Academy Awards ke-31

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Academy Awards ke-31
31st Acad Awards.jpg
Orang-orang berbaris di jalan dibawah Pantages Theater saat Academy Awards ke-31.
Tanggal 6 April 1959
Tempat Pantages Theatre, Hollywood, California, AS
Pembawa acara Jerry Lewis, Mort Sahl, Tony Randall, Bob Hope, David Niven, Laurence Olivier
Produser Jerry Wald
Pengarah acara Alan Handley
Ikhtisar
Gambar Terbaik Gigi
Penghargaan terbanyak Gigi (9)
Nominasi terbanyak The Defiant Ones dan Gigi (9)
Liputan televisi
Jaringan NBC

Acara Academy Awards ke-31 diadakan pada 6 April 1959, untuk memberikan penghargaan untuk film-film terbaik pada 1958. Produser acara tersebut, Jerry Wald, memulai sejumlah pemotongan acara tersebut untuk membuat kesempurnaan saat menayangkan acara tersebut pada waktu itu. Acara tersebut menjadi berakhir 20 menit lebih awal.

Film Gigi memenangkan sembilan Oscar, mengalahkan rekor sebelumnya dengan delapan penghargaan (awalnya oleh Gone with the Wind dan kemudian oleh From Here to Eternity dan On the Waterfront). Namun, rekor tersebut tak berlangsung lama ketika Ben-Hur mengalahkan rekor tersebut dengan sebelas Oscar pada tahun berikutnya.

Gigi adalah film terakhir sampai The Last Emperor yang memenangkan Best Picture tanpa nominasi akting apapun. Peristiwa tersebut juga mengalami penyapuan bersih terbesar ketika diketemukan oleh The Last Emperor, yang memenangkan seluruh 9 nominasinya. Rekor tersebut dikalahkan pada 2003 oleh The Lord of the Rings: The Return of the King dengan seluruh 11 nominasinya, juga rekor lainnya dari kemenangan Oscar terbanyak yang terjadi pada Ben-Hur dan Titanic.

Acara tersebut dibawakan oleh aktor-aktor ensembel: Jerry Lewis, Mort Sahl, Tony Randall, Bob Hope, David Niven, dan Laurence Olivier. Niven memenangkan Aktor Terbaik pada malam tersebut, membuatnya menjadi satu-satunya pembawa acara dalam sejarah Oscar yang memenangkan sebuah penghargaan pada acara yang sama.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]