Academy Awards ke-49

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Academy Awards ke-49
49th Academy Awards.jpg
Tanggal Senin, 28 Maret 1977
Tempat Dorothy Chandler Pavilion, Los Angeles
Pembawa acara Richard Pryor, Jane Fonda, Ellen Burstyn, Warren Beatty
Produser William Friedkin
Pengarah acara Marty Pasetta
Ikhtisar
Gambar Terbaik Rocky
Penghargaan terbanyak All the President's Men dan Network (4)
Nominasi terbanyak Network dan Rocky (10)
Liputan televisi
Jaringan ABC
Durasi 3 jam, 38 menit

Academy Awards ke-49 diadakan pada 28 Maret 1977, di Dorothy Chandler Pavilion, Los Angeles. Acara tersebut dipimpin oleh Richard Pryor, Jane Fonda, Ellen Burstyn, dan Warren Beatty.

Acara Academy Awards ini dikenal karena Peter Finch menjadi pemenang anumerta pertama dari sebuah Oscar untuk kategori akting, yang baru disusul oleh Heath Ledger pada 32 tahun kemudian. Beatrice Straight membuat rekor lainnya dengan menjadi aktor dengan penampilan terpendek yang pernah anak dalam sebuah film yang memenangkan sebuah penghargaan Oscar dalam kategori akting, dengan hanya lima menit dan empat detik waktu penayangan dalam Network. Network, bersama dengan All the President's Men, adalah dua pemenang terbesar pada acara tersebut dengan masing-masing empat Oscar

Piper Laurie dinominasikan pada kategori Aktris Pendukung Terbaik untuk Carrie (1976), peran akting pertamanya sejak penampilannya yang dinominasikan pada kategori Aktris Terbaik dalam The Hustler (1961), yang dinominasikan untuk dua peran berturut-turut selama 15 tahun.

Pada Academy Awards ke-87, Network masih menjadi film terakhir yang meraih lima nominasi akting, dan berakhir dengan kemenangkan tiga Oscar akting. Film tersebut juga merupakan film ketiga (setelah Mutiny on the Bounty dan From Here to Eternity) yang meraih tiga nominasi dalam kategori akting utama.

Academy Awards pada tahun tersebut juga dikenal karena terdapat nominasi perempuan pertama untuk kategori Sutradara Terbaik, Lina Wertmüller untuk Seven Beauties. Sejak saat itu, tiga sutradara perempuan lainnya dinominasikan: Jane Campion untuk The Piano pada 1993, Sofia Coppola untuk Lost in Translation pada 2003, dan Kathryn Bigelow untuk The Hurt Locker pada 2009 (perempuan pertama yang memenangkan penghargaan tersebut).

Pemenang dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Nominasi dan penghargaan berganda[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]