Estrid dari Obotrite

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Estrid dari Obotrite
Chess queen of walrus tusk 13th century.jpg
Sebuah gambaran Swedia buah catur yang terukir dari tulang di masa Ratu Estrith
Permaisuri Swedia
Tenure1000–1022
Lahir979
Wafat1035 (berusia 55–56)
Ayahseorg Kepala suku Polabia Obotrite
PasanganOlof Skötkonung
AnakAnund Jakob
Ingegerd Olofsdotter

Estrid (atau Astrid) dari Obotrite (skt. 979 – 1035) merupakan seorang ratu Viking Swedia dan putri Slavia Barat. Ia menikah dengan Olof Skötkonung, Raja Swedia, skt. 1000–1022, ibunda Raja Anund Jakob dari Swedia dan santa Rus Kiev dan putri agung Ingegerd Olofsdotter.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Legenda mengatakan bahwa Estrid dibawa kembali ke Swedia dari sebuah perang di daerah Slavia Barat, Mecklenburg sebagai hadiah perang. Dia kemungkinan besar diberikan oleh ayahandanya, seorang kepala suku Polabia Obotrite, sebagai korban perdamaian dalam sebuah pernikahan untuk menyegel kedamaian, dan dia dianggap telah membawa serta mahar yang besar, karena pengaruh Slavia yang diwakili dalam Swedia dari masanya, terutama kalangan pengrajin.

Suaminya juga memiliki seorang gundik, Edla, yang berasal dari daerah yang sama di Eropa seperti dirinya sendiri, dan mungkin juga dibawa ke Swedia pada saat bersamaan. Raja memperlakukan Edla dan Estrid dengan cara yang sama dan memberi putranya dan kedua putrinya dengan Edla hak istimewa yang sama seperti anak-anak yang dimilikinya bersama Estrid, meskipun Estrid menikah dan menjadi ratu.

Ratu Estrid dibaptis dengan suaminya, anak-anak mereka dan sejumlah besar istana kerajaan Swedia pada tahun 1008, ketika keluarga kerajaan Swedia beralih ke agama Kristen, walaupun raja berjanji untuk menghormati kebebasan beragama - Swedia tidak menjadi Kristen sampai akhir perang agama antara Inge Stenkilsson dan Blot-Sven dari tahun 1084-1088.

Snorri Sturluson menulis tentang dia, bahwa Estrid tidak baik terhadap anak-anak (Emund, Astrid dan Holmfrid) dari gundik suaminya Edla; "Ratu Estrid sombong dan tidak baik terhadap anak tirinya, dan oleh karena itu raja mengirim putranya Emund ke Vendland, tempat dia dibesarkan oleh sanak saudaranya".

Tidak banyak yang diketahui dari Estrid sebagai pribadi. Snorri Sturluson menyebutkan dia sebagai pecinta kemegahan dan kemewahan, dan sangat ketat terhadap pelayannya.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

  • Ingegerd Olofsdotter (skt. 1001-1054), Putri Agung Kiev, di Rus Kiev disebut Anna, menikah dengan [[Yaroslav Vladimirovich|Yaroslav I yang Bijaksana, pangeran Novgorod dan Kiev.
  • Anund Jakob (skt. 1010-1050), raja Swedia, menggantikan Olof sebagai raja pada sekitar tahun 1022.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Åke Ohlmarks: "Alla Sveriges drottningar" (All the queens of Sweden) (In Swedish)
  • Snorri Sturluson

Suksesi[sunting | sunting sumber]

Estrid
Lahir: 979 Wafat: 1035
Swedia
Didahului oleh:
Aud Håkansdotter
Permaisuri Swedia
1000–1022
Diteruskan oleh:
Gunnhildr Sveinsdóttir