Cikole, Lembang, Bandung Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Cikole
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Bandung Barat
Kecamatan Lembang
Pemerintahan
 • Kepala desa Jajang Ruhiyat. SiP
Luas 8,06 km²
Jumlah penduduk 14.431 jiwa
Kepadatan 879 jiwa/km²

Cikole adalah desa di kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. Jarak dari Desa Cikole ke Lembang adalah 5,1 km. Luas wilayah 8,06 km², sebesar 8,43% dari Lembang. Jumlah kepadatan penduduk di Cokele adalah 879 jiwa/km². Mayoritas penduduknya adalah petani. Banyak sekali hasil bumi yang dihasilkan dari desa ini, terutama sayuran dan tomat yang paling dominan.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Grafika Cikole[sunting | sunting sumber]

Desa ini terdapat hutan pinus Grafika Cikole. Grafika Cikole merupakan destinasi wisata alam yang terletak diperbukitan seluas 9 hektar. Dengan ketinggian wilayah 1400 meter diatas permukaan air laut dan dikelilingi oleh hutan pinus membuat udara menjadi sejuk. Ketika siang hari suhunya mencapai 20 derajat celcius sementara di malam hari sekitar 5 derajat celcius. Wisata rumah hobbit di Bandung ini terletak di jalur wisata menuju air panas ciater dan tangkuban perahu tepatnya di jalan raya tangkuban perahu km 8, Lembang Bandung. Di kawasan ini terdapat sebuah bumi perkemahan dengan fasilitas pelatihan di luar ruang (outbound) dan villa-villa yang dibuat seperti hutan di wilayah Eropa.

Orchid Forest[sunting | sunting sumber]

Orchid Forest adalah sebuah objek wisata dengan pakis, daun waru, anggrek hutan dan jajaran hutan pinus yang mencoklat di tengah kabut tipis udara Cikole. Lokasinya bertetangga dengan Taman Grafika dan Wisata Tangkuban Perahu, yaitu di Jl. Tangkuban Perahu Raya KM 8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Hutan anggrek ini memiliki 177 varietas anggrek yang dikonservasikan. Beberapa termasuk langka, seperti anggrek hitam, anggrek Venezuela, anggrek kantong semar dan anggrek laba-laba dari Filipina, serta bunga bangkai. Beberapa fasilitas yang terdapat di Orchid Forest antara lain : Sky Bridge, flying fox, Airsoft gun, Highrope, Garden of Lights, Cafe, dan Camping Ground.

Referensi[sunting | sunting sumber]