Clash of Clans

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Clash of Clans
PengembangSupercell
PenerbitSupercell
PlatformiOS
Android
Tanggal rilisIos 2 Agustus 2012
Android 7 Oktober 2013
GenreStrategi
ModePermainan daring perang antarpemain secara masif

Clash of Clans adalah permainan video game strategi premium pada perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Supercell, Sebuah perusahaan video game yang berbasis di Helsinki, Finlandia.[1]

Permainan ini dirilis untuk platform iOS dan Android.

Alur permainan[sunting | sunting sumber]

Clash of Clans adalah sebuah game Strategi di mana pemain membangun komunitas, melatih pasukan, dan menyerang pemain lain untuk mendapatkan Emas, Trofi,Elixir dan Elixir hitam, membangun pertahanan yang melindungi pemain dari serangan pemain lain, dan untuk melatih serta meningkatkan kemampuan maupun jumlah pasukan.[2] Permainan ini juga dilengkapi kampanye pseudo di mana pemain harus menyerang serangkaian benteng desa milik goblin.[2]

Bangunan[sunting | sunting sumber]

Bangunan Tentara[sunting | sunting sumber]

  • Barak - Digunakan untuk melatih berbagai jenis pasukan dengan biaya yang berbeda untuk menyerang.
  • Kamp Tentara - Sebagai tempat untuk menampung pasukan yang telah dilatih dari barak dalam jumlah tertentu.
  • Pahlawan - Pahlawan memiliki altar yang ditempatkan di desa, jika pasukan musuh mendekat dalam jangkauan maka pahlawan akan menyerangnya.

Bangunan Sumber Daya[sunting | sunting sumber]

  • Sumber Daya - Sumber daya di Clash of Clans terdiri dari Emas, Elixir, dan Elixir Hitam. Untuk mendapatkan sumber daya pemain dapat menyerang pemain lain atau mengumpulkan sendiri. Tambang Emas, Pengumpul Elixir, dan Pengeboran Elixir Hitam digunakan untuk mengumpulkan sumber daya sementara Penyimpanan Emas, penyimpanan Elixir, dan Penyimpanan Elixir Hitam (hanya memuat 1 bangunan) digunakan untuk menyimpan sumber daya.
  • Tukang - Tukang memiliki tugas untuk meningkatkan bangunan dan membersihkan rintangan seperti semak, pohon, batang kayu, dan batu.

Bangunan Pertahanan[sunting | sunting sumber]

  • Meriam - Meriam merupakan pertahanan pertama dan merupakan pertahanan yang menyerang pasukan unit darat saja.
  • Menara Pemanah - Dapat menyerang unit darat dan udara dan memiliki jangkauan yang lebih luas daripada meriam.
  • Mortir - Hanya menyerang unit darat, kecepatan menyerang lambat akan tetapi memiliki dampak area pada setiap serangannya dan memiliki titik buta disekitarnya.
  • Pertahanan Udara - Hanya menyerang unit udara dan tidak dapat menyerang unit darat serta memiliki kerusakan yang cukup besar.
  • Menara Penyihir - Mampu menyerang unit darat dan unit udara dengan efek area yang cukup hebat akan tetapi memiliki jangkauan yang relatif sempit.
  • Penyapu Udara - Menghembuskan angin untuk mendorong mundur pasukan udara lawan.
  • Tesla Tersembunyi - Pertahanan bawah tanah tidak terlihat dan muncul secara mendadak saat musuh mendekat.
  • Menara Bom - Menyerang unit darat dengan efek area yang luar biasa dan meledak saat dihancurkan.
  • Busur X - Memanah musuh dengan petir magis dan jangkauan yang luas, dapat diatur hanya untuk menyerang target darat saja dengan jangkauan lebih luas lagi.
  • Menara Inferno - Menyerang dengan api yang membakar, dapat diatur untuk kerusakan dahsyat secara bertahap dengan memfokuskan pada satu target.
  • Artileri Elang - Memiliki jangkauan yang nyaris tak terbatas, menembakkan cangkang peledak yang dahsyat akan tetapi Artileri Elang hanya aktif saat musuh mengerahkan beberapa pasukan.
  • Jebakan - Jebakan merupakan bangunan yang tak dapat dilihat oleh lawan, akan tetapi muncul jika didekati. Contoh jebakan: Bom,Jebakan Pegas, Bom Raksasa, Bom Udara, Ranjau Udara Pencari, Jebakan Jerangkong, dan Jebakan Tornado.

