trois, mantan Uskup Agung Paris, adalah kardinal imam San Luigi dei Francesi (St. Louis, Raja Prancis).

Kardinal diakon[sunting | sunting sumber]

Dalam pengertian yang lebih luas, istilah gereja tituler juga secara longgar diterapkan pada diakon diaconiae di Roma yang ditugaskan kepada para kardinal-diakon.

Awalnya, diakon adalah sebuah lembaga amal di Roma Katolik, yang pertama kali disebutkan sehubungan dengan Paus Benediktus II (684–685). Tampaknya pada periode awal terdapat tujuh diakon, masing-masing mewakili salah satu dari tujuh divisi kota. Sesuai dengan istilahnya, masing-masing dipercayakan kepada seorang diaken. Paus Adrianus I (772–795) menetapkan jumlah mereka menjadi 18, jumlah yang tetap konstan hingga abad ke-16.[5]

Sejak periode abad pertengahan, pria yang ditunjuk sebagai kardinal diakon sering kali memegang jabatan tinggi di Kuria Romawi. Namun, ada juga beberapa perkembangan baru-baru ini sejak ditetapkan bahwa para kardinal yang berusia di atas 80 tahun tidak akan berpartisipasi dalam konklaf yang memilih Paus baru. Meskipun ada aturan baru ini, Paus terus menunjuk sejumlah imam atau uskup yang telah mencapai usia 80 tahun sebagai kardinal. Seringkali orang-orang seperti itu ditugaskan ke dalam ordo kardinal diakon. Di antara kasus-kasus yang mungkin timbul adalah kasus-kasus yang terjadi pada seorang uskup atau uskup agung yang sangat dihormati namun tidak diangkat menjadi kardinal karena alasan tertentu (walaupun jarang diumumkan secara publik). Misalnya, penunjukan tersebut, yang diberikan ketika ia berusia di bawah 80 tahun, mungkin akan meningkatkan jumlah kardinal dari satu negara yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam konklaf berikutnya secara tidak proporsional, atau hal ini akan berisiko menciptakan harapan bahwa penerusnya di masa depan juga akan diangkat menjadi kardinal. Dalam kasus lain, sudah menjadi kebiasaan bagi Paus untuk menunjuk dari waktu ke waktu sebagai kardinal sejumlah kecil teolog terkemuka yang telah mencapai usia 80 tahun. Seringkali dalam kasus ini, pangkat yang diberikan adalah kardinal diakon. .

Ada juga praktik mengubah pangkat kardinal gereja dari diakon menjadi gelar imam atau sebaliknya, secara permanen atau, seperti kata pepatah, pro hac vice (untuk giliran ini). Misalnya, seseorang yang ditunjuk sebagai kardinal diakon menurut definisinya akan diberi gereja yang memiliki pangkat "diakon". Merupakan kebiasaan bagi seorang kardinal diakon, setelah sepuluh tahun, dapat mengajukan petisi untuk kenaikan pangkat menjadi kardinal imam. Hal ini biasanya dikabulkan. Dalam hal ini, ia mungkin ditugaskan ke gereja kardinal yang sama sekali berbeda yang memiliki pangkat "titulus". Namun, prosedur alternatif yang umum digunakan adalah menaikkan peringkat "pro hac vice" gereja di mana ia telah melekat pada "titulus".

Pada tahun 2015 terdapat 67 "diakon" yang ditugaskan atau ditugaskan ke salah satu kardinal.

Kardinal uskup[sunting | sunting sumber]

Uskup Kardinal awalnya adalah penerus para uskup residensial yang memerintah tujuh keuskupan di sekitar Roma yang dikenal sebagai keuskupan suburbikaris. Mereka mempunyai peran yang berbeda-beda dalam menjalankan keuskupan Roma, terkadang berfungsi serupa uskup auksilier masa kini. Kardinal uskup kini secara kehormatan dianugerahi gelar keuskupan pinggiran kota, dan dekan Dewan Kardinal juga mendapatkan gelar Ostia.

Patriark dari Gereja-Gereja Katolik Timur yang menjadi kardinal (secara individu, bukan berdasarkan hak jabatannya) merupakan pengecualian: tahta patriarki mereka sendiri dihitung sebagai gelar kardinal mereka.[8] Mereka termasuk dalam ordo kardinal uskup dan, dalam urutan prioritas, berada di hadapan kardinal imam dan segera setelah para kardinal yang menyandang gelar tujuh tahta pinggiran kota.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^  Cossio, Aluigi (1913). "Titulus". Dalam Herbermann, Charles. Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. 
  2. ^ Witte, Arnold (12-2019 -09). "Kardinal dan Gereja Titularnya". Pendamping Kardinal Modern Awal: 333 –350. doi:10.1163/9789004415447_023. 
  3. ^ a b c d /cardinali_documentazione_generale_en.html "Dokumen Umum Kolese Para Kardinal" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). Tahta Suci Kantor Pers. 17 Februari 2014. Para Kardinal Gereja Roma Suci. Diarsipkan dari versi asli tanggal Parameter |archive-url= membutuhkan |archive-date= (bantuan). Diakses tanggal 16 Februari 2018. 
  4. ^  Ott, Michael (1913). "Dalam Komentar". Dalam Herbermann, Charles. Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. 
  5. ^ a b c d Aluigi Cossio, "Titulus" dalam Catholic Encyclopedia 1912
  6. ^ Athanasius, Apologia contra Arianos, 20.
  7. ^ Richardson 2009 , hal.183–234.
  8. ^ Kitab Hukum Kanonik, kanon 350 §3