Ingegerd Olofsdotter dari Swedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ingegerd Olofsdotter dari Swedia
Putri Agung Rus Kiev
Memerintah 1019–1050
Lahir 1001
Swedia
Meninggal 10 Februari 1050
Pasangan Yaroslav I dari Kiev
Ayah Olof Skötkonung dari Swedia
Ibu Estrid Obotrite

Putri Ingegerd Olofsdotter juga dikenal sebagai Irene, Anna dan Santa Anna (1001 – 10 Februari 1050), merupakan seorang Putri Swedia dan Kiev. Ia merupakan putri Raja Swedia Olof Skötkonung dan Estrid Obotrite dan istri Yaroslav I dari Kiev.

Ingegerd atau Santa Anna sering dianggap sebagai ibunda Santo Vladimir “sang Pencerah” Rus. Hal ini terutama karena Ingegerd dan Yaroslav memiliki seorang putra yang bernama Vladimir. Namun, Santo Vladimir sesungguhnya adalah ayahanda suami Ingegerd, Yaroslav I, oleh karena itu menjadikannya menantu Santo Vladimir. Santo Vladimir sesungguhnya adalah putra Sviatoslav dan Malusha.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Fresco pada abad ke-11 Katedral Santa Sophia di Kiev yang menunjukkan putri-putri Ingegerd dan Yaroslav I, dengan Anna mungkin sebagai anak bungsu. Putri-putri lainnya adalah Anastasia istri András I dari Hongaria, istri Elizabeth Harald III dari Norwegia, dan Agatha istri Edward Ætheling.

Ingegerd dilahirkan di Sigtuna, Swedia. Ia dijodohkan dengan Raja Norwegia Olav II, namun ketika Swedia dan Norwegia berselisih, Raja Swedia, Olof Skötkonung tidak lagi mengizinkan pernikahan itu terjadi.

Sebaliknya, ayahanda Ingegerd segera mengatur sebuah pernikahan dengan Yaroslav I dari Novgorod yang berkuasa. Pernikahan tersebut dilangsungkan pada tahun 1019. Setibanya di Kiev, namanya diubah menjadi nama Yunani Irene. Menurut beberapa Saga, ia diberikan hadiah pernikahan Ladoga dan wilayah-wilayah disekitarnya, yang kemudian menerima nama Ingria, dapat dikatakan suatu korupsi dari nama Ingegerd. Ia menempatkan sahabatnya, jarl Ragnvald Ulfsson, untuk memerintah atas namanya.

Ingegerd mulai membangun Katedral Santa Sofia di Kiev yang diawasi oleh suaminya, yang menyebut dirinya sendiri Tsar. Ia juga mulai membangun Katedral Santa Sofia di Novgorod. Mereka memiliki enam orang putra dan empat orang putri, yang kemudian menjadi Ratu-ratu Perancis, Hongaria, Norwegia, dan (diragukan) Inggris. Seluruh keluarga digambarkan di dalam satu Fresko di Santa Sofia.

Kematian & Pemakaman[sunting | sunting sumber]

Ingegerd meninggal pada tanggal 10 Februari 1050. Setelah kematiannya, Ingegerd dimakamkan di Katedral Santa Sofia.

Dijadikan Santa[sunting | sunting sumber]

Ingegerd kemudian dibeatifikasikan sebagai Santa dengan nama Santa Anna, di Novgorod dan Kiev. Alasannya adalah bahwa ia memulai pembangunan Katedral Santa Sofia di Kiev juga menurut versi lokal, Katedral Santa Sofia di Novgorod, bersama dengan perbuatan baik lainnya.

Hari perayaannya jatuh pada tanggal: 10 Februari, 4 Oktober.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Ingegerd memiliki keturunan sebagai berikut

Referensi[sunting | sunting sumber]

Suksesi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Anna Porphyrogenita ?
Pangeran Agung Kiev
1019–1050
Diteruskan oleh:
Gertruda