Academy Awards ke-36

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Academy Awards ke-36
Tanggal Senin, 13 April 1964
Tempat Santa Monica Civic Auditorium di Santa Monica, California
Pembawa acara Jack Lemmon
Produser Richard Dunlap (ABC)
George Sidney
Pengarah acara Richard Dunlap
Ikhtisar
Gambar Terbaik Tom Jones
Penghargaan terbanyak Cleopatra dan Tom Jones (4)
Nominasi terbanyak Tom Jones (10)
Liputan televisi
Jaringan ABC

Academy Awards ke-36, yang memberikan penghargaan kepada film-film terbaik pada 1963, diadakan pada 13 April 1964 di Santa Monica Civic Auditorium di Santa Monica, California. Acara tersebut dibawakan oleh Jack Lemmon.

Pemenang Best Picture Tom Jones menjadi satu-satunya film dalam sejarah yang meraih tiga nominasi Aktris Pendukung Terbaik; rekor tersebutjuga mengalahkan rekor lima nominasi akting gagal di Oscar, yang dicetak oleh Peyton Place di Academy Awards ke-30.

Pemenang tahun ini untuk kategori Aktris Terbaik terbilang unik. Meskipun memainkan peran pendukung dan hanya tampil sedikit di layar, Patricia Neal memenangkan kategori Aktris Terbaik untuk peran utama (atau pendukung) dalam Hud. Film tersebut juga memenangkan kategori Aktor Pendukung Terbaik untuk Melvyn Douglas dan Sinematografi Terbaik – Hitam-Putih. Film tersebut juga merupakan film kedua dan terakhir yang memenangkan dua penghargaan akting tanpa dinominasikan untuk Best Picture (yang lainnya adalah The Miracle Worker).

Pada usia 71 tahun, Margaret Rutherford menceetak rekor pemenang tertua untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik. Sebaliknya, pada tahun sebelumnya, Patty Duke mencetak rekor pemenang termuda. Rutherford juga satu-satunya pemenang Oscar ke-2 yang berusia di atas 70 tahun pada waktu ia memenangkannya. yang lainnya adalah Edmund Gwenn.

Acara tersebut juga pertama kalinya seorang aktor Kulit Hitam memenangkan Aktor Terbaik, dan pertama kali sebuah film yang menang (An Occurrence at Owl Creek Bridge) sempat ditayangkan di jaringan televisi sebelum acara tersebut.

Penyuntingan Suara Terbaik diperkenalkan pada tahun ini, dengan It's a Mad, Mad, Mad, Mad World yang memenangkan penghargaan tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]