Ciburial, Cimenyan, Bandung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ciburial
Desa
Logo Motto Desa Ciburial
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Bandung
Kecamatan Cimenyan
Pemerintahan
 • Kepala desa Imam Soetanto,S.E.
Kodepos 40198
Luas 599,612 HA
Jumlah penduduk 12.528 Jiwa (Desember 2011)
Kepadatan 1.700 Jiwa/Km

Foto Bale Desa Ciburial diambil pada Oktober 2013

Balai Desa Ciburial sebelum 2012

Desa Ciburial adalah salah satu desa di kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, provinsi Jawa Barat, Indonesia. Desa ini merupakan desa yang berada paling utara di Kabupaten Bandung.

Kondisi Fisik[sunting | sunting sumber]

Semula Desa Ciburial secara administratif termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Cicadas, Kabupaten Bandung, namun seiring terjadinya pemekaran wilayah Kota Bandung (PP No. 16 tahun 1987), saat ini Desa Ciburial menjadi bagian integral dari Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sebagai salah satu bagian dari Kecamatan Cimenyan, Desa Ciburial memiliki luas wilayah ± 599,612 HA. Secara topografi, Desa Ciburial tergolong dataran tinggi karena berada pada ketinggian antara 750 s.d. 1.200 m (dpl) dengan suhu udara rata-rata 25 °C dan curah hujan tahunan mencapai 0,29 mm/tahun.

Batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Secara geografis, Desa Ciburial berbatasan dengan beberapa wilayah administratif, baik yang termasuk ke dalam wilayah administratif Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat maupun Kota Bandung, antara lain sebagai berikut:

Utara Kecamatan Lembang (Kabupaten Bandung Barat)
Selatan Kota Bandung
Barat Kabupaten Bandung Barat
Timur Desa Mekarsaluyu Kecamatan Cimenyan (Kabupaten Bandung)

Pembagian / Administrasi Wilayah[sunting | sunting sumber]

Wilayah Desa Ciburial terdiri dari tiga (3) dusun desa / Lingkungan / Pedukuhan dan 51 unit RT serta 12 unit RW.

No. Dusun / RW Nama Kampung / Wilayah Jumlah RT
1 Dusun I / 01 Babakan, Baribis, Lebaksiuh, Legokmindi, 5
2 Dusun I / 02 Cikurutug, Cihuni, Cibengang, Pasir Ipis, Cimenteng 5
3 Dusun I / 03 Ciburial, Singagati, Bukit Pakar Timur, Bewak 4
4 Dusun I / 04 Sekebuluh, Lembah Pakar Timur, Bukit Bintang 4
5 Dusun II / 05 Sekepicung, Cibacang, Renggel, Cirahayu, Rancakendal, Rancakalong, Dago Pakar 5
6 Dusun II / 06 Kordon, Cirapuhan, Cicau, Ciogong, Dago Pakar 4
7 Dusun II / 07 Pakar Kulon, Pakar Barat, Dago Pakar 4
8 Dusun II / 08 Pakar Barat, Pakar Utara 4
9 Dusun III / 09 Negla, Sekejolang 3
10 Dusun III / 10 Kordon II, Ciharegem, Ciharegem Puncak 4
11 Dusun III / 11 Pasanggrahan, Barutunggul, Gadog Muril 5
12 Dusun II / 12 Pakar Wetan, Bukit Pakar Timur, Pakar Timur, Ceger 4
Total 51

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pendidikan formal TK atau RA SD atau MI SMP atau MTs SMA atau MA SMK Perguruan tinggi Lainnya
Negeri - 9 - - - - -
Swasta 10 1 2 1 - - -
Total 10 10 2 1 - - -
Data sekolah di Ciburial, Cimenyan, Bandung
Sumber: Buku Profil Desa Ciburial Tahun 2013[1]

Potensi Wisata[sunting | sunting sumber]

Pariwisata, Seni, dan Budaya[sunting | sunting sumber]

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Objek-objek wisata yang menarik dan banyak dikunjungi di Desa Ciburial:

Kesenian[sunting | sunting sumber]

Atraksi kesenian di Desa Ciburial

Makanan[sunting | sunting sumber]

Makanan di Desa Ciburial

Pemanfaatan Teknologi Informasi di Desa Ciburial[sunting | sunting sumber]

Desa Ciburial, salah satu desa di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mempunyai website desa sebagai media informasi bagi warga Desa Ciburial. Website yang beralamat di ciburial.desa.id tersebut merupakan bagian dari media informasi yang dibuat dan dikelola secara mandiri oleh warga Desa Ciburial.

Website Desa Ciburial, yang dikembangkan oleh Kelompok Masyarakat Informasi (KMI) Desa Ciburial, diluncurkan pada 27 Agustus 2009. Website Desa Ciburial digunakan untuk berbagi informasi dari dan kepada warga desa serta untuk mempromosikan potensi Desa Ciburial kepada masyarakat luar. Selain melalui website, promosi potensi Desa Ciburial juga dilakukan melalui halaman Facebook dan Twitter desa tersebut.

