Slavia Polabia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Map Eropa Tengah dari tahun 919 sampai 1125, oleh William R. Shepherd. Wilayah Slavia Polabia digambarkan dengan warna ungu di dekat atas, dengan kelompok Obotrite dan Wilzen berwarna putih dan kelompok Sorbia berwarna ungu.

Slavia Polabian (Sorbia Hilir: Połobske Słowjany, bahasa Polandia: Słowianie połabscy, bahasa Ceko: Polabští Slované) adalah istilah kolektif yang diterapkan pada sejumlah suku Lechite yang tinggal di sepanjang sungai Elbe di lokasi yang sekarang Negara baru Jerman. Perkiraan wilayah yang membentang dari Laut Baltik di utara, Saale[1] dan Limes Saxoniae[2] di barat, Pegunungan Ore dan Sudeten Barat di selatan, dan Polandia di timur. Mereka juga dikenal sebagai Slavia Elbe[3] (bahasa Jerman: Elbslawen) atau Wend. Nama mereka berasal dari po Slavia, yang berarti "menurut/di samping/bersama", dan nama Salvia untuk Elbe (Labe di dalam bahasa Ceska dan Łaba di dalam bahasa Polandia).

Slavia Polabia mulai menetap di wilayah Jerman modern pada abad ke-6. Mereka sebagian besar ditaklukkan oleh Bangsa Sachsen dan Bangsa Denmark sejak abad ke-9 dan kemudian dimasukkan ke dalam Kekaisaran Romawi Suci. Suku-suku tersebut berangsur-angsur dijermanisasikan dan berasimilasi di abad-abad berikutnya; Sorbia adalah satu-satunya keturunan Slavia Polabia yang memiliki identitas dan budaya mereka.

Bahasa Polabia sekarang punah, tetapi kedua Bahasa Sorbia diucapkan oleh sekitar 60,000 penduduk di wilayah ini dan bahasa-bahasa tersebut dianggap oleh pemerintah Jerman sebagai bahasa resmi wilayah tersebut.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ De Vere, 353
  2. ^ Christiansen, 18
  3. ^ Goldberg, 134

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Barkowski, Robert F. (2015). Słowianie połabscy. Dzieje zagłady (dalam bahasa Polski). Warszawa: Bellona. ISBN 978-83-11-13741-7. 
  • Christiansen, Erik (1997). The Northern Crusades. London: Penguin Books. hlm. 287. ISBN 0-14-026653-4. 
  • Goldberg, Eric Joseph (2006). Struggle for Empire: Kingship and Conflict Under Louis the German, 817-876. Ithaca and London: Cornell University Press. ISBN 0-8014-3890-X. 
  • Herrmann, Joachim (1970). Die Slawen in Deutschland (dalam bahasa Jerman). Berlin: Akademie-Verlag GmbH. 
  • De Vere, Maximilian Schele (1853). Outlines of comparative philology, with a sketch of the languages of Europe. New York: University of Virginia. 
  • Zeuß, Kaspar (1837). Die Deutschen und die Nachbarstämme (dalam bahasa Jerman). Munich: Ignaz Joseph Lentner. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]