Hud (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hud
SutradaraMartin Ritt
ProduserIrving Ravetch
Martin Ritt
SkenarioIrving Ravetch
Harriet Frank Jr.
Berdasarkan
Horseman, Pass By
karya Larry McMurtry
PemeranPaul Newman
Melvyn Douglas
Patricia Neal
Brandon deWilde
Penata musikElmer Bernstein
SinematograferJames Wong Howe
PenyuntingFrank Bracht
DistributorParamount Pictures
Tanggal rilis
  • 28 Mei 1963 (1963-05-28)
Durasi112 menit
NegaraAmerika Serikat
Bahasabahasa Inggris
AnggaranUS$2.5 juta[1]
Pendapatan
kotor
US$10,000,000[2]

Hud adalah film koboi (western film) tahun 1963 yang disutradarai oleh Martin Ritt, dan dibintangi oleh Paul Newman, Melvyn Douglas dan Patricia Neal. Film ini diproduksi oleh Ritt dan juga Salem Productions yang baru didirikan oleh Newman, sebagai film pertama mereka untuk Paramount Pictures. Film ini mengambil lokasi syuting di Texas Panhandles dan di Claude, Texas. Skenario film ini ditulis oleh Irving Ravetch dan Harriet Frank, Jr. berdasarkan novel tahun 1962 berjudul Horseman, Pass By karangan Larry McMurtry. Karakter minor dalam cerita orisinalnya, sebuah peran bernama Hud Bannon digarap untuk menjadi karakter utama dalam film ini.

Cerita dalam film ini terfokus pada konflik berkepanjangan antara Homer Bannon, seorang kepala keluarga yang tulus hati, dan putranya Hud, pria yang keras kepala nan arogan; sementara peternakan milik Bannon sedang berada dalam keadaan kritis karena penyakit mulut dan kuku menyerang ternak mereka. Terjebak di dalam perseteruan tersebut, Lonnie, cucu dari Homer dan keponakan Hud, harus memilih siapa yang menjadi figur panutannya.

Hud dirilis pertama kali di Festival Film Venice, dan meraih sukses besar baik dalam tanggapan para kritik maupun dalam penayangannya setelah dirilis untuk umum. Film ini dinominasikan untuk tujuh Academy Awards. Patricia Neal memenangkan kategori Aktris Terbaik, Melvyn Douglas memenangkan kategori Aktor Pendukung Terbaik dan James Wong Howe memenangkan kategori Sinematografi Hitam Putih Terbaik.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Box Office Information for Hud. IMDb. Diakses 7 Oktober 2013.
  2. ^ Box Office Information for Hud. The Numbers. Diakses 7 Oktober 20120.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]