Gereja Santa Maria in Montesanto, Roma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santa Maria di Montesanto
bahasa Italia: Basilica di Santa Maria in Montesanto
41°54′36″N 12°28′37″E / 41.909911°N 12.476928°E / 41.909911; 12.476928Koordinat: 41°54′36″N 12°28′37″E / 41.909911°N 12.476928°E / 41.909911; 12.476928
LokasiPiazza del Popolo, Roma
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusGereja tituler, basilika minor
Status fungsionalAktif
Tipe arsitekturGereja
GayaBarok
Peletakan batu pertama1662
Selesai1679
Administrasi
ProvinsiKeuskupan Roma

Gereja Santa Maria di Montesanto (bahasa Italia: Basilica di Santa Maria in Montesanto) adalah sebuah gereja basilika minor Gereja tituler Katolik yang terletak di rione Campo Marzio, yang berdiri di Piazza del Popolo, antara Via del Corso dan Via del Babuino, di kota Roma, ibu kota Italia. Ia juga dikenal sebagai Gereja Para Seniman (Chiesa degli artisti). Gereja ini dikenal sebagai gereja kembar dari Santa Maria dei Miracoli, meskipun menunjukkan perbedaan yang signifikan terutama dalam bidang planimetri.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nama gereja ini diambil dari fakta bahwa gereja tersebut menggantikan gereja yang lebih kecil, milik Karmelit di Provinsi Monte Santo di Sisilia. Dibangun pada tahun 1662, atas prakarsa Paus Aleksander VII, oleh Kardinal Girolamo Gastaldi, yang kemudian dimakamkan di sana. Desain aslinya adalah karya Carlo Rainaldi.

Pekerjaan tersebut terhenti setelah kematian Paus pada tahun 1667, kemudian dilanjutkan kembali pada tahun 1673 di bawah pengawasan Gian Lorenzo Bernini dan kerjasama Carlo Fontana dan selesai pada tahun 1679, kecuali menara tempat lonceng bergantung yang ditambahkan pada abad ke-18.

Paus Aleksander VII memberikan dekrit kepausan Penobatan Kanonik terhadap Patung Maria. Penobatan berlangsung pada tanggal 3 Desember 1659

Pada bulan Juli 1825 Paus Leo XII mengangkat gereja ke martabat basilika minor.[1]

Di gereja ini, pada tanggal 10 Agustus 1904, Angelo Roncalli, calon Paus Yohanes XXIII, ditahbiskan menjadi imam; Peristiwa itu dikenang dengan sebuah plakat yang ditempel pada masa kepausannya.

Sejak tahun 1953 gereja telah menjadi tempat kedudukan "Misa para seniman", sebuah inisiatif tunggal yang digagas pada tahun 1941 oleh presbiter dan sejarawan seni Ennio Francia; setelah berpindah beberapa tempat ibadah, acara liturgi berlangsung di gereja di Piazza del Popolo, dimana setiap hari Minggu, selama lebih dari enam puluh tahun, perayaan Ekaristi ini dirayakan bersama perwakilan dunia budaya dan seni. Di gereja inilah pemakaman orang-orang yang terkait dengan dunia budaya dan televisi sering dirayakan. Karena alasan ini, gereja ini juga dikenal sebagai "Gereja para seniman".

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Kubah gereja ini

Patung orang suci di bagian luar dikaitkan dengan desain Bernini.

Interiornya memiliki denah elips, sedangkan Santa Maria dei Miracoli yang disebut "kembarannya" memiliki denah melingkar. Ini memiliki enam kapel samping (di gereja "kembar" ada empat). Cungkupnya berbentuk dodekagonal.

Kapel pertama di sebelah kiri adalah Cappella di Santa Lucia ("Saint Lucy"). Kapel kedua, didedikasikan untuk St. Maria Magdalena de' Pazzi, dirancang oleh Carlo Rainaldi untuk menghormati biarawati Karmelit yang dikanonisasi oleh Paus Klemens XI pada tahun 1669. Langit-langit dan altar Keajaiban Santo (ca. 1685) dilukis oleh Ludovico Gimignani.

Kapel ketiga adalah Cappella Montioni. Keluarga Montioni menugaskan desain tersebut kepada Tommaso Mattei, murid Carlo Fontana. Altar Madonna dengan Anak dan Santo Fransiskus dan Yakub (ca. 1687) diselesaikan oleh Carlo Maratta. Lukisan dinding Assumption dilukis oleh Giuseppe Chiari. Di atas altar terdapat patung modern Malaikat untuk para seniman karya Guelfo (1937–1997).

Presbiteri ini dilapisi dengan malaikat oleh Filippo Carcani dan menampung altar ajaib Perawan Montesanto abad ke-15, yang menurut tradisi, dilukis oleh seorang gadis berusia 11 tahun. Sakristi memiliki kubah lukisan dinding dengan malaikat dan instrumen gairah, altar Deposisi (ca. 1600) dikaitkan dengan Biagio Puccini.[2]

Di bawah dua gereja kembar tersebut terdapat sisa-sisa dua monumen pemakaman berbentuk piramida, yang bentuk dan ukurannya sangat mirip dengan Piramida Cestius dan Piramida Romulus yang telah dibongkar; seperti yang ini, kedua makam tersebut mungkin berasal dari zaman Augustan dan berfungsi sebagai pintu masuk monumental ke Kampus Martius, fungsi yang persis sama dengan kedua gereja saat ini.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]