Decretum laudis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Decretum laudis (Indonesia: dekrit pujian) adalah dokumen resmi yang diberikan oleh Takhta Suci kepada tarekat hidup bakti dan serikat hidup kerasulan mengenai pengakuan atas hak kepausan institusi gerejawi. Apabila dekret pujian dikeluarkan dalam bentuk ringkasan apostolik, maka hal ini disebut sebagai 'pujian singkat'.

Hukum Kanonik[sunting | sunting sumber]

Untuk membentuk komunitas religius baru, pertama-tama perlu mendapat izin dari departemen yang bersangkutan di Kuria Roma Gereja Katolik (Kongregasi Lembaga Hidup Bakti dan Serikat Hidup Kerasulan, Kongregasi Evangelisasi Bangsa-Bangsa, atau Kongregasi Gereja-Gereja Oriental, tergantung pada tujuan lembaga dan cakupan kegiatannya) dan juga persetujuan dari Ordinaris dari keuskupan asal, biasanya uskup (atau uskup agung). Apabila diperoleh, kongregasi tersebut kemudian disebut “hak keuskupan”.

Ketika kongregasi semakin penting dan ketika kedewasaan rohani dan apostoliknya sudah terpenuhi, maka kongregasi tersebut dapat disetujui secara resmi oleh Paus dengan decretum laudis, yang mengubahnya menjadi sebuah kongregasi hak kepausan, tunduk pada otoritas langsung dan eksklusif Takhta Suci.

Umumnya diikuti dengan persetujuan sementara dan persetujuan akhir.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Decretum laudis biasanya berisi rangkuman sejarah asal muasal kongregasi, penjelasan singkat tentang tujuan dan konstitusi kongregasi, referensi dan surat dari para uskup, serta pemeriksaan yang dilakukan oleh kongregasi. Kongregasi yang sesuai dari institut. Laporan ini diakhiri dengan persetujuan dan rekomendasi, amplissimis verbis (bahasa Latin, “dalam istilah yang paling kuat”), dari lembaga yang bersangkutan.

Praktik penggunaan decretum ladis oleh Paus untuk memberikan pengakuan hak kepausan kepada kongregasi mulai dikonsolidasikan pada tahun-tahun antara abad ke-18 dan ke-19, meskipun pada awalnya dekrit-dekrit tersebut diikuti dengan tindakan formal di bentuk Bulla kepausan dan ringkasan kepausan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • (it) J. Torres, “Documenti pontifici di approvazione” [Papal Documents of Approval]; In: Dizionario degli istituti di perfezione [Dictionary of the Institutes of Perfection], vol. III, (Milan: San Paolo Edizioni [St. Paul Editions], 1977) ISBN 88-215-2196-6, pp. 751–777.