Taken (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Taken
Taken-poster-0.jpg
Sutradara Pierre Morel
Produser Luc Besson
Penulis Luc Besson
Robert Mark Kamen
Pemeran Liam Neeson
Famke Janssen
Maggie Grace
Xander Berkeley
Holly Valance
Katie Cassidy
Musik Nathaniel Mechaly
Sinematografi Michel Abramowicz
Penyunting Frédéric Thoraval
Distributor 20th Century Fox
Europa Corp.
Tanggal rilis
Perancis:
27 Februari 2008
Australia:
14 Agustus 2008
Amerika Serikat:
30 Januari 2009
Durasi
93 menit
Negara Perancis
Bahasa Inggris
Perancis
Albania
Anggaran $25.000.000
Pendapatan kotor $225.144.470

Taken (bahasa Indonesia: Diculik) adalah film thriller/action tahun 2008 yang dibintangi oleh Liam Neeson, Famke Janssen, dan Maggie Grace. Film ini disutradai oleh Pierre Morel dan ditulis & diproduksi oleh Luc Besson.

Dalam film ini diceritakan seorang mantan anggota CIA yang berusaha mendapatkan kembali putri satu-satunya yang diculik oleh komplotan sindikat Albania. Bryan Mills Liam Neeson seorang mantan agen CIA yang telah pensiun dari tugasnya untuk menghabiskan waktu lebih banyak dengan putri semata wayangnya.

Plot[sunting | sunting sumber]

Seorang agen CIA yang baru pensiun, Bryan Mills, mencoba membina hubungan lebih dekat dengan putrinya, Kim, yang tinggal bersama ibunya, Lenore, dan ayah tirinya yang kaya, Stuart. Kim meminta izin ayahnya untuk boleh bepergian ke Paris hanya bersama teman perempuannya, Amanda. Bryan mulanya ragu, tetapi setuju setelah ditekan oleh Lenore. Di airport, Bryan kecewa karena ternyata kedua gadis itu sebenarnya mengikuti tur U2 keliling Eropa dan hal itu ditutupi oleh Kim, meskipun Lenore tahu dan tidak mengabari Bryan.

Setibaya di bandara Paris, Kim dan Amanda ditawari oleh seorang pemuda, Peter, untuk berbagi ongkos taksi yang mahal. Ternyata ini cara licik untuk mengetahui di mana kedua gadis itu tinggal. Di apartemen, Kim baru tahu bahwa sepupu Amanda yang sudah dewasa, yang seharusnya mengawal mereka, sebenarnya di luar negeri, sehingga mereka benar-benar hanya berdua. Ketika sedang berbicara dengan Bryan di telepon, Kim dari jendela kamarnya menyaksikan Amanda diculik oleh sejumlah orang asing di bagian apartemen lain. Sementara para penculik mencari Kim, Bryan memberi instruksi sambil merekam suara-suara sampai Kim diculik. Ketika seorang penculik menemukan telepon Kim yang sedang tersambung dengan Bryan, Bryan mencoba bernegosiasi dengan penculik, tapi tidak berhasil. Bryan mengucapkan kata-kata ancaman yang menjadi bagian terkenal film ini, bahwa ia akan mengejar orang-orang itu dan membunuhi mereka.

Bryan mengejar ke Paris dan dengan bantuan bekas teman-teman sejawatnya, ia mulai melacak penculiknya. Ternyata mereka adalah orang-orang Albania yang menjalankan pelacuran gelap dan menculik gadis-gadis untuk menjadi pelacur setelah memberi mereka narkotika. Bryan mendapati Amanda sudah mati karena diberi dosis narkotika terlalu tinggi, kemudian berhasil menemukan para penculik dan membunuh mereka satu per satu, serta mendapat informasi bahwa Kim, karena masih perawan, tidak dijadikan pelacur melainkan ditawarkan dengan harga tinggi pada pelelangan budak wanita di hotel mewah. Bryan tertangkap ketika mencoba menyusup masuk dan melihat pembeli anaknya, tetapi berhasil lolos dan setelah membunuh orang-orang yang mengorganisir penjualan, ia memburu pembeli anaknya. Bryan akhirnya mendarat di sebuah perahu mewah milik seorang sheikh. Setelah membunuh semua orang di kapal termasuk sheikh pemiliknya, Byran akhirnya berhasil menyelamatkan Kim.

Peran[sunting | sunting sumber]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Pada bulan November 2010, Fox secara resmi mengumumkan bahwa EuropaCorp akan memproduksi sekuel film ini yang disutradarai oleh Olivier Megaton. Film itu dirilis di Perancis pada tanggal 3 Oktober 2012, dengan peran yang sama oleh Neeson, Janssen, dan Grace seperti film pertama.[1][2][3]

Pada tanggal 29 Maret 2014, pembuatan film Taken yang ketiga dimulai. Ini dimaksudkan sebagai film terakhir dari seri "Taken".

Di media lain[sunting | sunting sumber]

  • Plot "Leggo My Meg-O", episode ke-20 dalam musim ke-10 serial TV Family Guy, didasarkan pada Taken.[4] Dalam "Brian's a Bad Father", Brian menyebutkan bahwa mendapati Zooey Deschanel berperan sebagai putrinya dalam Taken adalah di luar nalarnya. Suatu lelucon menggambarkan Bryan Mills (diperankan pula oleh Liam Neeson) menginstruksikan para penculik untuk mengirimkan kepala Zooey Deschanel kepadanya.
  • Dalam "Hunt", musim ke-5 dari serial TV Castle, ketika putri Richard Castle, Alexis, diculik dan dibawa ke Paris, Castle mengikutinya dan Det. Kevin Ryan bertanya, "Dikiranya dia siapa? Liam Neeson?"
  • Suatu skit pembukaan Saturday Night Live dalam bulan Maret 2014 menggambarkan Liam Neeson dalam karakternya di film ini merespons invasi Vladimir Putin dari Rusia ke Ukraina dan membela Presiden Obama.
  • Dalam serial animasi Cartoon Network, The Amazing World of Gumball dalam episode "The Kids", ketika Gumball menghubungi Mr. Fitzgerald dan bertanya apakah ia dapat berbicara dengan Penny, Mr. Fitzgerald menganggap Gumball tidak sopan terhadapnya karena suaranya berubah dan mengancam Gumball dengan mengulangi perkataan Brian Mills di telepon menggunakan suara mengancam. Kemudian dalam episode yang sama, Mr. Fitzgerald menemui Gumball dari mobilnya dan mengatakan kata-kata Brian Mills sekali lagi, tetapi segera dipotong oleh Gumball dengan menutup kaca jendela, mengunci pintu dan membantingnya di depan mukanya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • ^ "Are We Going To Be Taken Again?". The Film Stage. 10 June 2010. Diakses tanggal 10 June 2010. 
  • ^ "Liam Neeson Confirmed For Taken 2" Empire. 17 March 2011.
  • ^ "Maggie Grace Confirmed for 'Taken 2'" /Film. 6 April 2011.
  • ^ McFarland, Kevin (7 May 2012). "Leggo My Meg-O". The A.V. Club. Diakses tanggal 7 May 2012.