Inge Stenkilsson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Inge Tua
Ingold the Elder of Sweden family grave 2009 Vreta Linköping.jpg
Monumen di atas makam keluarga Inge (dengan batu abad ke-16 untuk putranya Reginald) di Biara Vreta
Wafatskt. 1105-1110
Pemakaman
Hånger kemudian pindah ke Biara Varnhem
WangsaStenkil
AyahStenkil
IbuIngamoder
PasanganHelena
AnakKristina, Adipati Agung Kiev
Ragnvald Ingesson
Margareta, Ratu Norwegia dan Denmark
Katarina Ingesdotter

Inge Tua (Bahasa Swedia: Inge Stenkilsson; Norse Kuno: Ingi Steinkelsson) († skt. 1105-1110) merupakan seorang Raja Swedia.[1] Dalam literatur Inggris ia juga pernah disebut Ingold.[2] Sementara sumber tidak memungkinkan kita melukis gambaran penuh tentang masa jabatannya, dia diketahui telah memimpin sebuah turbulen namun pada akhirnya berhasil memerintah lebih dari dua dekade. Dia berdiri sebagai seorang Kristen yang setia yang mendirikan biara pertama di Swedia dan bersikap kasar terhadap praktik-praktik kafir. Kerajaan masih merupakan wilayah yang tidak stabil berdasarkan aliansi bangsawan, dan basis kekuatan utama Inge ada di Västergötland dan Östergötland; salah satu kronik paling awal yang menyebutkan bahwa pemerintahannya mengenalnya sebagai rex gautorum, Raja Geats.[3]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Inge adalah putra dari mantan Raja Stenkil dan seorang putri Swedia. Inge berbagi pemerintahan kerajaan yang diduga dengan kakandanya Halsten Stenkilsson,[4] tapi sedikit yang diketahui dengan pasti akan pemerintahan Inge. Menurut penulis sejarah kontemporer Adam dari Bremen dan penulis skolioninya, mantan raja Stenkil telah meninggal dan dua raja bernama Erik telah memerintah dan terbunuh. Kemudian Anund Gårdske dipanggil dari Rus Kiev, namun ditolak karena penolakannya untuk mengelola blóts di Kuil di Uppsala. Sebuah hipotesis menunjukkan bahwa Anund dan Inge adalah orang yang sama, karena beberapa sumber menyebutkan Inge sebagai seorang Kristen yang sungguh-sungguh. Semua yang dapat dikatakan adalah bahwa Håkan Röde bertakhta pada sekitar tahun 1075 (ketika Adam menyimpulkan kroniknya) dan bahwa Inge bertahta di bawah keadaan yang tidak diketahui beberapa saat sebelum tahun 1080.[5]

Dalam sebuah surat kepada Inge dari Paus Gregorius VII, dari tahun 1080, ia disebut "raja Swedia", namun dalam sepucuk surat nanti mungkin berasal dari tahun 1081, kepada Inge dan seorang raja lain "A" (baik saudaranya Halsten atau Håkan Röde[6]), mereka disebut raja-raja dari Geats Barat.[7] Apakah perbedaan ini mencerminkan perubahan di wilayah ini tidak pasti karena kedua surat tersebut menyangkut penyebaran agama Kristen di Swedia dan membayar persepuluhan kepada Paus.

Pemberontakan Blot-Svend dan pengusiran Inge[sunting | sunting sumber]

Mungkin pada awal tahun 1080-an,[8] Inge dipaksa turun takhta oleh Swedia karena tidak hormatnya akan tradisi lama dan penolakannya untuk mengelola kebiasaan penyembahan berhala blót. Raja Blot-Sven (Sven sang Korban) dipilih sebagai raja.

Namun, Inge kembali setelah tiga musim dingin untuk membunuh Blot-Sven dan merebut kembali takhta.

Di Västergötland, Inge hidup, menurut tradisi kemudian, di Bjurum dekat Falkoping hari ini.[9] Skald Islandia bernama Markús Skeggjason adalah salah satu penyair istana, menurut Skáldatal. Markús kemudian menjadi penasehat hukum Islandia dari tahun 1084. Telah disarankan bahwa rincian tentang Inge dan Blot-Sven dalam literatur Norse berasal darinya. Dalam hal ini pemerintahan singkat Blot-Sven akan jatuh pada tahun-tahun awal 1080-an.

Menurut Hukum Westrogothic, Inge memerintah Swedia dengan kejam dan dia tidak pernah melanggar undang-undang yang telah diterima di distrik-distrik.

