Academy Awards ke-20

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Academy Awards ke-20
Tanggal 20 Maret 1948
Tempat Shrine Auditorium, Los Angeles, AS
Pembawa acara Agnes Moorehead dan Dick Powell
Ikhtisar
Gambar Terbaik Gentleman's Agreement
Penghargaan terbanyak Gentleman's Agreement dan Miracle on 34th Street (3)
Nominasi terbanyak Gentleman's Agreement (8)

Tidak ada film yang meraih lebih dari tiga penghargaan di Academy Awards ke-20. Peristiwa tersebut tidak terjadi kembali sampai Academy Awards ke-78.

Rosalind Russell memenangkan penghargaan Aktris Terbaik untuk penampilannya dalam Mourning Becomes Electra,[1] namun Loretta Young memenangkannya untuk The Farmer's Daughter.

James Baskett meraih penghargaan Oscar istimewa untuk perannya sebagai Paman Remus dalam Song of the South, yang membuatnya menjadi Afrika-Amerika pertama dan bintang Walt Disney pertama yang memenangkan sebuah Academy Award untuk akting.[1] Meskipun demikian, organisasi-organisasi hak asasi sipil tidak senang karena menganggap pemeranannya sebagai Afrika-Amerika kurang pantas.

Pada usia 71 tahun, Edmund Gwenn menjadi pemenang Oscar tertua pada waktu itu. Pemenang tertua sebelumnya adalah Charles Coburn, yang berusia 66 tahun pada saat kemenangannya. Pada 1976, George Burns menjadi pemenang Oscar tertua, pada usia 80 tahun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Dirks, Tim. "1947 Academy Awards Winners and History". FilmSite.org (American Movie Classics). Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 April 2015. Diakses tanggal 2 September 2015.