Circuito da Boavista

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Circuito da Boavista adalah sirkuit jalan raya di Oporto (Porto), Portugal yang sempat digunakan dua kali untuk acara balapan Formula Satu Grand Prix Portugal.[1]

Jalur trek ini dimulai di depan pelabuhan "Esplanada do Rio de Janeiro", dilanjutkan dengan "Avenida da Boavista" (yang kemudian menjadi nama sirkuitnya), dan kemudian memutar jalan melalui lingkungan kecil kembali ke garis finish awal. Grand prix pertama diadakan pada tahun 1958. Jalannya Boavista membawa supir dengan kecepatan tinggi melintasi tramlines, melewati rumah-rumah kecil, melewati jalan-jalan berbatu dan sulit untuk menyusul.

Peristiwa tahun 1958 dikenang karena sebuah tindakan sportif yang bagus oleh Stirling Moss. Moss datang untuk membela sesama senegaranya (dan menamai saingannya) Mike Hawthorn, yang telah bertabrakan dengan pelayan (lalu lintas yang lewat) selama kunjungan di luar jalur selama perlombaan. Moss membujuk para pelayan untuk tidak mendiskualifikasi Hawthorn, melestarikan tempat kedua, dan 6 poin, untuk Hawthorn, yang pada akhirnya akan memenangkan kejuaraan pembalap dengan 1 poin di atas Moss.

Peluncuran tahun 1960 adalah perlombaan gesekan, dengan hanya empat mobil yang finis dalam 5 lap dari pemenang Jack Brabham. Kecelakaan dan masalah mekanis berakhir pada hari awal untuk juara masa depan John Surtees, Phil Hill, Graham Hill dan lain-lain.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]