Daftar perwakilan Hungaria untuk Film Internasional Terbaik pada Academy Award

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hungaria telah mewakilkan film-film untuk Film Berbahasa Asing Terbaik (Oscar) setiap tahun sejak 1965. Hanya Prancis yang lebih lama memasuki kompetisi Oscar Luar Negeri.

Penghargaan Film Berbahasa Asing Terbaik setiap tahun ditangani oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences dari Amerika Serikat untuk sebuah film berjangka fitur yang dibuat di luar Amerika Serikat yang utamanya berisi dialog non-Inggris.[1] Perwakilan Hungaria dipilih setiap tahun oleh sebuah Komite Seleksi yang terdiri dari para pakar film.[2]

Film-film Hungaria dinominasikan untuk penghargaan Oscar sebanyak sembilan kali, dan Mephisto karya István Szabó memenangkan sebuah Oscar. Film-film Hungaria dinominasikan enam kali dalam sebelas tahun antara 1978 dan 1988. Kemenangan berikutnya datang pada tahun 2015 dengan film Son of Saul.[3]

Tujuh film István Szabó terpilih untuk mewakili Hungaria antara 1967 dan 1992, melebihi sutradara Hungaria lainnya. Empat film buatannya dinominasikan untuk Oscar, termasuk satu kemenangan. Film-film Zoltán Fábri terpilih empat kali antara 1965 dan 1978, dan dinominasikan dua kali.

Perwakilan[sunting | sunting sumber]

Setiap tahun, masing-masing negara diundang oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences untuk mewakili film terbaiknya pada Penghargaan Akademi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik. Komite Penghargaan Film Berbahasa Asing melihat proses dan ikhtisar seluruh film yang diwakilkan. Setelah itu, suara mereka melalui pemungutan suara rahasia menentukan lima nominasi untuk penghargaan tersebut.[1] Di bawah ini adalah daftar film yang diwakilkan oleh Hungaria untuk dilihat kembali oleh Akademi untuk penghargaan tersebut.

Hampir setiap film utamanya berbahasa Magyar (juga dikenal sebagai bahasa Hongarua), meskipun tiga film Istvan Szabo- Colonel Redl, Hanussen dan Mephisto- yang semuanya dibintangi oleh aktor Austria Klaus Maria Brandauer, kebanyakan berbahasa Jerman.

Tahun
(Acara)
Judul Inggris Judul Hungaria Sutradara Hasil
1965
(ke-38)
Twenty Hours Húsz óra Zoltán Fábri Tidak Masuk Nominasi
1966
(ke-39)
The Round-Up Szegénylegények Miklós Jancsó Tidak Masuk Nominasi
1967
(ke-40)
Father Apa István Szabó Tidak Masuk Nominasi
1968
(ke-41)
The Boys of Paul Street A Pál utcai fiúk Zoltán Fábri Masuk Nominasi
1969
(ke-42)
The Upthrown Stone Feldobott kő Sándor Sára Tidak Masuk Nominasi
1970
(ke-43)
Lovefilm Szerelmesfilm István Szabó Tidak Masuk Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Rule Thirteen: Special Rules for the Foreign Language Film Award". Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 August 2013. Diakses tanggal 2013-08-26. 
  2. ^ http://cineuropa.org/newsdetail.aspx?documentID=109135
  3. ^ "Oscars: Hungary Wins Its First Foreign-Language Honor Since Fall of Communism". The Hollywood Reporter. 29 February 2016. Diakses tanggal 29 February 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]