Lembang, Bandung Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Lembang
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Bandung Barat
Luas - km²
Jumlah penduduk 201.765
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan 16

Lembang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia.

Kecamatan Lembang berada pada ketinggian antara 1.312 hingga 2.084 meter di atas permukaan laut. Titik tertingginya ada di puncak Gunung Tangkuban Parahu. Sebagai daerah yang terletak di pegunungan, suhu rata-rata berkisar antara 17°-27 °C. Penduduk Lembang sebagian besar bermata pencarian sebagai petani, pedagang, pekerja sektor informal (buruh, pengemudi, dan sebagainya).

Di kecamatan ini terdapat Observatorium Bosscha, serta berbagai tempat wisata seperti Gunung Tangkuban Perahu, pemandian Maribaya, Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Dago Pakar), dan lain-lain.

Lembaga Pendidikan & Penelitian di Lembang[sunting | sunting sumber]

Militer

Di kecamatan Lembang terdapat beberapa lembaga pendidikan militer seperti Sekolah Staff dan Komando Angkatan Udara (SESKO AU) , Sekolah Staff & Pimpinan POLRI (SESPIM POLRI), Pusat Pendidikan Ajudan Jendral (Pusdikajen) dan Pusat Pendidikan Korps Wanita TNI AD (Pusdik Kowad).[1]

Pertanian & Peternakan

Potensi alam yang baik menjadikan Lembang menjadi pusat pendidikan dan penelitian untuk pertanian dan peternakan, diantaranya: Balitsa, BIB Lembang, BBTP-SP, dll.[2]

Destinasi wisata[sunting | sunting sumber]

Maribaya pada tahun 1949
  • Puncak Punclut terletak di perbatasan SESKO AU, Kp Cijeruk & Desa Pagerwangi, sebuah tempat wisata kuliner di hari Ahad. Kawasan Punclut sendiri merupakan deretan saung (rumah bambu) yang menyajikan tempat makan masakan Sunda dengan view Kota Bandung.
  • Floating Market Lembang, dahulunya adalah Pemancingan Situ Umar di Desa Lembang, pemancingan ikan paling terkenal dan paling lama berdiri. Sejak 2012 dikelola swasta menjadi objek wisata dengan konsep pasar apung yang sangat digemari.
  • Observatorium Bosscha, observatorium tertua di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1923. Biasa disebut oleh masyarakat sekitar sebagai Sterwah. Wisata sains pendidikan dibuka untuk rombongan.
  • BIB Lembang, sebagai pusat inseminasi buatan tertua di Indonesia juga menyediakan wisata sains pendidikan bagi pelajar dan umum. Di tempat ini pengunjung bisa mengetahui proses inseminasi dari sapi, kerbau, domba dan kambing pejantan unggulan.
  • Situ Sa'i, mata air alam yang sudah tua dan terkenal karena kejernihannya, sekarang dijadikan sebagai salah-satu sumber air yang disalurkan ke kota Bandung oleh PDAM setempat. Disediakan fasilitas pemandian umum agar pengunjung tidak mandi disana.
  • Air Terjun Maribaya, sejak 2015 menjadi Maribaya Resort adalah tempat rekreasi dimana terdapat sumber mata air panas. Dapat menghubungkan kawasan Lembang dengan Dago Pakar, ocok untuk melatih stamina kaki melalui jalan dari Maribaya ke Dago menyusuri sungai dan hutan.
  • Desa Cikole, dataran tinggi di Lembang yang mengarah ke Tangkuban Perahu, di malam hari Cikole merupakan tempat berkumpulnya kalangan muda atau para turis yang ingin merasakan kesejukan dataran tinggi lembang di malam hari sambil menikmati hidangan yang dijual disana. Terdapat beberapa lokasi outbonding di Cikole yang sangat sesuai untuk anak berumur 4-15 tahun untuk melatih keberanian serta mentalitas anak. Tantangan yang paling diminati adalah flying fox, trampholin, tunggang kuda, Roobin Hood, archering dan ATV motoring.
  • Desa Jayagiri, disana ada bukit yang dinamakan Gunung Putri terletak di Jayagiri yang menyambung sampai ke Gunung Tangkuban Perahu juga tembus ke Ciburial dan Cikole. Bisa dijadikan tujuan untuk olahraga pagi, berjalan dari kaki bukit sampai ke puncaknya memakan waktu hanya satu jam.
  • Objek-objek wisata alam tersebar sedikitnya di 3/4 desa yang ada di kecamatan Lembang. Lembang merupakan kecamatan yang unggul dalam variasi konsep wisata alam. Sisi lain, wisata kuliner dan penginapan menjadi daya tarik tersendiri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Visitlembang.com. Tentang Lembang
  2. ^ Lembang.co. Pusat Pendidikan dan Penelitian di Lembang.