Tahun-tahun kemudian[sunting | sunting sumber]

Patung modern yang menggambarkan pertemuan tiga raja pada tahun 1101 di Kungahälla

Pada sekitar tahun 1100, Inge dan Ratu Helena mendirikan Biara Vreta dekat Linköping hari ini di Östergötland.[10] Biara tersebut merupakan biara pertama Swedia dan merupakan salah satu yang tertua di Skandinavia. Biara itu milik Ordo Benediktin dan didirikan atas perintah Paus Paskalis II. Sebagai langkah dalam persiapan sebuah uskup agung Nordik di Lund, Denmark, daftar Swedia melihat dan provinsi disusun pada sekitar tahun 1100 yang memberi gambaran tentang dunia Inge. Tahta (Nomina ciuitatum di suethia) diberikan sebagai Scara, Lionga, Kaupinga, Tuna, Strigin, Sigituna, dan Arosa. Dari jumlah tersebut, Scara dan Sigituna mudah diidentifikasi sebagai Skara dan Sigtuna; ini juga disebut oleh Adam dari Bremen sebagai kursi para uskup. Lionga dan Strigin mungkin Linköping dan Strangnas, sementara yang lain sulit diidentifikasi. Ini mungkin tempat dengan populasi Kristen yang besar, bukan unit administratif yang stabil. Sementara itu, provinsi atau "pulau-pulau" (Nomina insularum, de regno sueuorum) Gothica australis (Östergötland), Gothica occidentalis (Västergötland), Guasmannia (Västmanland), Sundermannia (Södermanland), Nerh (Närke), Tindia (Tiundaland), Fedundria (Fjädrundaland), Atanht (Attundaland), Guthlandia (Gotland), Guarandia (Värend), Findia (Finlandia atau Finnveden), Hestia (Estonia), Helsingia (Helsingland), Guarmelande (Värmland), dan Teuste (Tjust).[11] Dimasukkannya Estonia, dan mungkin Finlandia, dapat menunjuk pada pengaruh atau ambisi misionaris, dan bukannya menunjukkan bahwa daerah-daerah ini termasuk dalam kerajaan Inge. Namun, diketahui bahwa Inge menikahi salah satu putrinya dengan Pangeran Novgorod, menunjuk pada kebijakan dinasti aktif di arah timur.[12]

Sekitar waktu ini Inge dan raja Norwegia Magnus Olavsson sedang berperang, karena Magnus mendambakan provinsi Dalsland. Sebuah benteng Norwegia dibangun di Kållandsö di Danau Vänern. Namun, Inge menggiring tentara yang kuat di atas es di musim dingin, dan memaksa garnisun untuk menyerah. Beberapa waktu kemudian Magnus menyerang Swedia barat dengan pasukan baru, namun diserang oleh Inge di Fuxarne. Para Geats mengendarai tentara Norwegia dari lapangan dan Magnus hampir tidak dapat melarikan diri dengan hidupnya.[13] Namun, pada tahun 1101 perang berakhir dengan sebuah kesepakatan damai yang disepakati di Kungahälla bersama dengan raja Erik Ejegod dari Denmark. Erik telah menghabiskan waktu di pengasingan di Swedia sebelum penobatannya, dan karena itu mungkin memiliki hubungan baik dengan Wangsa Stenkil.[14] Pada pertemuan ini Inge memberi putrinya Margareta sebagai istri raja Magnus, bersama Dalsland sebagai mahar.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Lukisan oleh Erik Dahlberg batu nisan di cenotaph Raja Inge di Biara Varnhem

Saga Hervarar mengatakan bahwa Inge meninggal karena usia tua dan bahwa dia memerintah sampai kematiannya. Tanggal pasti kematiannya tidak diketahui, namun penerusnya Philip († 1118) dikatakan telah memerintah "secara singkat". Sejak provinsi Jämtland jatuh ke tangan raja Norwegia pada tahun 1111, ini mungkin berarti bahwa Inge telah meninggal pada saat itu, dan bahwa penerusnya yang lemah tidak dapat mempertahankan wilayahnya. Dia mungkin telah meninggal pada sekitar tahun 1110.[15] Menurut tradisi lokal selanjutnya, Inge awalnya dimakamkan di sebuah gereja kecil di Bjurum, tapi jenazahnya kemudian dipindahkan ke lokasi lain. Ada juga batu nisan untuknya di halaman gereja di Hånger dan cenotaph khusus di antara kapel kerajaan lainnya di Biara Varnhem.[16] Makam Inge sebenarnya kemungkinan besar merupakan seperangkat jenazah yang ditemukan di Biara Vreta di bagian gereja biara yang didirikan oleh putra Inge, Ragnvald.[17] Semua kerangka yang mungkin berasal dari Inge sangat tinggi, sekitar dua meter panjangnya, menunjukkan bahwa deskripsi Snorri akurat.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Raja Inge menikah dengan Helena. Bersama dengan Helena, Inge mendirikan Biara Vreta. Putra Inge, Ragnvald, meninggal sebelum ia dapat menggantikan ayahandanya di atas takhta. Inge digantikan oleh dua keponakannya, Filip Halstensson dan Inge Muda, yang adalah keturunan kakandanya, Halsten Stenkilsson.