Pasukan[sunting | sunting sumber]

Untuk mendapatkan dan menyimpan emas dan elixir, pemain harus membangun tambang emas serta penyimpanan emas dan pengumpul elixir serta penyimpanan elixir. Elixir digunakan untuk melatih pasukan baru, melakukan penelitian di laboratorium untuk meningkatkan kekuatan pasukan, untuk membangun dan meningkatkan bangunan tertentu, sebagian besar berkaitan dengan bangunan yang digunakan dalam menyerang basis pemain lain. Emas digunakan untuk membangun bangunan pertahanan dan untuk meningkatkan Town Hall (Balai Kota), yang memungkinkan akses ke lebih banyak bangunan dan tingkat yang lebih tinggi untuk bangunan yang ada.[3]

Ada sejumlah bangunan yang tersedia bagi pemain untuk membela komunitas mereka, termasuk Mortar, Cannon, Bomb, Archer Tower, Wizard Tower, hingga Giant Bomb. Pemain juga dapat membangun wall yang dapat ditingkatkan kekuatannya, tergantung level yang dicapai.[3][3][4]

Perang Clan[sunting | sunting sumber]

Komponen utama gameplay dari Clash of Clans adalah Pertempuran clan melawan clan lain. Pemimpin clan (leader) dan wakil pemimpin (Co-leader) bisa mulai perang melawan clan lainnya. Setiap clan kemudian diberi satu "hari persiapan" dan satu "hari perang". Ketika seorang pemain menyerang anggota dari clan lawan, mereka menerima bintang berdasarkan jumlah kerusakan yang mereka sebabkan. Setiap pemain dibatasi pada dua serangan setiap kali perang, dan tim yang paling banyak mengumpulkan bintang di akhir hari perang dinyatakan menang, dan pemain menerima bonus rampasan perang jika dia menggunakan serangan mereka dalam perang dan memenangkan setidaknya satu kali perang, dan setiap hasil dari perang tersebut harta (emas dan elixir tersebut akan di simpan di kastil klan).[4]

Permata[sunting | sunting sumber]

Selain emas dan elixir, permainan juga menggunakan permata sebagai mata uang. Permata diberikan saat mencapai tonggak tertentu, menyelesaikan prestasi dan secara acak diberikan ketika membersihkan rintangan tertentu di kompleks. Namun cara utama untuk memperoleh permata adalah melalui pembelian dalam aplikasi dengan menggunakan uang dunia nyata. Permata dapat digunakan untuk mempercepat setiap aspek dari permainan, seperti waktu konstruksi pelatihan pasukan penelitian laboratorium. Mereka juga dapat digunakan untuk membeli lebih banyak sumber daya dan pembangun. Permata dapat di peroleh dengan cara membersihkan sampah – sampah (batu, pohon, semak, dan kayu) yang muncul sendiri ke area desa, yaitu dengan menggunakan elixir. Kadang kala, Kotak Permata yang berisi 25 Permata muncul ke area desa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Grundberg, Sven; Rossi, Juhana (March 8, 2013). "Finland's Newest Hit Maker: Supercell". The Wall Street Journal. Diakses tanggal October 20, 2013. 
  2. ^ a b Johnson, Leif (August 7, 2012). "Clash of Clans Review". Gamezebo. Retrieved June 9, 2014.
  3. ^ a b c Willington, Peter (December 18, 2012). "Clash of Clans Review". Pocket Gamer. Retrieved June 9, 2014.
  4. ^ a b Rich, Rob (August 3, 2012). "Clash of Clans Review". 148Apps. RetrievedJune 9, 2014.