Selain website desa, Desa Ciburial juga berhasil memanfaatkan teknologi informasi dalam berbagai hal lain untuk kemajuan desanya. Keberhasilan pemanfaatan teknologi informasi ini dibagikan melalui website desa tersebut. Contoh program TIK desa tersebut diantaranya adalah program e-desa, internet masuk desa (HotSpot Desa), Sistem Informasi Desa Ciburial(SiDC) dan SMS Center Desa Ciburial (SCDC).

Pemerintahan Desa Ciburial juga sedang mengembangkan Sistem Informasi Desa Ciburial(SiDC) untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Sistem ini sedang dikembangkan dan dalam tahap pembuatan aplikasi. Dengan SiDC, pelayanan kepada warga desa diharapkan bisa menjadi lebih mudah, lebih murah, dan lebih cepat karena data masyarakat tersimpan dalam basis data yang mudah dicari dan diakses.

Sedangkan SMS Center Desa Ciburial (SCDC) digunakan untuk menyampaikan informasi dari perangkat desa kepada warga maupun sebaliknya secara cepat. Selain untuk mensosialisasikan kebijakan desa, SMS Center Desa Ciburial (SCDC) juga digunakan untuk imbauan kewaspadaan kepada warga jika terjadi kondisi darurat, misalnya bencana longsor yang memang rawan terjadi di Desa Ciburial.

Desa Ciburial Go Open Source (CiGOS)[sunting | sunting sumber]

Dalam rangka turut menyukseskan program Indonesia, Go Open Source yang merupakan semangat gerakan untuk mengurangi kesenjangan teknologi informasi antara negara berkembang dengan negara maju serta antar daerah. Pemerintah Desa Ciburial melalui Tim Pelaksana Masyarakat (TPM) Desa Ciburial dan Kelompok Masyarakat Informasi (KMI) Desa Ciburial Kabupaten Bandung mencanangkan gerakan Desa Ciburial Go Open Source (CiGOS). CiGOS merupakan sebuah semangat gerakan untuk meningkatkan penggunaan dan pengembangan perangkat lunak sumber terbuka di Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. CiGOS mulai di konsolidasikan dan dicanangkan pada 17 Agustus 2012.

Program Desa Ciburial Go Open Source ini secara khusus dilaksanakan dengan 2 (dua) tujuan utama, yaitu tujuan secara makro dan tujuan secara mikro.

Tujuan Makro:[sunting | sunting sumber]

  1. Ikut menyukseskan program Indonesia, Go Open Source yang merupakan semangat gerakan untuk mengurangi kesenjangan teknologi informasi antara negara berkembang dengan negara maju serta antar daerah.
  2. Meningkatkan kesadaran kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menghargai atas hak kekayaan intelektual serta senantiasa menggunakan perangkat lunak yang legal.
  3. Mengenalkan sistem operasi Linux sebagai sistem operasi sumber bebas yang murah, mudah dan mempunyai kelebihan dibandingankan sistem operasi sumber tertutup yang berbayar.
  4. Mewujudkan Masyarakat Desa Ciburial yang melek Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berbasiskan OSS.
  5. Mewujudkan Desa Ciburial sebagai Cyber Village berbasis Kemandirian TIK.

Tujuan Mikro:[sunting | sunting sumber]

  1. Terfasilitasinya kegiatan implementasi migrasi ke open source.
  2. Menjadikan Open Source sebagai solusi software yang mudah digunakan (Easy), aman (Safety) , bebas (Free), dan Barokah (Halal).

Target Implementasi:[sunting | sunting sumber]

Target awal dari pelaksanaan CiGOS ini adalah untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh Pemerintah Desa Ciburial dalam hal pembelian lisensi software, termasuk mengurangi ketergantungan Pemerintah Desa Ciburial terhadap vendor software tertentu. Sedang untuk target akhirnya adalah memigrasikan seluruh software yang masih berstatus bajakan ke perangkat lunak bebas dan open source.

Ciburial Festival | Festival Ciburial | Cifest[sunting | sunting sumber]

Festival Ciburial atau Ciburial Festival (Cifest) merupakan agenda rutin tahunan masyarakat di Desa Ciburial. Pada perhelatan ini, masyarakat Desa Ciburial menggelar berbagai kegiatan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. Website Desa Ciburial: Website Desa Ciburial
  2. Fan Page Desa Ciburial:Desa Ciburial hoyong Mandiri
  3. Peta Desa Ciburial:Lokasi Desa Ciburial

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 6°51′19″LU 107°38′38″BT / 6,85528°LS 107,64389°BT / -6.85528; 107.64389