Raja Inge dan Helena memiliki empat orang anak:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Hervarar saga ok Heiðreks

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dick Harrison, "Inge den äldre", Nationalencyklopedin, http://www.ne.se/uppslagsverk/encyklopedi/l%C3%A5ng/inge
  2. ^ Gary Dean Peterson Warrior Kings of Sweden: The Rise of an Empire in the Sixteenth and Seventeenth Centuries ISBN 978-0-7864-2873-1 p. 8
  3. ^ Peter Sawyer, När Sverige blev Sverige.
  4. ^ The article Inge in Nordisk familjebok (1910).
  5. ^ The Westrogothic law gives Håkan a reign of 13 winters (Mats G. Larsson, Götarnas riken.
  6. ^ Inge in Nationalencyklopedin
  7. ^ The article Inge d.ä. in Nationalencyklopedin.
  8. ^ The years of the brief reign of Blot-Sweyn are sometimes given as 1084-1087 or, alternatively, 1080/81-1083/84 (Detlef Schwennicke, Europäische Stammtafeln, Marburg 1978-85, Bd. II).
  9. ^ "Hångers kyrkoruin", http://wadbring.com/historia/undersidor/hanger.htm
  10. ^ Nils Ahnlund, "Vreta klosters äldsta donatorer", Historisk tidskrift 65, 1945, p. 318-26.
  11. ^ Tore Nyberg, "Adam av Bremen och Florenslistan", Scandia 57:2, 1991, pp. 166-79.
  12. ^ Dick Harrison, "Inge den äldre", Nationalencyklopedin
  13. ^ Magnus Barefoot's Saga [1]; Saxo Grammaticus, Danmarks krønike, Book XIII, http://heimskringla.no/wiki/Niels
  14. ^ Saxo Grammaticus, Danmarks krønike, Book XII, http://heimskringla.no/wiki/Olaf_Hunger
  15. ^ Nils Ahnlund, "Vreta klosters äldsta donatorer", Historisk tidskrift 65, 1945, p. 316. 15th-century Swedish historical tradition has it that Inge waged war successfully with Denmark, occupied Skåne for three years, and was then murdered in his bed by unspecified assailants.
  16. ^ Lagerqvist in Sverige och dess regenter under 1000 år ISBN 91-0-075007-7 p 44
  17. ^ Göran Tagesson (2007).
  18. ^ Sven Tunberg (1954). "Ragnvald Knapphövde, ett bidrag till diskussionen om Sveriges medeltida konungalängd". Svensk tidskrift. Upsala: Almqvist & Wiksells: 35–40. 

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Lagerqvist, Lars O. Sverige och dess regenter di bawah 1.000 år(Stockholm: Albert Bonniers Förlag AB., 1982)
  • Soloviev, Sergei Sejarah Rusia dari yang Paling Kuno (1959-1966)
  • William, Kepala Ebelholt, "Genealogia regum Danorum" (1195), di Navigasi minores historiae Danicae medii aevi (Copenhagen: Gad, 1917-18).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Inge Tua
Wafat: skt. 1105/10
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Håkan Röde
Raja Swedia
skt. 1079–skt. 1084
bersama dengan Halsten Stenkilsson
Diteruskan oleh:
Blot-Sven
Diteruskan oleh:
Dirinya sendiri
Didahului oleh:
Dirinya sendiri
King of Gothenland
skt. 1084–skt. 1087
Diteruskan oleh:
Dirinya sendiri
Didahului oleh:
Blot-Sven
Raja Swedia
skt. 1087–skt. 1105/10
Diteruskan oleh:
Filip
Didahului oleh:
Dirinya sendiri